Pengertian Teori X dan Y Mc Gregor untuk Memotivasi Karyawan

Diposting pada 5,040 views

Teori Motivasi X dan Y Mc Gregor – Memotivasi Karyawan. Setelah membahas mengenai teori motivasi kebutuhan hierarki menurut Abraham Maslow, sekarang saatnya kita membahas ke teori memotivasi karyawan yang selanjutnya. Yaitu teori X dan Y yang dikemukakan oleh Douglas McGregor.  

Douglas McGregor menjadi terkenal setelah mengemukakan dua asumsi tentang dua sifat manusia, yaitu teori x dan y. Lalu, apa pengertian dari kedua teori ini? Berikut adalah penjelasan singkatnya :  

a. Pengertian Teori X

Definisi dari teori x adalah suatu pandangan negatif orang-orang yang mengasumsikan bahwa para karyawan memiliki sifat-sifat yang jelek (negatif) seperti karyawan tidak menyukai pekerjaan, malas, menghindari tanggung jawab, dan perlu dikendalikan agar dapat bekerja.  

b. Pengertian Teori Y

Definisi dari teori ini adalah suatu pandangan positif yang memiliki asumsi bahwa para karyawan memiliki sifat-sifat baik seperti kreatif, menikmati pekerjaannya, bertanggung jawab, rajin, ulet, percaya diri, dan berlatih mengarahkan diri.  

Berdasarkan ke dua teori tersebut, tentunya teori Y adalah teori yang sangat baik apabila dimiliki oleh para karyawan. Sayangnya, tidak semua orang memiliki sifat yang demikian, pasti ada saja satu atau beberapa karyawan yang memiliki sifat-sifat seperti pada teori X.  

Seorang manajer harus pandai dalam menilai karyawannya, seseorang yang memiliki teori Y harus dipertahankan agar memiliki sifat-sifat yang baik tersebut, bahkan kalau bisa ditingkatkan.

Sementara untuk karyawan yang cenderung memiliki sifat-sifat seperti yang ada pada teori X maka harus diberikan motivasi agar dirinya berubah, dan menjadi karyawan yang lebih baik lagi, lebih rajin, bertanggung jawab, percaya diri, tidak malas dan lain sebagainya.    

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.