HUKUM 1 NEWTON Lengkap Beserta Penjelasannya

Kitapunya.net, Hukum Newton - Dasar mekanika fisik adalah hukum newton yang kita kenal jumlahnya ada tiga. Ketiga hukum newton ini telah dijelaskan oleh Isac Newton dalam karyanya yang berjudul Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica. Karyanya tersebut diterbitkan pada tanggal 5 Juli 1687. Simak artikel berikut ini untuk memahami ketiga hukum newton tersebut :

A. Hukum I Newton

Untuk memahami hukum 1 Newton ini coba perhatikan beberapa kejadian atau ilustrasi berikut ini.

Ilustrasi Pertama :
Disaat kita naik bus, kemudian bus tersebut melaju dengan kencang, tapi tiba-tiba bus mengerem dengan mendadak. Apa yang terjadi? Badan kita terdorong kedepan. Itulah mengapa dalam mobil dipasang sabuk pengaman, agar aman saat terjadi penghentian mendadak atau saat kecelakaan.

Ilustrasi Kedua : 
Ketika kita melakukan suatu permainan, ada kertas diatas meja yang kemudian diatasnya ditaruh gelas. Bila kita menarik kertas secara perlahan, tentu gelas akan ikut tertarik. Tetapi apabila kita menarik kertas dengan sekali hentakan yang cepat, maka gelas akan tetap di posisinya.

Dari kedua ilustrasi tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa suatu benda memiliki sifat kelembaman atau kecenderungan untuk tetap mempertahankan keadaannya. Pada ilustrasi pertama, kita sebagai penumpang akan mempertahankan keadaan gerak maju, sedangkan pada ilustrasi dua gelas mempertahanka keadaan diamnya (keadaan tetap yang disebut sebagai inersia/kelembaman benda).

Bunyi hukum 1 Newton :
Hukum ini menyatakan bahwa jika resultan gaya (jumlah vektor dari semua gaya yang bekerja pada benda) bernilai nol, maka kecepatan benda tersebut konstan.

Hukum 1 Newton
Hukum 1 Newton


Artinya :
  1. Sebuah benda yang sedang diam akan tetap diam kecuali ada resultan gaya yang tidak nol mempengaruhinya..
  2. Sebuah benda yang sedang bergerak, tidak akan berubah kecepatannya kecuali ada resultan gaya yang tidak nol mempengaruhi.

0 Response to "HUKUM 1 NEWTON Lengkap Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel