Pengertian, Contoh dan Keutamaan Shalat Berjamaah

Selamat datang guys di www.kitapunya.net yang kali ini akan membahas seputar sholat berjamaah, dari mulai definisi atau pengertiannya, contohnya yang kemudian adalah keutamaannya mendirikan shalat berjamaah. Sudah tahu kan apa itu sholat berjamaah? Sudah dong pastinya, apalagi kalau kalian sering ikut kajian-kajian.

Pasti disindir tentang sholat berjamaah, kata pak ustadnya “ kalau laki-laki diharuskan untuk sholat berjamaah di masjid, pahalanya dilipatgandakan menjadi 27 kali lipat”. Betul tidak? Iyaa betul, mungkin kalian tahu yang dimaksud itu apa, tapi masih bingung dengan pengertiannya secara istilah. Namanya berjamaah pasti dikerjakan bersama-sama, ada yang jadi imamnya dan ada yang jadi makmumnya. 

Keutamaan sholat berjamaah pun sangat banyak, selain pahalanya yang dilipatgandakan juga dapat mempererat tali persaudaraan sesama umat muslim. Nah untuk memperdalam lagi tentang sholat berjamaah baca artikel ini sampai tuntas yaa :).

Pengertian Shalat Berjamaah 

Shalat berjamaah adalah sholat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama, dan satu orang menjadi iman dan yang lain menjadi makmum. 

Shalat Berjamaah
Shalat Berjamaah

Contoh sholat berjamaah 

Sholat berjamaah tidak hanya ada pada sholat wajib lima waktu saja, tetapi ada juga sholat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah seperti sholat ied, sholat jenazah, sholat gerhana matahari, sholat terawih, sholat malam, sholat tahajud dan lain sebagainya. 

Lawannya dari sholat berjamaah adalah sholat yang dilakukan secara sendiri-sendiri, disebut dengan munfarid. Hukum dari sholat wajib berjamaah bagi laki-laki adalah sunnah muakkadah, atau sunnah yang sangat dianjurkan, bahkan ada sebagian ulama yang mengatakan bahwa sholat berjamaah adalah fardhu kifayah (wajib) hukumnya bagi laki-laki yang dirumah dan tidak ada halangan. 

Keutamaan Sholat Berjamaah 

Hukum tersebut menandakan bahwa manfaat dari sholat berjamaah sangatlah banyak, nah berikut ini kitapunya.net rangkum beberapa keutamaan-keutamaan sholat berjamaah : 

1. Dilipatgandakan sebanyak 27 Derajat 
Dibandingkan dengan sholat munfarid (sendiri), sholat berjamaah memiliki keutamaan akan dilipatgandakan sebanyak 27 derajat. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah dalam hadits berikut ini : “Dari Ibnu Umar r.a., Rasulullah saw. bersabda, “ shalat berjamaah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.”(H.R. Bukhari dan Muslim) 

2. Akan dibebaskan dari api neraka 
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa orang yang istiqomah dalam shalat berjamaah akan dijauhkan dari api neraka. Hadits tersebut adalah ;

“Dari Anas bin Malik r.a., dari Nabi Muhammad saw., sesungguhnya beliau bersabda: “Barangsiapa Shalat di masjid dengan berjamaah selama empat puluh malam, dan tidak pernah tertinggal pada rakaat pertama dari salat Isya, maka Allah akan membebaskan baginya dari api neraka.” (H.R. Ibnu Majah). 


Shalat berjamaah tentu ada tuntunannya, tentu ada aturannya seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah saw dan para sahabat.

Salah satu sahnya shalat berjamaah adalah adanya imam dan makmum, berikut adalah syarat menjadi imam dan syarat makmum. Untuk menjadi imam, setidaknya dipilih diantara beberapa orang yang yang yang lebih mengerti. 


Kriterianya menjadi iman adalah sebagai berikut ini :
a. Mengetahui syarat dan rukun shalat, serta perkara yang membatalkan shalat
b. Fasih dalam membaca ayat-ayat al-Qur'±n, 
c. Paling luas wawasan agamanya dibandingkan yang lain, 
d. Berakal sehat, 
e. Ballig 
f. Seorang laki-laki (perempuan juga boleh jadi imam kalau makmum-nya perempuan semua), dan 
g.Tidak sedang bermakmum kepada orang lain. 

Sedangkan syarat-syarat menjadi makmum adalah seperti berikut. 
a. Makmum berniat mengikuti imam, 
b. Mengetahui gerakan shalat imam, 
c. Berada dalam satu tempat dengan imam, 
d. Posisinya di belakang imam, dan 
e. Hendaklah shalat makmum sesuai dengan shalat imam, misalnya imam sedang shalat Maghrib, maka makmumnya juga berniat shalat Maghrib.

0 Response to "Pengertian, Contoh dan Keutamaan Shalat Berjamaah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel