Isi Kandungan Surah Al Baqarah Ayat 30 (Lengkap)

Isi Kandungan Q.S. Al Baqarah Ayat 30 - Surat kedua setelah Al-Fatihah adalah Al-Baqarah yang memiliki arti sapi betina, seekor sapi yang harus disembelih sebagai syarat kaum nabi Musa untuk mengetahui pelaku dari kasus pembunuhan. Manusia diutus kebumi sebagai seorang khalifah, apa maksud dari khalifah? Khalifah merupakan pemimpin, dan setiap diri adalah pemimpin. Allah mengutus manusia menjadi khalifah sesuai dengan firmanya yang terdapat dalam Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 30.

Dalam Al-Baqarah ayat 30 tersebut allah menceritakan bahwa Allah menjadikan manusia sebagai seorang khalifah di muka bumi ini, tetapi kemudian para malaikat yang selalu tunduk dan taat kepada Allah bertanya kepada Allah, " Mengapa Engkau hendak menjadikan manusia itu sebagai khalifah, sementara mereka selalu berperang dan menumpahkan darah?". Sungguh hanya Allah yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu.


Kita tahu bahwa bumi tidak hanya ada manusia, tetapi juga ada hewan dan tumbuhan. Di bumi manusia diberikan kekuasaan oleh Allah untuk menggunakan hewan dan tumbuhan sebagai sumber makanan, artinya manusia memakan hewan, bukan hewan memakan manusia. Walaupun ada sebagian kasus manusia dimakan hewan, tapi kan pada intinya manusia lebih berkuasa ketimbang hewan apalagi tumbuhan.

Manusia juga diberi otak untuk mengatur dan mengolah sumber daya alam yang ada, bukan hewan dan bukan juga tumbuhan. Manusia diberi kekuasaan untuk membuat hutan atau mengembang biakan hewan dengan seizin Allah.

Ada sebuah negara, didalamnya ada Presiden, Menteri, DPR hingga yang paling bawah adalah pak RT, itu adalah susunan pemerintahan yang ada pada suatu negara. Kemudian didalamnya juga terdapat petani, nelayan, wirausaha, pedagang, bahkan ada pengemis, pelacur, pencuri dll. Semua orang memiliki peran-peran masing-masing, orang yang memiliki bakat sebagai seniman jangan dipaksa untuk menjadi Presiden. Yang jadi seniman tetaplah jadi seniman yang sebaik-baiknya, yang jadi guru jadilah guru dengan sebaik-baiknya, kalau pedagang ya jadi pedagang yang sebaik-baikya, yang jujur jangan memanipulasi dan lain sebagainya. Semua itu siapa yang mengatur? Allah, yaa. Allah yang menyelipkan bakat pada setiap orang, Allah yang menjadikan anda sebagai guru, Allah yang menjadikan Anda sebagai Presidan dan lain sebagainya. Intinyaketika orang memerankan perannya di dunia ini, itulah yang disebut khalifah. Maka seorang guru disebut sebagai khalifah, pedagang juga khalifah, ibu rumah tangga khalifah. Jadi siapa yang menjadikan anda sebagai khalifah? Jawabannya Allah.

Hal tersebut sesuai dengan firmannya dalam Q.S. Al Baqarah ayat 30, mari kita baca arabnya beserta artinya dibawah ini :

Isi Kandngan Surah Al-Baqarah ayat 30
Isi Kandngan Surah Al-Baqarah ayat 30

 Isi Kandungan Surah AL - BAQARAH Ayat 30

1. Allah menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi ini.
2. Allah adalah Tuhan Yang Maha Mengetahui atas segala sesuatu.
3. Malaikan bertanya kepada Allah mengapa Allah menjadikan manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini, padahal manusia adalah makhluk yang sering menumpahkan darah dan membuat kerusakan.
4. Malaikan adalah ciptaan Allah yang senantiasa bertasbih dengan memuliakan dan mensucikan Allah.
5. Allah lah yang mengatur semua urusan di muka bumi ini, termasuk manusianya. Dan setiap manusia adalah khalifah. 


Kurang lebih kelima hal diatas adala isi kandungan yang terdapat dalam Q.S. Al Baqarah ayat 30. Semoga dapat bermanfaat, jangan lupa share yaa.

0 Response to "Isi Kandungan Surah Al Baqarah Ayat 30 (Lengkap)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel