Apa ada kekayaan yang tidak pernah habis?

Apa ada kekayaan yang tidak pernah habis - Kekayaan oleh sebagian besar umat manusia sering diartikan dengan uang, uang dan uang. Selain uang masih ada lagi seperti rumah, mobil, tanah, hotel, emas dan aset-aset berharga. Memang semua itu merupakan kekayaan, dan semua orang juga pasti menginginkan hal itu, seperti firman Allah swt pada Q.S. 
“Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (QS Ali ‘Imran [3] : ayat 14)..
Jadi sudah jelas, bahwa Allah swt telah menjadikan indah pada pandangan kita tentang kekayaan di dunia. Sehingga tidak heran lagi kalau orang terkaya di dunia seperti Bill Gates yang merupakan founder dan owner dan Microsoft memiliki kekayaan yang sangat luar biasa, beberapa tahun yang lalu saja Bill Gates telah mempunyai kekayaan yang mencapai Rp 685 Triliun. Begitu juga dengan kekayaan yang dimiliki oleh Hartono yang merupakan owner dari Bank BCA, Djarum dll. Hartono kabarnya mempunyai kekyaan hingga mencapai Rp 96,6 Triliun dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Tapi itu adalah kekayaan yang ada di dunia, dan Allah swt bisa saja mengambilnya kapan saja semaunya Allah. Kalau Allah berkehendak pasti akan terjadi. Seperti kisah Qarun yang dulunya dikenal sebagai orang yang sangat sangat kaya, akhirnya kekayaannya ludes ditelan bumi karena kesombongan yang ia miliki.

Lalu, apakah kekayaan yang sebesar itu akan dibawa mati? Tidak kan, so kekayaan di dunia ini hanyalah kekayaan yang sementara. Kekayaan yang sementara ini bisa menjadi kekayaan yang abadi kalau kita melakukan hal-hal berikut ini.

Kekayaan akan bisa abadi kalau kita gunakaan untuk bersedekah dan menjadi amal jariyah sebagai bekal kita di akhirat. Kita dapat memberikan sebagian uang yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan, membantu pembangunan masjid, membahagiakan orang tua dan lain sebagainya.

Bersedekah untuk kekayaan abadi
Bersedekah untuk kekayaan abadi


Dalam hadits disebutkan bahwa setelah kita mati, ada 3 hal amal yang tidak akan terputus yaitu amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang sholeh.

Berbicara tentang sedekah, dalam Al Qur'an Allah swt telah menyebutkan bahwa perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di Jalan Allah akan dilipatgandakan hingga 700 kali lipat. Allah swt berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 261 yang artinya :

Permisalan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Dan Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.” (QS. Al-Baqarah [2]: 261.) –

Kalau misalnya kita menginfakkan 10 juta maka Allah swt akan melipatgandakannya hingga 7 Milyar, bahka bisa lebih sesuai dengan kehendak-Nya.  7 Milyar tersebut merupakan kekayaan yang abadi, dan tidak dapat dihancurkan oleh bencana alam, gempa bumi, banjir atau perang. Dan akan terus mengalir walapun kita sudah mati.

0 Response to "Apa ada kekayaan yang tidak pernah habis?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel