Hikmah Taharah (Bersuci) Dalam Islam

Selamat malam guys, ketemu lagi dengan saya di kitapunya.net dalam website yang akan membahas segala hal tentang dunia pendidikan, yang kali ini yang akan kita bahas adalah Taharah sebagai lanjutan dari postingan sebelumnya tentang pengertian taharah dan macam-macamnya.

Taharah adalah bersuci, bersuci dari hadas kecil maupun hadas besar. Dalam Islam urusan taharah ini diatur dengan sangat detail, dari mulai cara membersihkan dari hadas kecil, hadas mugoladoh berwudhu, tayamum, hingga mandi wajib.

Selain bersuci diatas, bersuci dalam artian untuk kebersihan seperti mandi, bersiwak, gosok gigi, dan lain-lain juga memiliki keutamaan lhoo dalam Islam. Apa keutamaannya? Kalian pasti sering mendengan hadits ini “Kebersihan adalah sebagian dari iman”.

Iyaa betul, menjaga kebersihan adalah sebagian dari iman. Berarti itu menyadarkan kita bahwa menjaga kebersihan itu adalah sesuatu hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Selain karena alasan kesehatan, juga kenyamanan. Nyaman, iyalah kalau bersih kan enak dipandang, enak dirasakan tidak berbau dan lain sebagainya.

Taharah
Taharah
Berikut ini kitapunya.net rangkum beberapa hikmah dalam bersuci “TAHARAH” :

1. Orang yang suka hidup bersih akan lebih sehat, dan terhindar dari berbagai sumber penyakit maupun bakteri jahat.
2. Rasulullah saw. bersabda bahwa orangyang selalu menjaga wu«u akan bersinarwajahnya kelak saat dibangkitkan darikubur.
3. Dapat dijadikan sarana untuk leih mendekatkan diri kepada Allah Swt. Misal saja berwudhu, orang yang menjaga wudhunya akan terjaga dan dijaga oleh Allah.
4. Rasulullah saw. menegaskan bahwa kebersihan itu sebagian dari iman dan ada ungkapan bijak pula yang mengatakan ”kebersihan pangkal kesehatan”.
5. Kebersihan akan membuat hidup ini menjadi enak, nyaman dan aman. Nyaman berarti tidak terganggu dari bau, pemandanagan yang tidak sedap. Dan aman dari berbagai ancaman yang mengancam kesehatan kita.

Baca juga : Pengertian dan Pentingnya Sikap Jujur

0 Response to "Hikmah Taharah (Bersuci) Dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel