Info Bimtek Pengelolaan Keuangan Berbasis Akrual

Selamat datang di kitapunya.net yang pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai bimtek pengelolaan keuangan yang berbasis akrual. Apa itu ? Suatu bimbingan teknis yang memberilkan pelatihan tentang pengelolaan keuangan yang berdasarkan dengan teknik akrual. Akrual sendiri menurut wikipedia memiliki arti sebagai suatu metode akuntansi yang mana peneimaan diakuai atau dicatat pada saat tansaksi tersebut terjadi, jadi bukan ketika uang kas untuk transaksi-transaki tersebut dibayarkan/diterima. Itu artinya metode akrual tidak terpengaruh dengan kapan menerima uang (kas) dan kapan mengeluakan kas. Sebelumnya kita sudah membahas tentang bimtekkeuangan.info - penyelenggara bimtek dan diklat terbaik.

Pengelolaan keuangan daerah yang berhasil akan berdampak positif bagi ekonomi suatau daerah, bahkan menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam menjalankan otonomi daerah (mengurus daerah secara mandiri). Salah satu indikator pengelolaan keuangan daerah yang berhasil adalah tidak adanya korupsi. Walaupun begitu pemerintah tetap mengupayakan agar tindak pidana korupsi tidak terjadi dan mebudaya di Indonesia, salah satunya adalah dengan mewajibkan Gubernur/Bupati/Walikota/Kepala Satuan Kerja Perangkat daerah harus mempertanggung jawabkan apa yang dilaporkannya dalam bentuk laporan keuangan, salah satu bentuknya adalah dengan membuat surat pernyataan. Langkah ini ditujukan dalam rangkan menciptakan akuntabilitas pejabat-pejabat daerah di Indonesia.

Pemerintah dalam mengatur pelaporan keuangan awalnya mengeluarkan dalam Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2005 yang isinya tentang Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), yang selanjutnya digantikan dengan peraturan terbaru yaitu PP No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan berbasir akrual. Berdasarkan peraturan yang ada di dalamnya, standar akuntansi pemerintahan ini selambat-lambatnya direalisasikan di tahun 2015.


Tujuan dari adanya standar akuntansi pemerintah adalah terciptanya akuntabilitas dan bentuk laporan keuangan yang berkualitas. Kualitas ini didasarkan pada standar yang ada pada Peraturan Pemerintah tersebut. 

Standarisasi bukan soal pembuatannya saja, tentu akan ada pemeriksaan lebih lanjut yang dikenal dengan audit. Audit ini akan dilakukan oleh BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan), jadi akan meminimalkan manipulasi dan tindak korupsi karena semuanya akan diperiksa oleh BPK. 

Bimtek Keuangan
Bimtek Keuangan
Salah satu kesuksesan dalam membuat laporan keuangan adalah keputusan dari BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tersebut. Bila laporannya layak maka akan mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang mewakili laporan tersebut disampaikan secara wajar (tidak mencurigakan) dan sesuai dengan standar yang telah tertuang dalam Peraturan Pemerintah.


Dengan latar belakang tersbut maka diperlukan bimbingan teknis (bimtek) keuangan daerah untuk menciptakan sdm yang unggul yang dapat membuat laporan keuangan daerah sesuai dengan standarisasi. Manfaat bimtek ini juga untuk memperluas pengetahuan dan wawasan terkait keuangan daerah yang berbasi akrual. Setelah mengikuti bimtek ini diharapkan dapat tercipta pengelolaan keuangan daerah yang bersih dari korupsi, tertib, tanpa manipulasi, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan.

Jadwal Bimtek Keuangan Berbasis Akrual
Untuk melihat jadwal lebih baik langsung ke website penyelenggara bimtek dan diklat terbaik, yang secara nyata telah menjadi program yang terencana dan terorganisir.

Demikian artikel tentang info bimtek pengelolaan keuangan berbasis akrual. Baca juga Bimtekkeuangan.info - Penyelenggara Bimtek dan Diklat Terbaik yang sudah saya posting beberapa mingu yang lalu. Jangan lupa comment juga ya :).

0 Response to "Info Bimtek Pengelolaan Keuangan Berbasis Akrual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel