Faktor-Faktor Biaya Penjual

Faktor Biaya Penjual Dalam Pasar Digital - Ketika para pelapak menjual barang dagangannya, ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan oleh mereka. Biaya yang keluar untuk dapat menjual produk ini disebut dengan faktor biaya penjual, misal saja biaya distribusi, biaya produksi, biaya penyimpanan, biaya tetap, biaya advertising dan lain-lain. Nah, biaya-biaya tersebut selanjutnya akan kami bahas dalam artikel berikut ini :

Penjal Helm
Penjal Helm

1. Marketing and advertising cost (biaya pemasaran dan iklan)
Suatu produk atau barang untuk dapat dikenali oleh konsumen maka harus diiklankan atau dipasarkan. Tanpa adanya pemberitahuan atau penyampaian informasi produk yang kita jual maka konsumen tidak akan mengetahui produk yang kita jual, mengetahui saja tidak apalagi melakukan pembelian. So, biaya penjual yang pertama adalah marketing and advertising cost (baiaya pemasaran dan iklan).

2. Overhead cost (biaya tetap)
Mungkin biaya pemasaran dan iklan biayanya bisa berubah-ubah tiap waktu, biaya yang bisa berubah-ubah ini bisa kita sebut sebagai biaya variable. Biaya tetap merupakan biaya yang selalu atau tharus dikeluarkan oleh penjual, dan jumlahnya adalah tetap. Misal saja biaya sewa, biaya peralatan dan lain sebagainya.

3. Inventory cost (biaya penyimpanan)
Penjual pasti memiliki persediaan atau stok barang untuk memenuhi permintaan dari konsumen. Bila tidak maka tentu penjual akan repot bila harus produksi ketika ada pesanan. Semisal kita menyimpan barang di gudang, maka akan ada tambahan biaya yang biasa disebut dengan biaya gudang atau inventery cost (biaya penyimpanan).

4. Production cost (biaya produksi)
Faktor biaya penjual yang selanjutnya adalah production cost atau biaya produksi, yaitu biaya yang diperlukan untuk mengubah produk yang semula dari bahan mentah menjadi barang jadi. Biaya produksi intinya adalah total biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi suatu barang/jasa. 

5. Distibution cost (biaya distribusi)
Produk untuk sampai ke tangan konsumen perlu yang namanya distribusi, produsen bisa langsung ke tangan konsumen, bisa juga melalui perantara seperti melalui distributor maupun retailer. 

Nah berikut tadi adalah faktor biaya yang dimiliki oleh penjual, atau biaya-biaya yang diperlukan oleh penjual dalam menjual produknya sampai dengan produknya sampai ke tangan konsumen.

0 Response to "Faktor-Faktor Biaya Penjual"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel