Pengertian Komunikasi dan Komponen-komponennya

Pengertian Komunikasi dan Proses Komunikasi - Komunikasi itu apa sih? Iyaaaaa itu lhoo komunikasi, susah njelasinnya. Kita terkadang gitu, tahu dan paham yang dimaksud dengan komunikasi tapi kalau untuk merumuskan dengan kata-kata sulitnya melebihi rumus matematika. Nah, untuk bisa merumuskan dalam kata-kata tentang pengertian komunikasi maka harus paham terlebih dahulu tentang konsep dasar dari pengertian komunikasi.

Rumusan pengertian komunikasi ini sebenarnya membantu dalam memahami apa itu komunikasi. Mempelajari komunikasi apa pentingnya? Heehh, dari bayi kita sudah mempelajari komunikasi, ibu kita mengajarkan bagaimana caranya berkomunikasi, dalam tingkat lanjut kita perlu memperhatikan beberapa hal yang terkait dengan komunikasi agar komunikasi yang kita lakukan dapat baik dan efisien sesuai dengan tujuan sebelumnya. Belum lagi kita perlu menganalisa respon apa yang sekiranya akan dilakukan oleh lawan komunikasi.

Ehhh, ternyata komunikasi ngga semudah yang kita bayangkan yaa? Iyaaa lah, nah kita bisa memulainya dengan mempelajari konsep-konsep dasar komunikasi. Konsep dasar ini terbagi menjadi komponen-komponen komunikasi dan unsur-unsur komunikasi. Artikel selanjutnya kita bahas lebih dalam tentang kedua sub tema tersebut. 

Pengertian Komunikasi

Menurut Everette M. Roger (dalam Mulyana,2005a: 62) menyatakan bahwa definisi komunikasi adalah proses di mana satu ide dialihkan dari sumber komunika ke seorang penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka:"

Dari definisi tersebut sebenarnya sudah menggambarkan tentang tujuan dan proses suatu komunikasi. Nah pengertian komunikasi secara umum dapat kita rumuskan bersama, bahwa komunikasi adalah :
Proses pertukaran pesan di antara manusia untuk mencapai saling pengertian berkomunikasi. Peyampaian atau pertukaran pesan dapat dilakukan dengan pesan verbal (kata-kata) maupun dengan cara nono verbal (di luar kata-kata seperti bahasa tubuh, mimik wajah, intonasi, gambar, simbol, sandi dll). Kemudian komunikasi juga bisa dilakukan secara langsung (tatap muka) atau melalui perantara media lain seperti telepon, hp, sosmed dll.

Pengertian Komunikasi dan Komponen-komponennya
Pengertian Komunikasi dan Komponen-komponennya

Komponen-komponen komunikasi merupakan bagian dari suatu proses komunikasi, apa saja sih komponen-komponen komunikasi? 


  1. Komunikator, adalah orang yang menyampaikan pesan, di dalamnya mencakup faktor-faktor seperti keterampilan komunikasi, sikap, pengetahuan dan sistem sosial serta pengaruh kultural, sosiokultural dan psikokultural.
  2. Pesan, yang disusun dengan elemen, isi, struktur tertentu yang merupakan hasil transformasi dari pikiran/gagasan/perasaan dalam proses encoding yang dilakukan komunikator yang kemudian di-decode oleh komunikan
  3. Media atau saluran komunikasi adalah sesuatu yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan yang diserap melalui pancaindra. 
  4. Komunikan, adalah orang yang menerima pesan, di dalamnya juga terdapat faktor-faktor seperti yang ada pada komunikator.
  5. Efek, adalah akibat dari kegiatan komunikasi yang biasanya dirumuskan sebagai perubahan atau peneguhan sikap, pendapat dan perilaku. Efek pun adakalanya juga disebut sebagai tujuan komunikasi atau untuk menunjukkan keberhasilan komunikasi.
  6. Umpan-balik, merupakan respons komunikasi selama proses komunikasi berlangsung yang bisa mengubah pesan komunikasi, media komunikasi atau komunikator.
  7. Gangguan komunikasi, gangguan yang dapat membuat komunikasi tidak efektif. 
  8. Lingkungan, salah satu yang mempengaruhi proses komunikasi manusia karena proses komunikasi tidak berlangsung di ruang hampa.
Demikian artikel tentang pengertian komunikasi dan komponen-komponennya, semoga bermafaat dan terimakasih.

0 Response to "Pengertian Komunikasi dan Komponen-komponennya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel