Nikmati Efisiensi Kerja Bersama Scanner Brother dan Segudang FItur Canggihnya

Dalam dunia perkantoran atau dunia bisnis, scanner menjadi Office Supplies (peralatan kantor) yang sangat penting dan perlu ada di setiap kantor. Scanner adalah sebuah alat yang digunakan untuk memindai dokumen, foto, atau obyek lainnya dan menyimpan hasilnya dalam bentuk digital (scanner document). Lebih mudahnya scanner semacam fotocopy yang menduplikatkann suatu dokumen, dan hasilnya dalam bentuk digital yang bisa kita lihat di layar komputer, smartphone atau tablet.

Mungkin orang yang awam dengan dunia perkantoran, atau orang yang belum mengenal seluk beluknya scanner, masih bingung dan pusing tujuh keliling tentang scanner ini. Jadi apa sih pentingnya scanner untuk bisnis yang kita jalankan? Mengapa harus pakai scanner, nambah-nambah uang saja.

Eitss, tunggu dulu. Kamu belum tahu sih, walaupun ada tambahan biaya operasional untuk scanner. Tapi manfaat yang didapatkan sangat banyak. Coba deh resapi ilustrasi berikut ini yang disertai dengan manfaat dan pentingnya sebuah scanner di berbagai kategori bisnis.

Manajemen Penyimpanan Data Yang Kurang Baik Menjadi Kendala Beberapa Entitas Bisnis
Dalam dunia bisnis, berbagai permsalahan timbul karena adanya manajemen operasional yang kurang baik. Sebagai contoh pada manajemen data para nasabah yang ada pada bank dan klinik kesehatan. Pada bank setiap kali ada orang yang mendaftarkan diri menjadi nasabah, maka dia wajib untuk mengisi formulirnya secara manual pada beberapa lembar kertas, yang didalamnya berisi data diri dan informasi lainnya.

Tentu saja formulir tersebut sangatlah penting bagi bank, dan akan disimpan untuk kemudian hari apabila memang diperlukan. Tapi nyatanya pemakain formulir kertas ini menimbulkan kendala baru, seperti penyimpanan yang kurang efektif dan pencarian yang membutuhkan waktu lama ketika data nasabah dibutuhkan. Belum lagi perawatan pada data-data nasabah tersebut, karena berasal dari kertas tentu saja lebih rentan untuk rusak, sobek dll. Tentu ini membuat kerja tidak efisien, karena memakan waktu yang lama dan belum lagi perlu biaya tambahan berupa biaya penyimpanan.

Itu adalah kendala pada bank, yang mungkin juga terjadi pada koperasi simpan pinjam, pegadaian dan lain sebagainya yang membutuhkan data konsumen.

Beralih dari bank, kita ke klinik kesehatan. Pernah saya ke klinik kesehatan untuk berobat, yang saya lihat permasalahannya hampir mirip. Suatu klinik kesehatan akan mencatat data pasien, termasuk data-data tentang riwayat penyakit dan pemakaian obat. Data ini diperlukan untuk memudahkan dokter dalam mendiagnosis dan memberikan obat, ketika pasien itu datang untuk yang kesekian kalinya dengan keluhan yang sama. Maka dokter hanya perlu melihat catatan pasien, dan melihat obat apa yang diberikan sebelumnya. Dan dokter akan memberikan obat yang sama, karena sebelumnya pasien merasa cocok dan cepat sembuh.

Tapi kendala muncul ketika pasien dalam klinik tersebut terus bertambah, membutuhkan space yang cukup untuk menyimpan data-data pasien. Belum lagi membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mencari data pasien. Kejadian ini nyata dan masih sering kita temui di klinik-klinik kesehatan di sekitar kita.


Permasalahan semacam ini biasanya juga ada pada sekolah-sekolah, kantor-kantor pelayanan publik, asuransi dan lain sebagainya.

Muncul-lah Penyimpanan Data Berbasis Digital Sebagai Solusi Untuk Menciptakan Efisiensi dan Produktivitas dalam Bekerja

Dari kendala tersebut, solusinya adalah dengan penyimpanan data berbasis digital. Selain tidak membutuhkan ruang penyimpanan dan biaya penyimpanan juga akan memudahkan dalam proses pencarian data ketika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tidak hanya itu, penyimpanan data dalam bentuk digital juga lebih efisien karena bisa dilihat melalui komputer, tablet atau hp. Dan, jumlahnya akan lebih banyak tergantung dari storage atau media penyimpanan yang digunakan.

Untuk membuat data yang memakai kertas menjadi dalam bentuk digital. Diperlukan sebuah alat yang bernama scanner. Alat ini sudah sangat umum digunakan di rumah sakit - rumah sakit besar, dan bank-bank besar. Bisa juga kita temui di customer service yang langsung berhubungan dengan konsumen.

Tidak Hanya Fungsi Dasar, Tapi Kini Berbagai Fitur Sudah Disematkan dalam Sebuah Scanner

Fungsi dasar dari scanner memang untuk memindai, tapi seiring berkembangnya teknologi berbagai fitur-fitur canggih disematkan dalam sebuah scanner. Tentu saja fitur-fitur ini bertujuan untuk memudahkan dan menciptakan efisiensi kerja yang tinggi dalam bekerja. 

Misal saja fitur konektifitas Wi-Fi pada network scanner yang memungkinkan suatu scanner dapat terhubung dengan jaringan Wi-Fi, sehingga tidak perlu lagi kabel manajemen yang terkadang merepotkan dan penggunanya pun tidak perlu khawatir lagi dengan adanya kabel yang menyerimpet, keuntungan terakhir adalah set up jadi lebih bersih karena bebas dari kabel-kabel connector. Belum lagi fitur yang bisa memindai dokumen secara otomatis, ada juga fitur yang bisa foto copy, print dan lain sebagainya.

Nah itu adalah satu contoh fitur dan macam yang mungkin ada pada suatu scanner. Dari tadi kita sudah berbicara mengenai pengertian dan sedikit fitur yang ada pada scanner. Lalu sebenarnya apa saja sih pertimbangan-pertimbangan sebelum membeli scanner? Berikut kitapunya.net sudah rangkum dibawah ini :

1. Kebutuhan dan Fungsional
Sebelum kita melakukan pembelian suatu produk, hal yang perlu dilakukan adalah mengetahui kebutuhan. Mau untuk apakah scanner yang akan kita beli itu? Kalau kita butuh scanner yang bisa dibawa kemana-mana, maka kita perlu memilih scanner potable. Kalau kita hanya butuh fungsi scannernya saja, maka beli yang murah pun ngga masalah. Kalau pengen upgrade lagi ke yang bisa untuk print dan fotocopy, maka pilih scanner yang memiliki fitur tersebut. Nanti pertimbangan selanjutnya ada pada kelima list selanjutnya ini. Saya ambil contoh misal saja pada bagian resepsionis dan customer service yang umumnya tidak banyak lembar yang di scan, tetapi membutuhkan scanner yang cepat. Nah nanti ada juga scanner yang mampu memindai dokumen dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang cepat.  Pada intinya sesuaikan dengan kebutuhan dan untuk apa scanner tersebut.
  
2. Kecepatan Dalam Memindai (PPM/Page Per Minute)
Setiap scanner pasti memiliki kecepatan dalam memindai, dan kecepatan ini menjadi bagian dari spesifikasi yang wajib kita lihat, karena nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan (point pertama tadi). biasanya yang digunakan adalah ppm (page per minute) artinya berapa lembar yang bisa discan menggunakan scanner selama satu menit. Sebagai contoh adalah brother Ads-2400 N yang memiliki kecepatan 30 ppm (30 halaman/menit). Jadi, perlu di sesuaikan dengan point pertama tadi, ya kebutuhan. Kira-kira kita butuh ngga scanner yang cepat? Kalau intensitas penggunaan scanner kita dalam satu hati tinggi, saya rasa sangat perlu untuk memiliki scanner dengan kecepatan yang tinggi. Tentu saja akan menghemat waktu dan efisiensi kerja tentunya.


3. Fitur-Fitur dan Kompabilitas
Fitur dari sebuah scanner menjadi hal ketiga yang perlu menjadi pertimbangan sebelum membeli scanner. Misal saja fitur support Wi-Fi yang akan meminimalisir penggunaan kabel dan membuat set up meja semakin bersih. Kemudian ada fitur ADF (Automatic Document Feeder) yang dapat memproses secara otomatis, setiap scanner berbeda-beda ada yang mampu memproses 30 halaman secara otomatis, 40 halaman, 50 halaman dan seterusnya. Kemudian ada fitur duplex yang memungkinkan melakukan scan dalam dua sisi sekaligus. Fitur-fitur lainnya seperti fitur optimasi gambar terintegrasi, termasuk deteksi multi-feed, penghapusan latar belakang, penghapusan lembar dokumen kosong, dan dukungan Deskew.

Nah itu fitur-fitur yang perlu menjadi pertimbangan sebelum membeli dekstop scanner, tapi kembali lagi ke point pertama. Fiturnya disesuaikan dengan kebutuhan anda tentunya.

4. Brand 
Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli scanner adalah brand alias merk. Untuk apa brand? Brand itu penting, apalagi kalau scanner kita diletakkan dimeja customer service yang langsung berhubungan dengan pelanggan. Pastinya pelanggan akan melihat brand dari scanner kita, walaupun ngga semuanya juga sih. Tapi minimal dengan brand yang bagus seperti "scanner brother" akan menunjukan keprofesionalitas perusahaan tersebut karena menggunakan peralatan kantor yang canggih dan berkualitas baik.

5. Garansi
Garansi tentu saja bisa menjadi salah satu pertimbangan, walaupun presentasenya hanya sedikit sekali dari 6 list pertimbangan ini. Tapi bila suatu produk ada garansi itu akan memantapkan kita dalam melakukan pembelian suatu produk. Kalau scanner ya berarti scanner brother yang memberikan garansi hingga 3 tahun.

6. Harga
Nah ini yang mungkin menjadi pertimbangan yang agak dilema, kita pasti pengen punya scanner dengan fitur canggih tapi harganya murah. Itu kan yang kita inginkan? Wkaka tapi kita juga harus tau diri, semakin banyak fitur canggihnya akan semakin mahal harganya. Itu sudah hukum alam. Tapi tenang dalam artikel ini sudah saya rekomendasikan tiga scanner terbaik, dengan fitur canggihnya dan harga scanner yang terbaik pula.

3 Rekomendasi Scanner Terbaik Untuk Efisiensi dan Produktivitas dalam Bekerja

Nah itu adalah beberapa pertimbangan sebelum melakukan pembelian scanner. Dari berbagai scanner yang ada, saya merangkum ada 3 scanner yang paling pas dan yang paling direkomendasikan untuk kalian coba guna membantu bisnis yang kalian jalani. Tentu saja scanner ini akan membantu meningkatkan efisiensi dan produktifitas kerja Anda dengan segudang fitur yang dimilikinya, ditambah harganya yang terjangkau dan sebanding dengan fitur-fitur yang ditawarkan.

Penasaran dengan ketiga scanner terbaik saat ini? Yuk, kita mulai dari scanner pertama.

1. Scanner Brother Ads 2400 N

Scanner Brother Ads-2400 merupakan document scanner yang didukung dengan berbagai fitur canggih yang akan memudahkan pekerjaan Anda. Misal saja fitur ADF (Automatic Document Feeder) yang dapat memindai dokumen secara otomtasi hingga 50 dokumen. Dari segi kecepatannya, scanner ini memiliki kecepatan hingga 30 ppm (page per minute). Scanner ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang memprioritaskan kecepatan dalam memproses dokumen, selain itu juga mendukung dokumen dua sisi dan dokumen dengan panjang hingga 5000 mm.

Lebih lanjut Scanner Brother Ads-2400 didalamnya sudah disematkan fitur optimasi gambar yang terintegerasi, termasuk deteksi multi feed, pengapusan latar belakang, penghapuran lembar dokumen kosong, dan dukungan deskew.
Scanner Brother ADS-2400N menawarkan berbagai fitur optimasi gambar terintegrasi, termasuk deteksi multi-feed, penghapusan latar belakang, penghapusan lembar dokumen kosong, dan masih banyak lagi fitur-fitur canggihnya.

Brother ADS-2400N juga mendukung Software Scanning, seperti OCR, PDF Editing, dan program manajemen dokumen. Serta software Kofax VRS® yang merupakan software pemrosesan gambar yang dapat mengevaluasi setiap halaman yang dipindai dan secara otomatis meningkatkan kualitas gambar untuk hasil output yang maksimum. Scanner ini dapat Anda beli dengan harga kisaran Rp 10.590.000.

Sumber : Brother Office

Spesifikasi lengkap Scanner Brother Ads-2400 N
Teknologi
  • Two-Sided (Duplex) Scanning : Yes  
  • Image Sensor : Dual CIS  
Resolusi600 x 600 dpi 
Kecepatan
  • Scanning Speed : Up to 30 ppm (monochrome & color)  
  • Duplex Scan Speed : Up to 60 ipm (monochrome & color)  
Bit Depth
  • 24-bit color, 8-bit (256 levels) gray scale, 1 bit monochrome  
Ukuran Dokumen
  • Max. Paper Size (single sheet) : 8.5  
  • Max. Paper Size (multiple sheets) : 8.5  
  • Max. Paper Size (duplex mode) : 8.5  
  • Minimum Paper Size : 2.0  
  • Plastic Card Thickness : Embossed: up to 1.4mm (55 mil)  
  • Plastic Card Sizes (min. / max.) : 2.0"(W) x 2.76"(L) / 2.13"(W) x 3.37"(L)  
  • Acceptable Media Types :
    • Paper, receipts, photos, business cards, plastic/laminated cards (including embossed)  
     
Antarmuka / Interface
  • Gigabit Ethernet 10/100/1000Base-T, Hi-Speed USB 2.0  
Sistem Operasi
  • Windows® XP (32-bit only), Windows Vista®, Windows® 7, Windows® 8, Windows® 8.1, Windows® 10, Mac® OS X v10.8.x and up, Linux®  
Daya / Power
  • AC Adapter (110-120 V, included)  
Konsumsi Daya
  • Ready = 3.0W / Deep Sleep = 1.9W / Scanning = 27W  
Dimensi Produk
  • Unit Dimensions (W" x D" x H") : 12.1" x 10.2" x 9.8 "  
  • Carton Dimensions (W" x D"x H") : 15.0" x 10.0" x 13.0"  
Berat Produk
  • Unit Weight : 9.81 lbs (4.4 kg)  
  • Carton Weight (lbs) : 13.45 lbs (6.1 kg)  
Lain-lain
  • Daily Duty Cycle : Up to 2,500 scans per day  
  • Maximum Paper Capacity : Up to 50 sheets (ADF)  
  • Automatic Document Feeder : 50-sheet capacity ADF  


2. Scanner Brother 2800 W

Scanner Brother 2800 W merupakan scanner bagus yang handal untuk memindai dokumen dalam jumlah yang kecil sampai besar, ditambah scanner ini yang sudah mendukung koneksi nirkabel WiFi 802.11 b/g/n yang tentunya akan memudahkan dalam pengoperasiannya yang tanpa kabel yang sering bikin ribet. Scanner ini juga dapat dihubungkan dengan layanan Cloud Populer yang dapat meningkatkan ritme kerja dengan penyimpanan data yang sudah modern.

Scanner Brother Ads-2800 W
Scanner Brother Ads-2800 W
Dari segi kecepatannya, scanner ini mampu memperoses dokumen dengan kecepatan 30 ppm, dan dapat memproses dokumen secara otomatis (fitur ADF) hingga 50 lembar. Fitur lainnya adalah Duplex yang berarti scanner ini mampu memindai dokumen dalam dua sisi. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya :



Tipe
  • Automatic Document Feeder (ADF)  
TeknologiDual CIS (Contact Image Sensor) 
Resolusi
  • 600 x 600 dpi  
  • 1200 x 1200 dpi  
Kecepatan
  • Scanning Speed : Up to 30 ppm (monochrome & color)  
  • Duplex Scan Speed : Up to 60 ipm (monochrome & color)  
Bit Depth
  • 24-bit color, 8-bit (256 levels) gray scale, 1 bit monochrome  
Ukuran Dokumen
  • Acceptable Media Types : Paper, receipts, photos, business cards, plastic/laminated cards (including embossed)  
  • Max. Paper Size (single sheet) : 8.5" x 196"  
  • Max. Paper Size (multiple sheets) : 8.5" x 14"  
  • Max. Paper Size (duplex mode) : 8.5" x 14"  
  • Media Weights (single sheet) : 11 lb. - 110 lb. (27 - 413 g/m2)  
  • Media Weights (multiple sheets) : 11 lb. - 110 lb. (27 - 413 g/m2)  
  • Minimum Paper Size : 2.0" (W) x 2.0" (L)  
  • Plastic Card Thickness : Embossed: up to 1.4mm (55 mil)  
  • Plastic Card Sizes (min. / max.) : 2.0"(W) x 2.76"(L) / 2.13"(W) x 3.37"(L)  
Antarmuka / Interface
  • Wireless 802.11b/g/n (with Wi-Fi Direct® protocol), Gigabit Ethernet 10/100/1000Base-T, and Hi-Speed USB 2.0  
Sistem Operasi
  • Windows® XP (32-bit only), Windows Vista®, Windows® 7, Windows® 8, Windows® 8.1, Windows® 10, Mac® OS X v10.8.x and up, Linux®  
Daya / Power
  • AC Adapter (110-120 V, included)  
Konsumsi Daya
  • Ready = 3.7W / Deep Sleep = 1.9W / Scanning = 27W  
Dimensi Produk
  • Unit Dimensions (W" x D" x H") : 12.1" x 10.2" x 9.8 "  
  • Carton Dimensions (W" x D"x H") : 15.0" x 10.0" x 13.0"  
Berat Produk
  • Unit Weight : 10.03 lbs (4.5 kg)  
  • Carton Weight (lbs) : 13.67 lbs (6.2 kg)  
Lain-lain
  • Daily Duty Cycle : Up to 2,500 scans per day  
  • Duplex Scanning : Yes  
  • Grey Scale : 256 levels  
  • ADF (Auto Document Feed) : Up to 50 sheets  
  • Direct Scanning Destinations : File, Image, Email, Email Server, FTP/SFTP, OCR, Print, Network, USB flash memory driveö, mobile devicesö, and cloud applications including GOOGLE DRIVE™, EVERNOTE® / EVERNOTE® for Business, DROPBOX, BOX / BOX for Business, Microsoft® OneNote®, OneDrive® / OneDrive® for Business, and SharePoint®  
  • LCD Display : 3.7  

3. Scanner Brother ImageCenter ADS-3000 N 

Rekomendasi scanner yang ketiga adalah Scanner Brother ADS-3000 N, scanner ini sangat cocok digunakan pada lingkungan kerja yang mempunyai banyak jenis dokumen dengan ukuran yang berbeda-beda. 

Scanner Brother ADS-3000N
Scanner Brother ADS-3000N

Scanner ini juga memiliki kecepatan tinggi hingga 50 ppm, selain itu juga mampu memindai banyak dokumen secara otomatis (ADF) hingga sebanyak 50 lembar. Scanner ini juga disematkan Gigabit Ethernet dan SuperSpeed USB 3.0 yang memudahkan dalam transfer data ke komputer. Berikut adalah spesifikasi lengkapnya :
Resolusi600 x 600 dpi 
Kecepatan
  • Scanning Speed : Up to 50 ppm (monochrome & color)  
  • Duplex Scan Speed : Up to 100 ipm (monochrome & color)  
Bit Depth
  • 24-bit color, 8-bit (256 levels) gray scale, 1 bit monochrome  
Ukuran Dokumen
  • Max. Paper Size (single sheet) : 8.5  
  • Max. Paper Size (multiple sheets) : 8.5  
  • Max. Paper Size (duplex mode) : 8.5  
  • Minimum Paper Size : 2.0  
Antarmuka / Interface
  • Gigabit Ethernet 10/100/1000Base-T, SuperSpeed USB 3.0  
Sistem Operasi
  • Windows® XP (32-bit only), Windows Vista®, Windows® 7, Windows® 8, Windows® 8.1, Windows® 10, Mac® OS X v10.8.x and up, Linux®  
Daya / Power
  • AC Adapter (110-120 V, included)  
Konsumsi Daya
  • Ready = 4.1W / Deep Sleep = 2.9W / Scanning = 30W  
Dimensi Produk
  • Unit Dimensions (W  
  • Carton Dimensions (W  
Berat Produk
  • Unit Weight : 9.81 lbs (4.4 kg)  
  • Carton Weight (lbs) : 13.45 lbs (6.1 kg)  

Harga scanner ini adalah RP 15.790.000.

Gimana sudah jelas kan? Bagaimana sebuah scanner dapat membantu Anda dalam bisnis yang kalian jalankan. Selain menciptakan efisiensi dan produktivitas kerja, juga akan lebih mudah dalam hal manajemen data konsumen. Terlebih lagi kita tidak perlu mengeluarkan biaya penyimpanan pada dokumen-dokumen yang kita simpan.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang disponsori oleh "Document Scanner Brother".

Salam :). Terimakasih.

1 Response to "Nikmati Efisiensi Kerja Bersama Scanner Brother dan Segudang FItur Canggihnya"

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel