Apa Itu Bimtek (Bimbingan Teknis)? Disertai Pengertian dan Contohnya

Selamat datang di blog kitapunya.net yang saat ini kita akan membahas artikel yang berjudul Apa Itu Bimtek (Bimbingan Teknis)? Disertai pengertian dan contohnya semoga saja dapat membantu anda dalam mencari definisi bimtek. Bimtek merupakan singkatan dari bimbingan teknis yang biasanya diselenggarakan oleh lembaga resmi yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas sdm, dengan kata lain untuk meningkatkan ilmu atau keahlian seseorang. Namanya bimbingan pasti ada peserta dan ada yang berperan sebagai pembimbing. Peserta akan diberi pelatihan, diberi materi untuk dipelajari sesuai dengan bidang bimtek yang diikuti.

Nah biar lebih jelas lagi, kita akan membahas pengertian tersebut dalam artikel sepanjang 500 kata ini. Oke, karena sudah disinggung diatas tentang pengertian bimtek maka untuk menjawab apa itu bimtek? tinggal intinya saja.
Pengertian bimtek adalah bimbingan teknis atau pelatihan yang biasanya dilakukan oleh lembaga resmi dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi para peserta dan kualitas sdmnya, dan pesertanya akan memperoleh materi sesuai dengan bidang yang dipilihnya.
Dimana biasanya bimtek dilakukan? dan berapa lama?
Bimtek biasanya dilakukan didalam gedung, atau di luar gedung jika memang diperlukan. Tergantung kebutuhan dan situasi yang mendukung. Terkadang bimbingan teknis juga dilakukan di luar kota, ya semacam diklat gitu sih. Masalah waktu atau berapa lamanya, biasanya bimtek tidak hanya dilakukan dalam waktu satu hari bisa dalam waktu 3 hari, satu minggu, satu bulan dan lain sebagainya tergantung dari banyaknya materi yang akan disampaikan oleh penyelenggara bimtek dan diklat terbaik - nya.

Apa Itu Bimtek (Bimbingan Teknis)?
Apa Itu Bimtek (Bimbingan Teknis)?

Contoh Bimtek di Indonesia

Bimbingan teknis ada berbagai macam dan jenisnya, dari mulai bimtek keuangan sampai bimtek yang berurusan dengan pemerintahan. Bimtek untuk pns, guru, pegawai, perawat dan profesi-profesi lainnya. Nah akan sedikit saya beri contoh bimtek yang paling sering dicari orang : 

1. Bimtek Keuangan Daerah
Adalah bimbingan teknis yang didalamnya terdiri dari pelatihan-pelatihan untuk mengelola keuangan daerah dengan baik dan benar, juga diajari tentang pencatatan laporan keuangan, penyusunan, sampai penganalisa laporan keuangan untuk menghasilkan kebijakan yang tepat sasaran. Bimtek keuangan daerah ini biasanya diikuti oleh bagian keuangan dalam pemerintah daerah, seperti kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga tingkat nasional. Tujuannya juga satu meningkatkan kompetensi para pegawai yang diharapkan mampu menciptakan pegawai yang jujur, berkarakter dan berkompeten.

2. Bimtek Lurah/Camat
Adalah salah satu jenis bimtek yang dikhususkan bagi mereka yang ingin atau sedang menjabat sebagai lurah atau camat. Isi bimteknya mungkin tentang pengelolaan desa, pengelolaan internal, eksternal hingga kuangan. Ditambah tentang mengatasi solusi yang biasa terjadi di tingkat kelurahan maupun kecamatan, dan dilatih untuk menghasilkan kebijakan yang solutif dan tepat. Baca artikel terbaru kami : Konveksi Seragam Kerja Baru Surewi

3. Bimtek Guru/PNS
Bimbingan teknis ini dikhusukan untuk para guru atau pengajar, tujuannya menciptakan guru atau pendidik yang sesuai dengan perkembangan zaman dan dapat mengajar dengan efektif dan baik. Misal sala bimbingan teknik tentang pembelajaran berbasis komputer atau teknologi. Guru akan dilatih mengoperasikan komputer dasar dan diajari bagaimana memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.

4. Bimtek Kesehatan
Contoh bimbingan teknis selanjutnya adalah dibidang kesehatan, bimbingan ini dikhususkan biasanya bagi mereka yang bekerja di bidang kesehatan seperti apoteker, perawat, dokter dan lain sebagainya. Contoh bimteknya misalnya tetang keperawatan lanjut usia, sampai menangani pasien dengan lembut, baik dan sesuai SOP.

Nah itu tadi empat contoh dari bimtek atau bimbingan teknis. Baca juga artikel bimtekkeuangan.info - penyelenggara bimtek dan diklat terbaik yang isinya juga berhubungan dengan artikel ini.

0 Response to "Apa Itu Bimtek (Bimbingan Teknis)? Disertai Pengertian dan Contohnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel