Pengertian Merek Menurut Para Ahli (Lengkap !!)

Kitapunya.net - Pengertian merek menurut para ahli, di pasar yang sangat luas seperti ini, persaingan bisnis semakin ketat, hal tersebut menuntut suatu perusahaan untuk terus memiliki suatu merek atau brand yang kuat, brand yang melekat di hati masyarakat, brand yang apabila disebuat suatu produk maka langsung mengarah ke produk tersebut. Banyak contoh-contoh brand yang dari dulu sudah melekat di benak masyarakat, misal saja produk aqua. Sebagian kita bila ingi membeli air minum bilang ke penjual, "mas beli aqua", padahal belum tentu ada aqua. Tapi secara refleks kalau kita akan membeli air minum maka nyebutnya beli aqua.

Suatu merek apabila posisinya sudah kuat, akan memudahkan perusahaan dalam memenangkan persaingan yang ada di pasar. Merek tidak hanya untuk pelanggan saja, tetapi juga untuk investor. Ketika merek sudah bagus dan memiliki positioning yang tepat di masyarakat, maka investor akan dengan mudah mengeluarkan dananya untuk berinvestasi. Intinya merek dapat menambah nilai produk bahkan citra produk.

Merek atau Brand
Merek atau Brand


Salah satu bagian atau unsur dari produk adalah merek, merek merupakan suatu unsur yang membedakan antara produk yang satu dengan produk yang lain. Bisa juga disebut sebagai identitas suatu produk. Brand itu berbeda dari produk, jika produk merupakan wujud barangnya, secara fisik, seperti orang, jasa layanan, tempat ataupun ide. Sedangkan merek ada untuk sebuah produk, brand dapat ditambahkan dimensi yang menjadi pembeda dari produk-produk lain. Misal saja produk air mineral, maka brandnya bisa bermacam-macam ada aqua, le mineral, ades, aguaria, dan lain sebagainya. Dan berikut adalah beberapa pengertian brand berdasarkan pendapat para ahli-ahli ekonomi :

Pengertian Merek Menurut Para Ahli (Lengkap !!)

1. Kotler dan Amstrong (2012)
Kotler dan Amstrong menyatakan bahwa brand atau merek memiliki pengertian sebagai sebuah nama, istilah, tanda, simbol, atau desain atau sebuah kombinasi di antaranya, yang bertujuan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen. 

Menurutnya merek akan memudahkan konsumen dalam mengidentifikasi produk-produk yang ada di pasar, mengidentifikasi produk-produk mana yang memiliki manfaat lebih, atau produk-produk mana yang sesuai dengan selera konsumen. Ditambah merek juga menyatakan sesuatu tentang konsistensi dan kualitas. Artinya bila kualitas dan konsistensi suatu merek itu bagus, maka akan sangat mudah diterima oleh konsumen.

2. Aaker (1997)
Menurutnya merek atau brand adalah nama atau simbol yang besifat membedakan dengan maksud mengidentifikasikan barang atau jasa dari seorang atau kelompok penjual tertentu sehingga membedakannya dari produk lain yang dihasilkan oleh para kompetitor. Membedakan disini bisa berarti dari segi logo, cap, nama, kemasan dll. Produk lain bisa berupa barang-barang maupun jasa.

3. UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek
Pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa merek adalah tanda yang berupa gambar, nama kata, huruf huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa.

4. Wheeler (2006)
" A brand is the nucleus of sales and marketing activities, gerating increased awareness and loyalty, when managed strategically".
Terjemahannya : Merek adalah nucleus (inti) dari sales (penjualan)  dan kegiatan pemasaran, menghasilkan peningkatan awareness (kesadaran) dan loyalty (loyalitas) apabila dikelola secara strategis.

5. Lamb et al (2001)
Menurutnya definisi dari brand/merek adalah nama, istilah, tanda, simbol atau desain atau kombinasi semuanya, yang mengidentifikasikan produk para penjual dan membedakannya dari produk pesaing.

6. Sinamora (2003)
Definisi merek menurut sinamora yaitu, brand adalah segala sesuatu yang mengidentifikasi barang atau jasa penjual dan membedakannya dari barang dan jasa lainnya. Merek dapat berupa sebuah kata, huruf-huruf, sekelompok kata, simbol, desain atau beberapa kombinasi di atas.

7. Shimp (2010)
Mereka adalah rancangan unik perusahaan atau merek dagang (trademark) yang membedakan penawarannya dari kategori produk pendatang lain.

8. Alma (2014)
Terakhir, pendapat ahli tentang merek adalah suatu tanda atau simbol yang memberikan identitas suatu barang atau jasa tertentu yang dapat berupa kata-kata, gambar, atau kombinasi keduanya.  

Baca juga :  

Dari pengertian-pengertian merek menurut para ahli di atas, dapat disimbulkan bahwa pada intinya merk adalah : (mengandung beberapa point penting)
1. Segala sesuatu yang membedakan produk dengan produk lainnya atau memberikan identitas sehingga konsumen mudah dalam mengidentifikasi produk
2. Dapat berupa nama, istilah, tanda, simbol, kemasan, gambar, cap atau kombinasi dari semuanya
3. Digunakan dalam kegiatan perdagangan barang atau jasa
4. Bila dikelola dengan baik dapat meningkatkan kesadaran dan loyalitas konsumen

1 Response to "Pengertian Merek Menurut Para Ahli (Lengkap !!)"

  1. Merek itu identitas ya gan, penting kan bagi suatu produk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel