Alasan Mengapa Merek itu Penting Bagi Konsumen

Alasan Mengapa Merek itu Penting Bagi Konsumen - Konsumen adalah raja, konsumen yang menilai dan konsumen yang memilih, dan merek adalah alat yang dapat membangung kepercayaan konsumen terhadap suatu produk. Konsumen yang sudah loyal kepada suatu produk, maka akan sangat sulit untuk berpindah ke-merk yang lain. Merek memiliki nama, memiliki integritas, yang dapat menggambarkan kualitas dari suatu produk. Mungkin saat ini merek tersebut bagus, tapi ketika terjadi suatu masalah misalnya, bisa jadi konsumen akan lari karena ketidak percayaan kepada merek tersebut. Baca : Pengertian merek menurut para ahli

Beberapa alasan ini berdasarkan sumber meneurut Temporal dan Lee, yang menyatakan bahwa merek itu sangat penting bila dilihat dari sisi konsumen, mengapa penting? Berikut ini adalah alasan-alasannya : 

Merek atau Brand
Merek atau Brand
 Baca juga : Manfaat Merk Menurut Kotler dan Keller


1. Memberikan pilihan
Adanya berbagai merek dalam satu produk, misal air mineral. Makan akan memberikan pilihan bagi konsumen untuk memilih merek mana, walaupun sama-sama air mineral namun ternyata merek itu mempengaruhi. Selain itu juga hal tersebut akan terbagi menjadi segmen-segmen, segmen bawah, menengah atau atas. Bisa dilihat dari kemasan maupun harga produknya.

2. Memberikan jaminan kualitas
Merek memiliki integritas yang tinggi, di merek tertentu ada jaminan kualitas terbaik. Produk dengan merek yang memang sudah dikenal sejak dulu memiliki kualitas terbaik dan tak pernah mengecewakan, tentu akan memberikan jaminan kualitas. Sekalipun konsumen berganti ke merek lain, tentu akan membandingkan dengan merek yang sebelumnya sudah ia percayai. Baca : Tingkatan arti merek



3. Memudahkan keputusan
Ketika konsumen dihadapkan dengan berbagai pilihan produk, konsumen akan memilih produk dengan merek yang mudah di-ingat, apalagi bila konsumen sudah terpaku pada satu jenis merek saja. Kalau ngga merek A, ngga mau misalnya. Merek yang kuat akan mudah diterima oleh masyarakat.

4. Memberikan pencegahan risiko
Merek membangun kepercayaan konsumen, dan konsumen akan ragu untuk berganti merek karena ada resiko ketidak cocokan atau ketidak sesuaian produk. Maka dari itu konsumen akan rela membayar mahal demi produk dengan merek yang sudah ia percayai dan memiliki nama yang baik dimasyarakat.

5. Alat untuk mengekspresikan diri
Artinya bahwa merek dapat untuk membantu mengekspresikan diri termasuk mambantu dalam mengekspresikan kebutuhan sosial-psikologi. Misal saja pada produk sepatu, di merek tertentu seperti adidas, nike dll mengekspresika seorang yang stylish dan sporty, sementara beberapa merek yang buatan hand made cenderung untuk mereka yang menyukai keotentikan dan berbau klasik.

Read : Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication)

0 Response to "Alasan Mengapa Merek itu Penting Bagi Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel