Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Kitapuna.com, Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia - Berbicara tentang SDM pasti berkaitan dengan orang, pekerja, buruh, bisa juga karyawan. Intinya dalam konteks bisnis sumber daya manusia yang dimaksud adalah orang yang bekerja dalam suatu organisasi. Suatu perusahaan tidak dapat berdiri sendiri, terutama bila ingin perusahaannya berkembang tentu yang dikembangkan tidak hanya aset materialis saja seperti uang, tanah, mobil, kantor dll, tetapi juga dari segi SDMnya. So, SDM merupakan aset yang sangat berharga bagi suatu perusahaan, apalagi apabila SDM tersebut sudah loyal dan sesuai dengan yang diharapkan oleh pemilik perusahaan. Dan tentu, untuk mencari pengganti karyawan itu tidaklah mudah, butuh waktu dan biaya, maka dari itu SDM di sutu perusahaan perlu dimanajemen, di atur agar bisnis atau usahanya juga dapat lancar dan sukses. 

Yang perlu diketahui juga, salah satu konsep dasar dari manajemen SDM adalah bahwa karyawan atau pekerja adalah manusia, bukan mesin dan bukan semata-mata hanya sebagai pembantu dalam berbisnis. Karyawan adalah partner kita, orang yang membantu kita dan perlu kita beri penghargaan. wkwk

Sebenarnya apa sih yang diatur dalam manajemen SDM? Apa saja isinya? Nanti yaaa, kita pahami dulu tentang pengertiannya berdasarkan pendapat para ahli :

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Sumber Daya Manusia

1. Amstrong (1994)
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah tentang bagaimana orang-orang dapat dikelola/diatur dengan cara-cara yang terbaik dalam urusan atau kepentingan organisasi.

2. Kenooy (1990)
Manajemen SDM adalah suatu metode memaksimalkan hasil dari sumber daya tenaga kerja dengan meintegrasikan Manajemen SDM kedalam strategi bisnis yang dilakukan.

3. Storey (1995)
Manajemen SDM menurut Storey memliki pengertian seagai berikut, pendekatan yang khas, terhadap manajemen tenaga kerja yang berusaha mencapai keuunggulan kompetitif, melalui pengembangan strategi dari tenaga kerja yang mampu dan memiliki komitmen tinggi dengan menggunakan tatanan kultur yang integrated, struktural dan teknik-teknik personel. 


4. Bambang Wahyudi (2000:1) 
MSDM di definisikan sebagai suatu ilmu dan seni atau proses memperoleh, memajukan atau mengembangkan dan memelihara sumber daya manusia yang kompeten sedemikian rupa, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisiensi dan ada kepuasan pada diri pribadi-pribadi yang bersangkutan.

5. Menurut Edwin B. Flippo dalam buku Bambang Wahyudi (Manajemen Sumber Daya Manusia (2002:9)
Definisinya adalah bahwa MSDM merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dari pengembangan, pemberian belas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan sumber daya manusia ke suatu titik akhir dimana tujuan-tujuan perorangan, organisasi dan masyarakat.

6. Menurut Malayu S.P. Hasibuan (2002:10)
Manejemen SDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat.

Fungsi Manejemen Sumber Daya Manusia

MSDM terbagi menjadi dua buah fungsi, yaitu fungsi manajemen dan fungsi operasional. Fungsi-fungsi ini ibaratkan sebagai tugas dari manajer SDM. Sebelumnya saya juga pernah berbagi artikel terkait dengan fungs-fungsi manajerial, bisa langsung dibaca saja. Fungsi manajemen dan fungsi operasional isinya berbeda, apa bedanya? Perhatikan berikut ini :

Fungsi Manajemen (FM) terdiri atas:
1. Fungsi Perencanaan
2. Fungsi Pengorganisasian
3. Fungsi Pengarahan
4. Fungsi Pengkoordinasian
5. Fungsi Pengontrolan/Pengawasan
Fungsi Operasional (FO) terdiri atas:
1. Fungsi Pengadaan
2. Fungsi Pengembangan
3. Fungsi Pemberi Kompensasi
4. Fungsi Integrasi
5. Fungsi PemeliharaanFungsi MSDM



0 Response to "Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel