Ingin Bahagia? Jangan jadi orang pelit atau kikir

Judul artikel kali ini adalah Ingin Bahagia? Jangan jadi orang pelit. Kikir atau pelit merupakan perbuatan tercela, lawan dari sifat kikir ini adalah dermawan. Allah sanga suka dengan orang yang dermawan, dan tidak menyukai orang-orang yang kikir. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt Q.S. Ali Imran ayat 180 yang artinya :

180. Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. 
Dalam ayat tersebut Allah dengan tegas melarang kita untuk berbuat kikir, kata "Janganlah" yang menunjukan suatu larangan untuk berbuat sesuatu hal. Dan dalam ayat tersebut kita sebagai manusia dilarang untuk berbuat kikir.

Orang yang kikir beranggapan bahwa dengan kikir kekayaannya tidak berkurang, ketika di hari kiamat nanti orang yang kikir akan diberikan balasan dari Allah swt yaitu harta yang tidak diberikan kepada haknya (di kikirkan) akan dililitkan di leher orang yang kikir. Semoga saja kita bisa terhindar dari sifat kikir ini ya, Aamiin.

Selain tidak disukai oleh Allah, orang yang kikir juga tidak disukai oleh orang-orang disekitarnya. Orang kikir juga cenderung tidak suka menolong orang, bisa dikatakan sebagai orang yang egois dan tamak. Sehingga orang yang kikir akan dijauhi dan sulit mencari teman, karena berteman dengan orang yang kikil dan bakhil itu tidak ada untungnya.

Orang yang kikir tidak akan pernah merasa puas dan biasanya pula meraka tidak pernah bersyukur. Mereka menganggap bahwa hasil yang telah dimilikinya adalah hasil jerih payahnya, dan tidak menganggap bahwa itu semua adalah pemberian Allah swt. Sehingga mereka akan menyimpannya, dan enggan bersedekah sebagai wujud rasa syukur.

Jangan pelit. Budayakan sedekah!

Dalam ayat yang lain, Allah swt berfirman dalam kitab sucinya yang intinya menyatakan bahwa orang yang dermawan dan tidak kikir adalah orang-orang yang beruntung. Beruntung itu sama dengan bejo, "wong pinter kalah karo wong bejo", BETUL? Ini ayatnya :

“Dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung,” (QS. Al-Hasyr: 9)

Dalam hadits nabi Rasulullah saw bersabda yang artinya :

“Jauhilah oleh kalian sifat kikir, karena sifat itulah yang membinasakan orang-orang sebelum kalian. Sifat kikir menyuruh mereka berlaku zhalim, maka merekapun berlaku zhalim. Kikir menyuruh mereka memutus kekerabatan, merekapun memutusnya,” (HR. Abu Dawud).
Maka dari itu, marilah kita jauhi sifat kikir itu, apabila pernah melakukannya atau malah sering melakukannya sebaiknya segera bertaubat dan merubah tingkal laku kita. Selagi Allah swt masih memberikan kesempatan kepada kita untuk memperbaiki diri, tidak ada ruginya apabila kita menjauh dari perbuatan kikir tersebut dan membudayakan perilaku dermawan. InsyaAllah kita akan merasakan kebahagiaan yang tak terkira di dunia maupun di akhirat. "Bahagia adalah ketika melihat orang disekeliling kita berbahagia".

0 Response to "Ingin Bahagia? Jangan jadi orang pelit atau kikir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel