10 Rahasia sukses orang china dalam berbisnis dan berdagang

10 Rahasia sukses orang china dalam berbisnis dan berdagang - Sering kali kita dengar ada pepatah mengatakan bahwa "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri china", dan itu memang benar sekali. Orang-orang china memiliki kemampuan dalam berbisnis, sehingga tidak perlu ditanya lagi kalau orang orang terkaya di Indonesia diduduki oleh orang keturunan tionghoa. Berdasarkan data, 70 % barang yang dijual di pasar tanah abang dikuasai oleh china. Yang terbaru lagi, China kini mulai menguasai pasar gadget. Bahkan china sudah mulai memproduksi pesawat komersil yang akan dijual di seluruh dunia.

Sebenarnya baik itu orang pribumi asli atau orang China sama-sama memiliki peluang yang sama dalam meraih sebuah kesuksesan. Tidak ada bedanya mau itu orang China, jawa dan lainnya memiliki hak yang sama untuk memperoleh kesuksesan dalam suatu hal. Perbedaannya adalah tentang bagaimana caranya meraih kesuksesan tersebut. Dan beerikut ini adalah rahasia sukses orang-orang china dalam berbisnis. Silahkan ambil yang bermanfaat dan praktikan, anda akan sukses seperti suksesnya orang-orang china.
10 Rahasia sukses orang china dalam berbisnis dan berdagang
10 Rahasia sukses orang china dalam berbisnis dan berdagang

1. Disiplin waktu - Rahasia sukses orang china

Jika seseorang ingin merasakan sebuah kesuksesan dalam hidupnya, maka orang tersebut harus bisa mendisiplinkan dirinya. Salah satu sikap disiplin yang paling penting adalah disiplin terhadap waktu. Nah mungkin inilah yang membuat banyak orang China yang sukses yaitu mereka mampu memanfaatkan setiap jam, menit dan detik hidupnya untuk hal yang berguna. Mereka memiliki anggapan bahwa orang yang sukses adalah orang yang bisa memanfaatkan setiap waktu dari hidupnya. Ingat pepatah ini "Time is money" waktu adalah uang.

2. Menjadi seorang pengusaha - Rahasia sukses orang china

Nah kalian pasti sudah sering melihatkan seperti apa orang-orang China disekitar Anda, pekerjaan apa yang mereka geluti? Ya kebanyakan orang-orang keturunan Tionghoa memilih untuk menjadi seorang pengusaha. Mereka beranggapan bahwa menjadi seorang pengusaha akan membuat mereka bisa mencapai sebuah kesuksesan dalam hidup. Kebanyakan dari mereka merintis usaha dari nol, namun ada juga yang tinggal meneruskan usaha orang tuanya. Memang jika dipikir lagi menjadi seorang pengusaha akan jauh lebih baik, hal ini karena kita sendirilah yang menentukan nasib kita bukan orang lain, sehingga kita menjadi lebih mengerti seperti apa diri kita.

3. Ilmu dagang yang luar biasa - Rahasia sukses orang china

Tahukah anda orang-orang china sejak kecil sudah diajarkan untuk berdagang atau berbisnis oleh orangtuanya, sehingga ketika besar nanti ia sudah lihai dalam berdagang. Itu artinya sudah dari kecil orang china belajar tentang berbisnis, dan ketika sudah besar ia sudah menguasai ilmunya tentang berbisnis. Tinggal action, action, dan action. Mereka belajar di usia dini, kalau kita belajar nanti sambil berbisnis. Jadi tidak usah heran kalau pasar sekarang banyak di dominasi oleh produk-produk  Made In China. 

4. Tidak pernah puas - Rahasia sukses orang china

Ya seorang pengusaha umumnya memiliki sifat yang tidak mudah puas. Sifat ini cukup baik untuk diterapkan dalam diri kita jika ingin memulai sebuah usaha. Rasa tidak pernah puas akan mendoring kita untuk ingin belajar lebih lagi dan lagi yang nantinya akan membuat kita menjadi pengusaha yang berpengalaman. Prinsip inilah yang kebanyakan orang China tanamkan dalam diri mereka yaitu sifat tidak pernah merasa puas untuk mengejar target yang lebih tinggi lagi.

5. Mental yang tangguh dan pantang menyerah - Rahasia sukses orang china

Nah menjadi seorang pengusaha harus memiliki mental baja, siap menerima berbagai resiko dibalik keputusan atau tindakan yang diambilnya. Hal itulah yang membuat seseorang menjadi belajar mengenai sesuatu, yaitu melalui kegagalan-kegagalan yang sebelumnya telah dialami. Dengan sikap mental yang kuat dan tangguh membuat seseorang akan sanggup menerima berbagai kemungkinan yang terjadi kedepannya dan tidak mudah menyerah jikalau hasil yang didapatkan jauh dari target yang diinginkan. Karena mempunyai mental yang tangguh, maka orang china juga pantang menyerah.

6. Managemennya usahanya baik - Rahasia sukses orang china

Orang china terkenal dengan managemen yang sangat baik, dari mulai managemen waktu sampai managemen keuangan. Orang china akan memisahkan uang untuk bisnis dengan uang untuk keluarganya, sehingga tidak tercampur antar keduanya. Bila bisnisnya kurang berjalan dengan baik, orang china lebih memilih makan seadanya daripada menggunakan uang yang dikhususkan untuk bisnisnya. 

7. Perhitungan - Rahasia sukses orang china

Mungkin kita lebih mengenal orang china itu pelit, hal itu disebabkan mereka sangat perhitungan sekali dalam hal pemakian uang. 

8. Kerja keras - Rahasia sukses orang china

Tidak usah ditanya orang china kebanyakan kerja keras, bayangkan saja hari libur saja mereka tetap buka. Itu sudah membuktikan bahwa orang china itu kerja keras.

9. Suka menabung dan berinvestasi -Rahasia sukses orang china

Ya, orang china sangat suka kalau menabung. Ia lebih memilih uangnya ditabung daripada digunakan untuk membeli aset aset seperti mobil, rumah, handphone dan lain sebagainya. Pada intinya orang china lebih memikirkan masa depannya, mereka juga sangat senang menginvestasikan harta miliknya sehingga hartanya dapat berkembang dengan sendirinya.

10. Fokus - Rahasia sukses orang china

Kalau ingin sukses maka harus fokus. Dan itulah yang dilakukan oleh orang china. Anda tahu Bruce Lee? Petarung ini pernah mengatakan begini "Saya lebih takut dengan orang yang memiliki 1 jurus tetapi ia berlatih 1000 kali, daripada orang yang mempunyai 1000 jurus tetapi ia hanya berlatih satu kali"

Apa maknanya, kita disuruh untuk menjadi master. Jadi fokuslah pada satu tujuan yang akan dicapai, bila sudah tercapai tujuan tersebut, anda boleh mengejar impian anda yang lain. Sebagai contoh kalau orang china mau buka toko, mereka akan bangun toko 1 dulu. Setelah 1 toko sukses mereka akan bangun 1 toko lagi, sehingga ia mengelola 2 toko. Setelah toko ke 2 sukses maka ia akan menambah tokonya menjadi 3 sehingga ia mengelola 3 toko. Begitu seterusnya.

Gimana rahasia sukses orang-orang china, apakah anda sudah siap melakukan apa yang orang-orang china lakukan? 

0 Response to "10 Rahasia sukses orang china dalam berbisnis dan berdagang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel