Pengertian dan HIkmah Beriman Kepada Allah SWT

Selamat datang di blog kitapunya.net yang saat ini akan membahas mengenai pengertian dan hikmah beriman kepada Allah SWT. Seperti yang sudah kita peroleh dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa Rukun Iman ada 6 jumlahnya, dan iman yang pertama adalah Beriman kepada Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an banyak sekali disebutkan tentang orang-orang yang beriman, salah satu tanda orang yang beriman ya beriman kepada Allah swt, baru kemudian beriman kepada Malaikat, Rasul, Kitab, Hari Akhir dan Beriman kepada takdir (qodha dan qadar).

Apa sih yang dimaksud dengan beriman kepada Allah SWT? Berikut ini adalah pengertianya.

Sudah menjadi kodrat manusia bahwa dirinya butuh sesuatu yang disembah atau diagungkan, tinggal caranya saja apa menyembah Allah sebagai satu-satunya yang berhak di sembah, atau malah menyembah lainnya seperti batu, atau menyembah nenek moyang mereka.

Iman adalah suatu kepercayaan, karena bila diartikan secara harafiah iman artinya adalah percaya. Iman adalah bekal utama dalam hidup, orang bisa dikatakan tersesat apabila ia tidak memiliki iman. Bila secara harafiah berarti percaya, maka secara istiah dapat diartiken dengan percaya  dan mayakini dengan sepenuh hati, mengucapkan secara lisan, dan membuktikannya dengan perbuatan atau tingkah laku.

Beriman Kepada Allah
Beriman Kepada Allah
Dilihat dari pengertiannya maka kita dapat melihat tanda-tanda orang yang beriman melalui perbuatannya, walaupun sejatinya kita tidak tahu menahu tentang seberapa besar imannya. Karena iman itu terletak didalam hati. Tapi kita bisa berupaya tentang ciri-ciri orang yang beriman, antara lain perbuatan dan tingkahlakunya baik, tidak menyakiti sesama, tidak menyembah selain Allah dan lain sebagainya.

Pengertian iman kepada Allah SWT adalah meyakini bahwa Allah swt adalah tuhan semua makhluk dan pencipta segala yang ada, dan kemudian bersaksi dengan lisan seperti mengucapkan syahadat, serta mengaplikasikannya dalam perbuatan. Iman kepada Allah merupakan landasan dari rukun iman.

Dalam Al-Qur'an Allah Swt. berfirman: 
Pengertian dan HIkmah Beriman Kepada Allah SWT

“Wahai orang-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul- Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul- Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barang siapa ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sungguh, orang itu telah tersesat sangat jauh.”(Q.S. an-Nisaa’/4: 136)

Ayat diatas adalah tentang orang-orang yang beriman, dan itu sepaket. Artinya orang beriman harus mempercayai yang disebut diatas yaitu beriman kepada Allah, Malaikat, Rasul-Rasul Allah, Kitab, Hari Akhir dan didalam Hadits kemudian ditambai beriman kepada takdir.

HIkmah Beriman Kepada Allah SWT

Nah, lalu apa sih hikmah beriman kepada Allah swt? Dengan beriman atau mempercayai bahwa Allah atau Tuhan itu ada, kita akan merasa lebih dekat dan akan mendapatkan ketenangan jiwa didalamnya. Maka kita akan memperoleh beberapa hikmah atau pelajaran diantaranya sebagai berikut :

1. Selalu mendapat pertolongan dari Allah SWT.
Orang-orang yang beriman akan mendapatkan pertolongan dari Allah swt dalam segala hal, dalam permasalahan dan dalam melangkah pun akan ditolong dan diberi petunjuk oleh Allah swt. MIsal saja ada seseorang yang merasa kesulitan dalam belajar, maka Allah akan menolongnya dengan mempermudahnya. Ini sesuai dengan firman Allah swt dalam Q.S. AL-Mu'min (40) ayat 51 yang artinya :
“Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat).”(Q.S. al-Mμ’min/40: 51). 
2. Mendapatkan ketenangan jiwa dan tidak gelisah
Dengan beriman kepada Allah kita akan mendapatkan ketenangan, ketenangan jiwa yang didapat ketika beribadah atau mengingat Allah. Ini sesuai dengan yang difirmankan Allah dalam Q.S. Ar-Ra'd (13) ayat 28 yang artinya :

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allahlah hati menjad i tenteram.”
3. Menjadi orang yang beruntung dan tidak merugi
Orang yang beriman akan beruntung dalam hidupnya, beruntung bisa beribadan untuk bekal akhiratnya. Beruntung karena merasa tentram dan tenang. Beruntung karena selama hidupnya ditujukan untuk Allah swt dan akan mendapatkan balasan yang terbaik di akhiratnya. Sebaliknya orang yang tidak beriman akan merugi karena tidak mengenal Allah. Maka daari itu kita perlu bersyukur dilahirkan Allah dalam keluarga Islam. Firman Allah yang berhubungan dengan himkah ketiga ini adalah :

 “Demi masa, sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.”(Q.S. al-A¡r/103: 1-3).
Baca : Pengertian Iman Kepada Kitab-kitab Allah

Demikian artikel tentang pengertian dan hikmah beriman kepada Allah SWT. Jika dirasa artikel ini bermanfaat silahkan share atau follow sosial media kami.

0 Response to "Pengertian dan HIkmah Beriman Kepada Allah SWT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel