Hikmah Amanah dan Penerapan Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari

Halo guys, terimakasih sudah datang di web kitapunya.net tempat segala informasi pendidikan. Pada kesempatan kali ini akan saya share tentang hikmah amanah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Amanah adalah sikap dapat dipercaya atau terpercaya, amanah juga bisa diperoleh dari sikap jujur yang kemarin kita bahas. Amanah berarti bertanggung jawab dengan apa yang telah dibebankan dan disepakati olehnya.

Amanah ada 3 macam yaitu amanah terhadap Allah, amanah terhadap sesama manusia dan amanah terhadap diri sendiri. Amanah terhadap Allah berarti kita menjadi seorang hamba yang sesuai dengan Allah inginkan, dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa kita diciptakan di muka bumi ini tidak lain hanya untuk beribadah kepada Allah swt. Maka setiap kegiatan dan aktivitas kita sehari-hari, kita niatkan karena Allah agar bernilai ibadah.

Amanah terhadap sesama berarti kita bertanggung jawab dan tidak ingkar janji dengan apa yang dijanjikan. Misal saja kita diberi amanah untuk menyampaikan pesan ke seseorang, kemudian kita meng iyakan. Maka kita sebisanya menyampaikan ke seseorang sesuai dengan perintah tadi karena kita sudah mengiyakan. Misal kita tidak mampu yaa lebih baik dari awal kita ngomong tidak mampu, atau misal memang tidak bisa kita kemudian minta maaf pada pengirim pesan.

Amanah pada sesama juga bisa berbentuk sebagai tugas seorang pemimpin yang memiliki amanah memimpin masyarakat atau kelompok tertentu, seperti pejabat, RT, RW, Dukuh, Lurah, Camat, Bupati, Gubernur dan lain sebagainya.

Sedangkan amanah terhadap diri sendiri memiliki arti kita memberikan hak-hak tubuh kita sebaik-baiknya, dari mulai nutrisi, kebutuhan tidur, olahraga dan lain-lain.

Itu adalah macam-macam amanah yang bisa kamu lihat dalam artikel macam-macam amanah. Menjadi amanah apa untungnya sih? Banyak hikmah yang bisa kita peroleh dari perilaku amanah, diantaranya adalah dipercaya oleh teman dan kerabat. Selengkapnya simak artikel berikut :
Amanah
Amanah

Hikmah Perilaku Amanah

a. Dipercaya orang lain : Orang yang selalu memegang amanah akan dipercaya oleh orang lain. Dan dipercaya orang lain ini adalah salah modal utama dalam bergaul dan berbisnis.
b. Mendapatkan simpati dari semua pihak, baik kawan maupun lawan.
c. Rizky lancar : Bila kita selalu amanah, maka akan banyak peluang dan penawaran dari teman, kerabat dkk.
d. Hidupnya akan sukses dan dimudahkan oleh Allah Swt.
e. Semua urusan terasa lebih mudah, iya bila kita amanah maka kita akan mudah bila bertanya, atau meminta tolong pada sesama. Bila kita kesulitan pun akan ditolong oleh Allah melalui orang yang disekitar kita.

Baca juga : Ayat Al-Qur'an dan Hadits Tentang Amanah

Perilaku dan Penerapan Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari

Dengan mengetahui berbagai hikmah diatas, maka sebisanya kita harus menerapkan perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana caranya? Berikut ini contohnya, kamu masih bisa mengembangkannya sendiri :

a. Menjaga titipan dan mengembalikannya seperti keadaan semula.
b. Menjaga rahasia. Bila ada orang yang curhat atau cerita dengan kita, maka kita harus pandai-pandai merahasiakannya. Apalagi jika ceritanya secara personal dan tidak pantas unduk dipublikasikan.
c. Tidak menyalahgunakan jabatan. Bila kita menjabat sebagai pegawai atau karyawan, harus bekerja sebaik-baiknya sesuai dengan jobs desknya. Dan jangan sampai menyalahgunakan untuk kepentingan pribadi, contoh bentuk penyalahgunaan adalah korupsi, tidak obyektif, suap dll.
d. Memelihara semua nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt.
Nikmat yang kita dapatkan adalah amanah dari Allah swt, sebisanya kita menggunakan untuk kebaikan. Nikmatnya dapat berupa umur, kesehatan, anak, harta dll.

0 Response to "Hikmah Amanah dan Penerapan Amanah dalam Kehidupan Sehari-hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel