Contoh-contoh Mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Diposting pada 2,867 views

Contoh-contoh Mobil SUV (Sport Utility Vehicle) – Mungkin dulu kita kenal jenis-jenis mobil ada sedan, pick up, minibus, jeep dan lain sebagainya. Namun, beberapa tahun belakangan ini produsen-produsen mobil mulai menyebutnya dengan istilah-istilah dalam bahasa Inggris seperti Multi Purpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV), ada juga LCGC yang merupakan kepanjangan dari Low Cost Green Car.  

SUV atau sport utility vehicle merupakan salah satu jenis kendaraan yang umumnya didesign untuk melewati jalan-jalan yang sulit (semua medan) dan dapat digunakan untuk olahraga seperti off road. Mulanya SUV memiliki di desain dengan struktur body on frame yang memiliki arti body mobil di atas rangka.  

Tetapi kemudian produsen mobil tidak hanya mendesign mobil SUV untuk keperluan olahraga saja, mereka juga mendesign mobil SUV agar tetap nyaman dipakai di jalan-jalan kota. Jadi selain tangguh untuk melewati jalan-jalan berat dan sulit, juga sangat nyaman digunakan di jalan-jalan kota.

Mobil SUV ini tidak mengutamakan kenyamanan penumpang seperti pada mobil-mobil MPV. Mobil SUV ini mengedepankan kuat (tenaga yang besar) dan bisa menjelajah di segala medan. Para produsen mobil SUV biasa membuat mobil ini dengan 4 penggerak roda (Four Wheel Drive) agar memudahkan melewati jalan-jalan yang sulit dilalui  

Contoh-contoh Mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Berikut ini adalah beberapa contoh mobil Suv :

  1. Toyota Fortuner
  2. Mitsubishi Pajero Sport
  3. Nissan X-Trail
  4. Toyota Land Cruiser
  5. Honda HRV
  6. Honda CRV
  7. Jeep Wrangler
  8. Mitsubishi Outlander
  9. Nissan Juke
  10. Suzuki Viitara
  11. Toyota Rush

Mungkin itu adalah 12 contoh mobil suv yang mudah kita jumpai di Indonesia. Dan masih banyak lagi contoh-contoh mobil SUV yang diproduksi.

Sebagai pengetahuan saja, mobil SUV mulai populer di akhir tahun 90 dan awal tahun 2000 an. Sempat beberapa tahun penjualan SUV ini mengalami penurunan karena konsumen banyak yang beralih ke mobil-mobil MPV yang lebih murah dan irit bahan bakar. Namun beberapa tahun terakhir penjualan SUV meningkat lagi.    

Gambar Gravatar
Berprofesi sebagai CEO Bengkel Mobil Idaman Motor. Pernah bekerja sebagai Mekanik di Mitsubishi Motor dan Suzuki Motor.