Strategi Penetapan Harga Produk Baru

Strategi Penetapan Harga Produk Baru - Apa itu harga? Harga merupakan salah satu komponen dari bauran pemasaran, yang mana didalam harga tersebut terkandung beberapa komponen utama yaitu biaya produksi, distribusi dan yang pasti keuntungan. Harga dapat didefinisikan sebagai suatu pernyataan nilai suatu produk. Nilai pelanggan adalah rasio atau perbandingan antara persepsi terhadap manfaat dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan suatu produk.

Harga suatu produk bersifat flexible, artinya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi, dan pemilik memiliki wewenang dalam menentukan harga, atau menentukan seberapa besar keuntungan yang akan didapat.

Strategi Penetapan Harga Produk Baru

Ada tiga macam strategi penetapan harga produk baru, yaitu skimming pricing, penetration pricing, dan status quo pricing. Berikut adalah penjelasan masing-masing :

Strategi Harga (Price)
Strategi Harga (Price)


1. Skimming Pricing
Skimming pricing adalah cara menetapkan harga awal yang tinggi ketika produk baru diluncurkan dan semakin lama akan terus turun harganya. Strategi ini biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang sudah memiliki brand, dan positioning yang baik di masyarakat yang kemudian mengeluarkan produk terbaru dengan strategi skimming. Contoh smarthphone, handphone nokia, laptop, komputer, dan lain sebagainya.

2. Penetration Pricing
Penetration Pricing merupakan kebalikan dari skimming pricing. Definisi dari penetration pricing adalah menentukan harga awal yang rendah serendah-rendahnya atau murah dengan tujuan untuk penetrasi pasar dengan cepat dan juga membangun loyalitas merek dari pada konsumen. Strategi ini biasa digunakan oleh perusahaan yang baru, dan mengeluarkan produk baru pula. Contoh : tarif layanan operator baru three / 3, mie selera rakyat, so klin MB, dan lain-lain.

3.  Status Quo Pricing
Strategi ketiga merupakan pertengahan dari kedua strategi di atas. Status quo pricing adalah stragtegi harga keadaan tetap, atau yang sesuai dengan persaingan. Artinya pembebanan harga identik dengan atau sangat mendekati dengan harga pesaing. Untuk perusahaan kecil harga yang sesuai dengan tingkat persaingan menjadi jalan yang teraman untuk kelangsungan hidup produk jangka panjang.

Semoga bermanfaat, jangan lupa share ya biar bermanfaat juga buat yang lain. Terimakasih.

0 Response to "Strategi Penetapan Harga Produk Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel