Pengertian Manajemen dan Fungsi-Fungsi Manajerial

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli dan Fungsi-Fungsi Manajerial - Apa sih itu manajemen? Sering denger sih, di kampus-kampus khususnya di fakultas ekonomi juga ada satu program studi manajemen. Di UGM misalnya, salah satu kampus tergadjah di jogja, disana ada jurusan manajemen. Tidak hanya S1, tetapi yang D3 pun juga ada. Lalu bagaimana dengan kampus yang lain? Di kampus yang lain juga banyak, di UNY juga ada S1 manajemen, kalau D3 nya adanya manajemen pemasaran.

Selain prodi Akuntansi dan Perbankan, Manajemen juga menjadi salah satu jurusan favorit dari para calon mahasiswa. Terlepas dari itu semua, kalian mungkin sudah menjadi mahasiswa Manajemen, yang sekarang sedang mencari tahu apa sih itu manajemen, atau sedang diberi tugas oleh dosen terkait dengan manajemen. Nah, pada kesempatan ini akan membahas terkait dengan majemenen.

Apa sih itu manajemen? apa pengertian manajemen?

Secara etimologi, manajemen berasaral dari bahasa Prancis Kuno "ménagement" yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Kemudian secara terminologi (istilah), menajemen diartikan beragam menurut para ahli diantaranya sebagai berikut : 

1. Menurut Follet, manajemen diartikan sebagai sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan orang lain.
2. Menurut Stoner, manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya manusia organisasi lainnya agar tercapainya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
3. Menurut Gulick, pengertian manajemen adalah sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama-sama dalam rangka mencapai tujuan, serta membuat sistem tersebut bermanfaat bagi semuanya (kemanusiaan).
4. Schein (2008 : 2), menurut Schein menajemen diartikan sebagai sebuah profesi yang ditutut untuk bekerja secara profesional,  karakteristiknya adalah membuat keputusan berdasakan prinsip-prinsip umum, para profesional mendapatkan status setelah mereka mencapai standar prestasi kerja tertentu, dan para profesional tersebut juga ditentukan oleh kode etik yang kuat.
 5. Terry (2005: 1) menurut beliau, manajemen memiliki pengertian sebagai suatu proses atau bisa juga disebut sebagai kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan/pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisaional atau maksud-maksud yang nyata. Hal tersebut meliputi pengetahuan tentang apa yang seharusnya dilakukan, tentang penetapan cara bagaimana melakukannya, tentang bagaimana mereka harus melakukannya dan mengukur efektivitas dari usaha-usaha yang telah mereka lakukan sebelumnya.

Dari kelima pengertian manajemen di atas dapat diambil kesimpulan, bahwa definisi dari manajen adalah suatu usaha yang dilakukan oleh suatu kelompok untuk menentukan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan peengawasan. Ke empat fungsi manajemen atau fungsi manajerial tersebut akan dibahas juga dalam artikel singkat kali ini.

Pengertiaan Manajemen
Pengertiaan Manajemen


Fungsi-fungsi manajerial
Fungsi manajemen dapat dipecah-pecah menjadi empat bagian, apa sajakah itu? Let's baca ke-empat fungsi manajemen dibawah ini :

1. Perencanaan (Planning)
Fungsi manajemen yang pertama adalah planning, pengertiannya merupakan suatu kegiatan merencanakan, merencanakan apa? merencanakan pekerjaan-pekerjaan/kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh suatu organisasi dalam mencapai tujuan organisasi terseut. Dalam perencanaan ini dibutuhkan kemampuan dalam mengadakan visualisasi dan melihat ke depan (visioner) yang digunakan untuk merumuskan suatu pola dari berbagai tindakan untuk masa yang datang.

2. Pengorganisasian (organizing)
Organizing atau dalam bahasa indonesia memiliki arti sebaai pengorganisasian adalah sebuah proses pengelompokan kegiatan dalam rangka mencapai tujuan-tujuan dan penugasan setiap kelompok kepada seorang manajer. Asal kata dari organizing adalah "organon" yang merupakan kata dalam bahasa Yunani yang memiliki arti alat. Pengorganisasian ini dilakukan untuk mengatur sumber-sumber daya yang diperlukan oleh suatu organisasi atau perusahaan termasuk sumber daya manusia, sehingga tugas-tugas setiap bagian dalam suatu perusahaan dapat terlaksana dengan baik.

3. Pelaksanaan (Actuating)
Fungsi manajerial yang ketiga adalah actuating atau pelaksanaan yang memiliki pengertian sebagai usaha dalam menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa, hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapat tujuan yang telah direncanakan sebelumnya secara bersama-sama.

4. Pengawasan (Controling)
Fungsi manajerial yang terakhir adalah pengawasan atau controling, pengertiannya yaitu penemuan dan penerapan cara dan alat untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

Demikian artikel tentang fungsi manajemen dan fungsi-fungsi manajerial. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.



0 Response to "Pengertian Manajemen dan Fungsi-Fungsi Manajerial"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel