Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur

Selamat datang di kitapunya.net yang kali ini akan membahas mengenai Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur. Pada artikel sebelumnya telah kita bahas bahwa jujur adalah sikap dan karakter yang dimiliki orang, jujur membawa kebaikan dan membawa kita ke surga. Betapa pentingnya jujur ini kita lakukan, sebab jujur akan berbuah pada kepercayaan dan diperlukan dalam menciptakan keharmonisan dan keseimbangan kehidupan.

Berbanding terbalik dengan berbicara dusta yang menimbulkan ketidakpercayaan dan merugikan berbagai pihak. Kita dapat mengambil contoh akibat berkata dusta, misal saja ada penjual yang tidak jujur. Maka dengan perilakunya tersebut dapat menyebabkan kerugian pada pembeli, artinya disitu ada yang dirugikan dan dizalimi. 

Orang yang jujur akan mendapat tiga keuataman, yaitu kepercayaan, cinta dan rasa hormat. Cinta karena orang jujur akan disukai oleh banyak orang, dan mendatangkan cinta dan kasih sayang. Rasa hormat berarti semacam rasa terimakasih karena bersikap jujur dan tidak berdusta.

Maka dari itu kejujuran sangat lah penting. Belum lagi kepercayaan yang hancur akibat ketidakjujuran. Jujur itu mahal seperti kepercayaan yang mahal, sekali kepercayaan itu hancur dan dikecewakan maka akan sulit untuk percaya lagi. Begitulah pentingnya kejujuran.

Jujur
sumber : startupist.com
Jujur adalah bagian dari akhlak Islam, karena islam selalu mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berkata benar. Orang yang memperjuangkan kebenaran akan mendapat pahala dari Allah selayaknya orang yang berbohong mendapat dosa.

Dalam salah satu hadits dibawah ini disebutkan bahwa berperilaku jujur akan mendatangkan kebaikan dan mengantarkankan kita ke surganya Allah swt. Jujur tidak hanya pada sesama saja, tapi juga sama diri sendiri. Karena berbohong dengan diri sendiri itu suatu yang menyakitkan. 

Dalam sebuah hubungan percintaan pun diperlukan kejujuran agar tidak ada pihak yang tersakiti, dengan bersikap jujur akan terjalin hubungan yang harmonis dan membahagiakan.  

Nah itu sekilas tentang keutamaan bersikap jujur, baca juga artikel yang kemarin kita bahas di : Pengertian Jujur dan Pentingnya Sikap Jujur

Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur

 Ayat Al-Qur'an Tentang Jujur
“Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan dan (janganlah) kamu sembunyikan kebenaran, sedangkan kamu mengetahuinya . ” (Q.S. al-Baqarah/2: 42).

"Hai sekalian orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah, dan jadilah kamu bersama orang-orang yang benar. (Q.S. At-Taubah ayat 119).
Hadits Tentang Jujur
“Dari Abdullah ibn Mas’ud r.a., Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya jujur itu membawa kepada kebaikan dan kebaikan itu membawa ke surga...” (H.R. Bukhari)
Abu Chalid (Hakim) bin Hizam r.a. berkata : Bersabda Rasulullah SAW : Penjual dan pembeli keduanya bebas belum terikat, selagi mereka belum berpisah. Maka jika benar dan jelas keduanya, diberkahi jual beli itu, tetapi jika menyembunyikan dan berdusta maka terhakus berkah dari jual beli itu. (H.R. Bukhari, Muslim).
Demikian beberapa ayat Al-Qur'an dan Hadits tentang Jujur, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.

0 Response to "Ayat AL-Qur'an dan Hadits Tentang Jujur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel