Makna Mendalam Lagu Gundul-Gundul Pacul

Makna Mendalam Lagu Gundul-Gundul Pacul - Lagu bukan sekedar lagu, lagu anak-anak yang mungkin ketika waktu sd kita menyanyikannya bersama sang guru. Bukan sembarang lagu karena didalamnya terdapat makna yang sangat mendalam. Lagu yang merupakan ciptaan Sunan Kalijaga ini merupakan sindiran bagi seorang pemimpin yang sudah tidak lagi berpihak kepada rakyat, sindiran kepada para pemimpin yang lebih mementingkan kepentinga golongannya ketimbang rakyatnya. Sindiran kepada pemimpin yang sudah tidak bisa lagi mendengar dan melihat keinginan rakyat.

Pemimpin - Gundul-gundul Pacul
Pemimpin - Gundul-gundul Pacul


Bait pertama "Gundul-gundul Pacul"
Gundul dalam bahasa jawa berarti kepala, kepala merupakan pemimpin. Dan kepala kita mengandung 4 indera yaitu mata, hidung, mulut dan telinga. Pemimpin harus menggunakan ke-empat paca indra tersebut untuk kepentingan rakyat, mata untuk melihat keaadaan rakyat, hidung untuk mencium, mulut untuk menuturi rakyat dan telinga untuk mendengar rakyat. "Pacul" memiliki arti papat kang ucul, papat berarti empat yaitu empat indra yang disebut di atas. Ucul berarti lepas, artinya pemimpin sudah tidak bisa menggunakan panca indranya dengan semestinya, tidak bisa melihat kondisi rakyat, tidak bisa mendengar rakyat.

"Gembelengan"
Gembelengan berarti tidak hati-hati, sombong bisa juga memimpin dengan asal-asalan. Ketika pemimpin sudah tidak bisa lagi mendengar apa kata rakyat dan memimpin dengan asal-asalan tentu akan membuat suatu yang tidak baik akan terjadi.

"Nyunggi wakul" 
Nah ketika ada pemimpin yang gembelengan nyunggi wakul, nyunggi amanah. Kok dia gembelengan. Maka yang terjadi adalah wakul glimpang.

Wakul yang tadi di sunggi akan glimpang, jatuh, ambyar, roboh. Roboh jadi sak latar, sak jalan.

Nah, itulah sedikit makna tentang lagu gundul-gundul pacul.

0 Response to "Makna Mendalam Lagu Gundul-Gundul Pacul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel