Alasan Mengapa Pada Orde Baru Peranan Militer (TNI/ABRI) Sangat Dominan

Diposting pada 6,273 views

Alasan Mengapa Pada Orde Baru Peranan Militer (TNI/ABRI) Sangat Dominan – Pemerintah orde baru dimulai dari tahun 1966 sampai dengan 1998, dengan kata lain orde baru adalah masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Pada masa orde baru perannan militer dalam pemerintahan di Indonesia sangat dominan, lantas apakah yang menyebabkan militer sangat dominan dalam pemerintahan pada zaman pak Harto tersebut.

Mengapa Pada Orde Baru Peranan Militer (TNI/ABRI) Sangat Dominan?

Berikut adalah ketiga penyebabnya :  

 1. TNI/ABRI merupakan stabilisator pemerintahan

Penyebab pertama adalah fungsi TNI/ABRI pada saat itu salah satunya adalah sebagai stabilisator pemerintahan. Salah satu buktinya adalah dalam setiap bidang pemerintahan militer mempunyai peran yang banyak sekaligus penting di masyarakat.

Rakyat yang menentang atau tidak sependapat pemerintahan akan berhadapat militer dan akan dicap sebagai pemberontak atau di cap sebagai komuis dan anti kemapanan.  

2. TNI/ABRI berperan sebagai dinamisator pembangunan 

Pada masa orde baru banyak anggota dan purnawirawan ABRI memegang jabatan publik dan politik. 

3. ABRI sebagai kekuatan politik utama Soekarno

Penyebab ketiga adalah karena Presiden Soekarno menjadikan ABRI sebagai kekuatan politik yang utama. Hal ini terbukti dalam bidang legislatif terdapat fraksi TNI/POLRI. 

Selain itu juga dalam parpol GOLKAR juga terdapat anggota yang berasal dari Purnawiran ABRI tangan kanan dari Presiden Soekarno.  

Karena peran militer pada masa orde baru ini sangat kuat, maka pada masa orde baru juga dikenal sebagai masa Dwifungsi ABRI. Artinya ABRI memiliki fungsi ganda yaitu sebagai kekuatan hamkam dan kekuatan sosial politik. Bahkan ABRI lebih dominan mengarah ke kekuatan sosial politik pada masa itu.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.