Pengertian Jasa dan Karakteristik Jasa Lengkap !!

Pengertian Jasa dan Karakteristik Jasa Lengkap !! - Selain perusahaan manufacture (industri pengolahan) yang mengolah bahan baku menjadi barang jadi, ada juga perusahaan jasa. Perusahaan yang menjual jasa bukan barang. Perusahaan yang menjual layanan seperti bengkel, service laptop, service ac, pijat, konsultan, bank, asuransi dan masih banyak lagi contoh-contoh perusahaan yang bergerak di bidang jasa.

Berdasarkan data yang ada perusahaan jasa menjadi salah satu penyumbang lapangan kerja terbesar yang ada di dunia. Di Amerika serikat saja perusahaan jasa menyumbang 2/3 dari total Gross Domestic Bruto. Memang beberapa tahun terakhir ini perusahaan jasa mengalami perkembangan yang pesat, terutama dalam jasa pendidikan dan kesehatan yang selalu menjadi penyumbang terbesar dalam sektor jasa. Belum lagi karena perkembangan teknologi yang juga memunculkan jasa-jasa baru di bidang teknologi. Perkembangan teknologi juga merubah perilaku masyarakat, kalau dulu orang rajin mencuci pakainnya sendiri kini karena sudah merasa menjadi manusia modern maka mereka lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry untuk mencuci pakain mereka. Tidak hanya laundry jasa-jasa yang turut membantu manusia yang lain seperti pencucian mobil dan motor, salon kecantikan, baby syter, dan restoran (fast food) dkk.

Apa sih yang dimaksud dengan jasa sebenarnya? Berikut ini adalah pengertian jasa berdasarkan berbagai sumber yang kami peroleh :

Pengertian jasa menurut Kotler :
Jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud (intangible) dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun.

Pengertian jasa menurut Zethaml, Bitner :
Jasa adalah semua aktivitas ekonomi yang hasilnya tidak merupakan produk dalam bentuk fisik, biasaynya dikonsumsi pada saat yang sama dengan waktu diproduksi, dan dapat memberikan nilai tambah (misalnya kenyamanan, hiburan atau kesehatan).

Karakteristik Jasa

Pengertian Jasa dan Karakteristik Jasa
Pengertian Jasa dan Karakteristik Jasa

1. Intangibility (hal yang tidak dapat diraba)
Berdasarkan terjemahan intangibility memiliki arti sesuatu yang tidak dapat diraba, artinya bahwa jasa tidak memiliki wujud, lebih abstrak, lebih besar unsur ketidakpastiannya, sehingga jasa akan diketahui hasil dan manfaatnya setelah merasakannya.v

2. Inseparability (tidak dapat terpisahkan)

Jasa juga tidak ada tenggang waktu antara diproduksi dan dikonsumsi. Sehingga kredibilitas penyedia jasa mempengaruhi pemilihan oleh calon konsumen, termasuk pengalaman penyedia jasa, profesionalisme, tidak adanya keluhan dari pelanggan sebelumnya.

3. Variability
Karakteristik jasa selanjutnya adalah mempunyai variasi yang tinggi, jasa ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen (customization), sulit diukur secara pasti kualitasnya (penilaian bersifat relatif dan subyektifitas tinggi), kualitas yang cenderung tidak konsisten artinya setiap saat tidak selalu sama. Misal saja pada jasa potong rambut, maka hasilnya tidak akan sama setiap kali ckur rambut walaupun ditempat yang sama.

4. Perishability
Jasa tidak tahan lama dan tidak dapat disimpan (unstorability). Jasa tidak ditawarkan setiap saat, permintaan tinggi pada saat tertentu saja/fluktuatif. Kursi pesawat/kamar hotel yang kosong, kapasitas sambungan telpon yang menganggur, dll.

5. Lack of ownership
Jasa tidak disertai kepemilikan, hanya digunakan dalam jangka waktu yang terbatas

0 Response to "Pengertian Jasa dan Karakteristik Jasa Lengkap !!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel