Penjelasan Isi Kandungan Surah Az - Zariyat ayat 56

Penjelasan Isi Kandungan Surah Az-Zariat merupakan surah yang ke-51 di dalam mushaf Al-Qur'an, dan memiliki arti "Angin yang menerbankan", surah ini termasuk dalam golongan surat makkiyah karena diturunkan sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Surah ini terdiri dari 60 ayat. Dalam ayat tersebut Allah menyampaikan bahwa maksud Allah menciptakan manusia di muka bumi ini adalah untuk mengabdi atau beribadah kepada Allah swt. Ini hubungannya dengan tujuan manusia diciptakan, yang nantinya juga berkaitan dengan tujuan masing-masing setiap manusia.

Baca juga : Isi kandungan al-mu'minun ayat 12 - 14

Anda hidup di dunia ini pasti memiliki tujuan bukan? Kalau Allah menciptakan kita semua agar kita mengabdi, lalu kalau kita tujuan hidup ini untuk apa? Tapi ingat satu hal, jadikan artikel ini sebagai wawasan saja, karena apa? Karena ..
Karena saya buka apa-apa, bukan siapa-siapa.
Sebelumnya mari kita baca Al-Qur'an surat Az-Zariyat ayat 56 berikut ini beserta dengan artinya :
Surah Az-Zariat ayat 56
Surah Az-Zariat ayat 56
Dalam ayat tersebut Allah berfirman bahwa Allah menciptakan jin dan manusia dengan tujuan untuk mengabdi/beribadah kepada Allah. Bila kita diciptakan untuk mengabdi, maka kita harus melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ibadah kepada Allah. Manusia diberi akal dan kekuasaan untuk mengatur dirinya sendiri. Jadi semua perbuatan adalah kita yang mengatur, agar bernilai ibadah maka semua perbuatan harus didasarkan pada niat karena Allah.

Dan kalau kita perjelas lagi, semua yang ada di dunia ini pasti berhubungan dengan Allah. Ada kah satu saja yang tidak berhubungan dengan Allah?? Tidakk ada kan.

Kita diciptakan untuk beribadah, maka dari itu tujuan utama kita juga harus Allah. Kita mencari dunia untuk akhirat, sebenarnya kita nyari akhirat pun otomatis dunia akan kita dapat.

 “Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagia pun di akhirat.” (QS. Asy-Syura: 20)

Kita bisa melihat dari Q.S. Asy-Syuro ayat 20 di atas, bila kita gunakan hidup kita untuk Allah, untuk urusan akhirat maka dunia akan mengikuti. Bagaimana agar urusan kita dunia terpaku pada Allah. Niatkan semua karena Allah, kalau bekerja ya niatkan karena Allah untuk menghidupi anak dan istri, dan semua kegiatan kita niatkan karena Allah, karena semua kegiatas pasti ada hubungannya dengan Allah.

Baca juga : Isi Kandungan Surah Al-Baqarah ayat 30

0 Response to "Penjelasan Isi Kandungan Surah Az - Zariyat ayat 56"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel