Apa itu Perilaku Konsumen?

Apa itu perilaku konsumen? - Konsumen? siapa kah dia? Siapa sih yang disebut dengan konsumen? Pelanggan, customer .. ya itu termasuk konsumen. Seseorang yang menjadi target pasar produk yang kita perdagangkan atau kita jual. Jadi semua orang yang berpotensi menjadi pembeli merupakan konsumen, lebih mudahnya orang yang melakukan kegiatan konsumsi maka bisa disebut sebagai konsumen.

Apa itu Perilaku Konsumen?
Apa itu Perilaku Konsumen?


Dalam materi manajemen atau pemasaran terdapat mata kuliah yang mempelajari tentang teknik pemasaran. Nah, dalam mata kuliah tersebut, pasti dipelajari tentang perilaku konsumen. Lalu apa sih yang disebut dengan perilaku konsumen? Berikut ini pengertian perilaku konsumen yang ada dalam bukunya Banu Swastha dan Hani Handoko, 1997:10.
Perilaku konsumen adalah kegiata-kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan menggunakan barang-barang dan jasa-jasa, termasuk didalamnya proses pengambilan keputusan pada persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebu.
Perilaku konsumen ini memiliki faktor yang mempengaruhi, faktor-faktor tersebut dapat dibagi menjadi dua yaitu faktor internal seperti pengamtan, motivasi, belajar, sikap, dan kepribadian. Faktor yang mempengahuri yaitu faktor eksternal seperti kebudayaan, kelas sosial, kelompok sosial dan kelompok referensi serta keluarga.


Nah, di artikel selanjutnya InshaAllah akan saya bahas tentang faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Semoga pengertian perilaku konsumen di atas dapat bermanfaat dan menambah ilmu kalian. Terimakasih.

0 Response to "Apa itu Perilaku Konsumen?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel