Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication) Lengkap

Kitapunya.net, Marketing communication atau komunikasi pemasaran merupakan faktor penting yang ada pada perusahaan, sebab komunikasi pemasaran salah satu faktor kesuksesan dari bagian pemasaran. Pemasaran juga merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan, barang yang telah diproduksi akan dikomunikasikan kekonsumen, akan di pasarkan ke konsumen. Komunikasi pemasaran ini terdiri dari berbagai macam seperti iklan, penjualan langsung, penjualan pribadi dan lain sebagainya. Lalu apa sih pengertian dari komunikasi pemasaran? Tujuan komunikasi pemasaran?  Modelnya apa saja? Tahap-tahapnya seperti apa? Berikut ini selengkapnya :

PENGERTIAN KOMUNIKASI PEMASARAN


Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication) Lengkap


Kalau anda mendengan kata "komunikasi", kira-kira menurut anda komunikasi itu apa? Komunikasi itu kan proses, suatu kegiatan, proses apa? Proses pemindahan informasi, jadi ketika ada perpindahan informasi atau terjadi interaksi maka itu disebut sebagai komunikasi. Komunikasi sendiri bisa dibagi menjadi berbagai macam, seperti komunikasi verbal, non verbal dll.

Kalau pemasaran? bisa langsung baca artikel yang berjudul : Definisi pemasaran (marketing)

Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan oleh perusahaan untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung terkait dengan produk yang mereka jual.

FUNGSI KOMUNIKASI PEMASARAN

Fungsi komunikasi pemasaran adalah :
  1. Menginformasikan kepada konsumen tentang bagaimana alasan mengapa suatu produk harus digunakan oleh konsumen.
  2. Konsumen dapat mengetahui dan memahami tentang siapa yang membuat produk, dan apa yang dipertahankan perusahan dan merk.
  3. Konsumen dapat diberikan satu insentif atau imbalan untuk percobaan/penggunaan.

Tujuan Komunikasi Pemasaran

  1. Membangkitkan Keinginan akan suatu 
  2. Kategori Produk
  3. Brand Awarness (kesadaran merk)
  4. Intention (dengan maksud tertentu)
  5. Memfasilitasi Pembelian

Mengembangkan Komunikasi Yang Efektif

1. Identifikasi Audiens Sasaran
Mengidentifikasi audiens yang merupakan sasaran atau target adalah dengan cara mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi audiens, dan mengidentifikasi hal-hal yang harus dilakukan oleh komunikator (penyampai informasi).

2. Menentukan tujuan komunikasi pemasaran
Tujuan komunikasi pemasaran dapat dilihat dibagian atas.

3. Merancang komunikasi
4. Memilih saluran komunikasi
Ada dua macam saluran komunikasi yaitu saluran komunikasi pribadi, saluran komunikasi non-pribadi, integrasi saluran komunikasi, metode kesanggupan, metode presentase penjualan, metode keseimbangan persaingan, metode tujuan dan tugas.
5. Menetapkan Anggaran Total Komunikasi Pemasaran

Jenis Bauran Komunikasi Pemasaran

Ada setidaknya 5 macam jenis bauran komunikasi pemasaran yaitu iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan pemberitaan, acara khusus dan pengalaman, pemasaran langsung (direct marketing), dan penjualan pribadi.

Iklan merupakan media yang dapat digunakan untuk memperkenalkan produk, membangunan citra/nama janga panjang bagi suatu produk, iklan juga bisa digunakan untuk memicu penjualan atau memancing penjualan. 

Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication)

Komunikasi pemasaran terpadu adalah sebuah proses perencanaan marketing komunikasi yang memperkenalkan konsep perencanaan komprehensif untuk mengevaluasi peranan strategis dari berbagai elemen komunikasi pemasaran, seperti public relation, advertising, direct selling, sales promotion, dan interactive marketing, untuk memberikan kejelasan, konsistensi, serta pengaruh komunikasi yang maksimum.

Baca juga : Pengertian dan Konsep Manajemen Pemasaran

Elemen Komunikasi Pemasaran Terpadu
  1. Situs Web
  2. Iklan 
  3. Pemasaran Online 
  4. Pameran Produk 
  5. Pemasaran langsung 

0 Response to "Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication) Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel