Fungsi Utama Tulang Bagi Tubuh dan Struktur Tulang

Fungsi Utama Tulang Bagi Tubuh dan Struktur Tulang - Manusia diciptakan tidak hanya daging saja, tetapi ada tulang yang menopang tubuh dan memberikan bentuk. Tanpa adanya tulang mungkin, kita hanya seperti cacing atau ular yang lentur. Hampir disetiap bagian tubuh kita ada tulang, yang kemudian dibungkus dengan daging dan yang paling luar adalah kulit. Bagian tubuh yang tidak bertulang seperti lidah, mata, bibir dll.

Jumlah tulang pada tubuh manusia dewasa sangat banyak, total semuanya terdiri dari 206 tulan dengan namanya yang berbeda-beda. Misal pada bagian tangan saja, ada 6 jenis tulang yaitu : tulang lengan atas (humerus), tulang pengumpil (radius), tulang hasta (ulna), tulang pangkal telapak tangan (karpal), tulang ruas jari (falang) dan tulang telapak tangan (metakarpal).
Sistem Rangka Manusia
Sistem Rangka Manusia

Fungsi Utama Tulang Bagi Tubuh

Tulang yang jumlahnya sebanyak itu kegunaannya untuk apa? Fungsinya untuk apa? Berikut ini ada 4 fungsi utama tulang bagi tubuh kita :
  1. Memberikan bentuk pada tubuh dan menopang tubuh kita.
  2. Sebagai pelindung organ dalam, misalkan saja ada tulang rusuk yang melindungi jantung dan paru-paru, tulang tengkorak melindungi otak.
  3. Tempat menempelnya otot yang merupakan alat gerak aktif sehingga dapat menggerakkan tulang.
  4. Pada jenis tulang tertentu, seperti tulang paha (femur) tulang juga berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah. Sel darah dibentuk di bagian sumsum tulang, yaitu jaringan lunak yang terdapat di bagian tengah tulang.


Struktur Tulang

Jika kita makan paham ayam, atau tengkleng kambing, maka kita dapat melihat tulangnya hewan. Nah, tulangnya manusia juga hampir mirip-mirip seperti itu. Jika kita perhatikan struktur tulang tidak halus, tapi adalah benjolan pada bagian ujungnya, bulat bentuknya yang ada titik-titik kasar pada bagian ujung, juga ada lekukan, kemudian tonjolan, dan lubang pun ada.
Struktur Tulang
Struktur tulang

Bagian-bagian yang ada pada tulang tersebut, memiliki fungsi masing-masing. Misalnya saja, lekukan dan tonjolan memiliki fungsi sebagai tempat menempelnya otor. Kemudian, lubang pada tulang berfungsi untuk tempat keluar masuknya pembuluh dara dan saraf. Dalam tulang ada yang disebut dengan periosteum, yang merupakan membran yang menempel dan menutupi permukaan tulang.

Dalam periosteum terdapat pembuluh-pembuluh darah kecil yang memiliki fungsi untuk membawa zat-zat makanan kedalam tulang. Periosteum ini juga memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan perbaikan tulang.

Di bagian bawah membran periosteum terdapat tulang kompak/tulang keras yang merupakan laposan tulang yang kuat dan keras. Tulang kompak ini terkandung sel-sel tulang, pembuluh darah, zat kapur, fosfor dan serabut elastis.

Kerasnya tulang disebabkan karena kandungan zat kapur dan fosfor yang ada didalamya, sedangkan serabut-serabut elastis berguna dalam mempertahankan tulang agar tetap kuat, tidak mudah patah, dan tidak mudah rapuh.

Tulang spons memiliki stuktur banyak ruang-ruang kecil terbuka dan kurang kompak yang membuat tulang ini ringa. Tulang spons dalam talang pipa atau tulang panjang terdapat di daerah ujung tulang. Tulang panjang memiliki lubang atau saluran yang besar. Saluran-saluran tersebut berada di tulang panjang, dan berisi oleh jaringan berlemak yang kita sebut sebagai sumsum. Sumsum merah tulang berada di daerah tulang panjang bagian ujung di antara tulang spons, sedangkan sumsum kuning berada di tulang panjang bagian tengah yang sebagian besarnya berisi lemak.

Tulang spons dalam tulang pipa atau tulang panjang terdapat di daerah ujung tulang. Tulang spons kurang kompak dan mempunyai banyak ruang-ruang kecil terbuka yang membuat tulang menjadi ringan. Tulang panjang mempunyai lubang atau saluran yang besar.

Saluran-saluran itu terdapat di tengah tulang panjang dan diisi oleh jaringan berlemak yang disebut sumsum. Sumsum merah tulang berada di daerah tulang panjang bagian ujung di antara tulang spons, sedangkan sumsum kuning berada di tulang panjang bagian tengah dan sebagian besar berisi lemak.

Pada orang yang sehat, sumsum tulang merah ini mampu menghasilkan sel-sel darah merah yang kecepatannya sampai 3 juta sel per detik, tidak hanya sel darah merah. Sel darah putih juga dihasilkan di sumsum tulang, namun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Pada bagian ujung tulang panjang ditutup dengan suatu lapisan jaringan tebal, yang luna dan juga lentur. Lapisan tersebut disebut dengan tulang rawan (kartilago), kalau kita mungkin menyebutnya sebagai tulang muda. Tulang rawan ini tersususn dari sel-sel yang dikelilingi oleh matriks protein yang dihasilkan oleh sel-sel tersebut. Tulang rawan juga dapat kita temukan di tulang-tulan yang lain seperti di tulang rusuk, dinding saluran pernafasan, hidung dan juga dapat ditemukan di telinga. 

0 Response to "Fungsi Utama Tulang Bagi Tubuh dan Struktur Tulang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel