Apa Fungsi Pendidikan Itu? Kalau Dilihat dari Segi Kulturan dan Sosial Bagaimana?

Apa Fungsi Pendidikan Itu? Kalau Dilihat dari Segi Kulturan dan Sosial Bagaimana? - Fungsi pendidikan adalah merupakan serangkaian tugas ataupun misi yang ditanggung jawabi dan dilaksanakan oleh para pendidik, pengelola pendidikan dan semua yang terlibat dalam kegiatan pendidikan. Dari pengertian diatas ini dapat kita ambil satu poin penting bahwa pendidikan yang ada di Indonesia ini bahkan pendidikan di Indonesia bukanlah kegiatan yang tanpa tujuan, tetapi memiliki tujuan dan makna yang jelas. Bahkan pendidikan ini memiliki peran yang sangat penting bagi generasi bangsa, kali ini mari kita bahas terkait fungsi pendidikan. 

Seperti yang sudah tersebutkan di atas, bahwa didalam pendidikan terdapat suatu tugas atau misi yang harus diwujudkan, oleh siapa? Yaa oleh semua orang yang terkait dengan kegiatan pendidikan, dari para pendidiknya, pengelola pendidikan/dinas pendidikan, orang tua, siswa dan pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam kegiatan pendidikan. Semua elemen yang terlibat ini seharusnya selalu menyadari akan tugas atau misi masing-masing untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang sesungguhnya.

Fungsi Pendidikan
Fungsi Pendidikan


Dari segi kultural dan sosial, fungsi pendidikan adalah menumbuhkan nilai-nilai insaniah, serta menyiapkan tenaga kerja produktif.  Selanjutnya Bock mengatakan bahwa pendidikan memiliki fungsi untuk memasyarakatkan ideologi dan nilai-nilai sosia kultural bangsa.

Fungsi penndidikan selanjutnya adalah mempersiapkan tenaga kerja untuk mendorong perubahan sosial serte memeratakan kesempatan dan pendapatan. Dari sumber tersebut jelas bahwa kegiatan atau praktik pendidikan memiliki misi atau tugas bukan hanya menjadikan peserta didik tumbuh dan berkembang potensi atau kemampuannya, melainka juga :
1. Menjaga dan melestarikan nilai-nilai yang dianggap baik oleh masyarakat dan bangsa,
2. Menyiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja produktif.

Selanjutnya berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, fungsi pendidikan adalah untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa.

 To be contiuned.

0 Response to "Apa Fungsi Pendidikan Itu? Kalau Dilihat dari Segi Kulturan dan Sosial Bagaimana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel