Pengertian dan Makna Asmaul Husna, Lengkap !

Selamat datang di kitapunya.net yang pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Makna Asmaul Husna. Apa itu asmaul husna? Yaa, nama-nama Allah yang terbaik yang kita kenal jumlahnya ada 99, yang sering kita jumpai di Alqur'an bagian depan atau akhir. 

Naa, sebenarnya muncul dari mana sih asmaul husna itu? Tentu saja kata itu berasal dari Allah sendiri. Allah yang memberi tahu kita melalui Al-Qur'an, Allah yang memberi tahu kita nama-namanya, sifat-sifatnya. Karena sejatinya kita tidak mampu untuk mengada-adakan nama atau sifat Allah, maka dari itu hanya Allah sajalah yang memberi tahu "sedikit" hal tentang DIA sendiri.

Kita dapat menemukan kata Asmaul Husna dalam Al-Qur'an Q.S. Al-A'raf (7) ayat 180.

Pengertian dan Makna Asmaul Husna


“Dan Allah memiliki al-Asm±u-al-¦usn± (nama-nama yang terbaik), maka
bermohonlah kepada-Nya de-ngan menyebutnya al-Asm±u-al-¦usn± itu dan
tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. al-A’r±f/7: 180).

Asmaul Husna memiliki arti nama-nama Allah Swt. yang baik. Allah Swt.
mengenalkan dirinya dengan nama-nama-Nya yang baik di surat Q.s. Al-A'raf ayat 180 di atas. Bahwa Allah memiliki nama-nama yang baik, dan Rasulullah menyampaikan kepada kita semua bahwa Asmaul Husna jumlahnya ada 99, dan itu terdapat dalam Al-Qur'an.

Barangsiapa yang mampu menghafalkannya maka akan mendapatkan kemuliaan dari Allah swt. Kita dianjutkan setiap berdoa memuji Allah dan menyebut nama Allah yang baik tersebut. Misal saja saat meminta ampun, Yaa Allah yaa ghaffar (Maha Pengampun) ampunilah aku dan ibuku.

Beberapa Asmaul Husna :
Al-'AliIm : Yang Maha Mengetahui
Al-Khabir : Yang Maha Waspada
As-Sami' : Yang Maha Mendengar
Al-Basyir : Yang Maha Melihat

Nah itu adalah contoh penggunaan asmaul husna. Demikian pengertian dan makna Asmaul Husna, semoga saja bermanfaat terimakasih.


0 Response to "Pengertian dan Makna Asmaul Husna, Lengkap !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel