Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) dan Alat Bauran Promosi

Diposting pada 4,844 views

Komunikasi pemasaran (marketing communication) memiliki peran yang sangat penting bagi para pemasar (marketer), bagi perusahaan komunikasi pemasaran merupakan ujung tombak untuk mempublikasikan produk ke pasar, intinya komunikasi pemasaran berguna untuk mengingatkan, menginformasikan dan membujuk konsumen untuk menggunakan produk yang dijualnya. Lalu kalau integrated marketing communication (IMC) apa dong?

Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu

IMC atau komunikasi pemasaran terpadu adalah proses pengembangan dan implementasi dari berbagai bentuk program komunikasi persuasif kepada konsumen dan calon konsumen secara berkelanjutan (Menurut Terence A. Shimp (2003:24)). 

Bisa dikatakan bahwa komunikasi pemasaran terpadu adalah strategi yang dilakukan suatu perusahaan (entitas) dengan menggabungkan dan mengkoordinasikan masing-masing saluran komunikasinya seperti iklan, penjualan personal, promosi penjualan dll untuk mencapai tujuan pemasaran.  

Baca lebih lanjut tentang : Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication)  

Kemudia Kotler & Amstrong mengatakan bahwa IMC (Integrated Marketing Communication) pada suatu perusahaan dapat terdiri dari berbagai paduan antara lain :

1. Pemasangan iklan (Aderising)

2. Penjualan personal

3. Promosi penjualan

4. Hubungan masyarakat

5. Pemasaran langsung

Alat Bauran Promosi

 Kelima alat bauran promosi tersebut digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran yang hendak dicapai. Lalu definisi dari pemasangan iklan apa? definisi dari penjualan personal apa? Selengkapnya bisa dilihat dibawah ini :  

a. Periklanan (Adertising)

Adalah salah satu cara yang biasa digunakan oleh pemasar memperkenalkan produk kepada konsumen, dapat berupa presentansi atau promosi non personal dalam bentuk gagasan, barang, ataupun jasa.

Contoh : iklan media cetak seperti koran, surat kabar, majalah. Iklan media elektronik seperti televisi, radio, internet dll. Bentuk lain seperti brosur, bukler, poster, pamflet, billboard, dll.  

b. Promosi penjualan (Sales Promotion)

Sales promotion atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan promosi penjualan merupakan suatu insentif (penambahan nilai) jangka pendek yang dilakukan oleh suatu pemasar dan diberikan kepada  konsumen dengan tujuan untuk mendorong pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa.

Contoh promosi penjualan antara lain: kupon, hadiah, diskon, produk sample, games dll. Ini bisa kita temukan di supermarket atau minimarket seperti alfamart, indomart, dan lain sebagainya.  

c. Hubungan masyarakat dan publisitas (Public Relations & Publicity)

Pengertian hubungan masyarakat merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun hubungan yang baik dengan publlik.

Tujuannya untuk memperoleh dukungan, membangun citra perusahan yang baik, menangani atau mengklariikasi isu, cerita dan peristiwa yang merugikan. Hubungan masyarakat juga digunakan untuk memperbaiki nama baik, misal saja kasus pada ajinomoto, yang dulunya sempat beredar adanya kandungan babi dalam produk ajinomoto.

Tetapi kemudian ajinomoto memperbaiki namanya dengan menarik semua produk yang dipasar,  mengganti semua alat dan mesin dan berjanji tidak menjual produknya di Indonesia. Kemudian juga melakukan berbagai sosialisasi di masyarakat.  

Kemudian publisitas adalah stimulasi nonpersonal terhadap permintaan barang, jasa, ide, dan sebagainya dengan berita komersial yang berarti dalam media massa, hampir sama publisitas digunakan untuk melindungi citra perusahaan atau produknya. Contoh : Seminar, sponsorship, majalan perusahaan, events, lobbying dll.  

d. Personal Selling (Penjualan personal) 

Personal selling merupakan suatu interaksi (hubungan) secara langsung dengan satu calon pembeli atau lebih untuk melakukan presentasi dalam rangka mensukseskan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.

Contoh: Presentasi penjualan, pameran dagang, dan program insentif.  

e. Pemasaran langsung (Direct Marketing)

Hampir sama dengan personal selling, tapi direct marketing berguna untuk memproleh tanggapan secara langsung. Jadi direct marketing adalah komunikasi langsung dengan sejumlah konsumen sasaran untuk memperoleh tanggapan langsung.

Contoh: Katalog, surat, telemarketing, fax mail, internet, dan lain-lain.

Baca juga : Pengertian merek menurut para ahli  

IMC memadukan dari kelima alat bauran promosi diatas secara terpadu, terpadu memiliki arti bersatu. Bersatu secara jelas, efektif dan efisien. Terimakasih sudah membaca artikel yang berjudul Pengertian Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication). Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.