Ciri – ciri Ketenagakerjaan di Indonesia

Diposting pada 4,556 views

Ciri ciri Ketenagakerjaan di Indonesia

Ketenagakerjaan di Indonesia memiliki beberapa ciri sebagai berikut :

1. Angka ketergantungan (Dependency Ratio = DR) tinggi

Angka ketergantungan di Indonesia sangat tinggi, dan ini akan membuat semakin buruk tingkat beban yang harus ditanggung setiap penduduk produktif.

Angka ketergantungan ini disebut juga dengan Dependency Ratio, bisa dikatakan ketergantungan seseorang yang tidak bekerja terhadap seseorang lainnya yang bekerja. Dependency Ratio memiliki rumus :   DR = Penduduk Luar Usia Kerja (PDUK) : Penduduk usia kerja (PUK)  

2. Tenaga kerja terdidik (profesional) dan tenaga kerja terlatih (skilled labour) jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan tenaga yang tidak terlatih. 

Hal ini akan mempersempit pasaran kerja di Indonesia, maksudnya tenaga kerja dari Indonesia agak sulit bekerja di luar negeri, dan mungkin banyak perusahaan Indonesia yang memperkerjakan tenaga dari asing. Hal ini akan membuat tingkat pengangguran di Indonesia menjadi meningkat.  

3. Jumlah penduduk di Indonesia sangat banyak dan pengangguran banyak.

Populasi penduduk di Indonesia bisa dikatakan cukup padat, terutama di kota besar atau provinsi seperti Jakarta, Jawa Tengah dan lain sebagainya. Dengan jumlah yang besar ini, masalahnya tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang memadai. Akibatnya banyak masyarakat yang tidak bekerja (menganggur).  

4. Persebaran penduduk di Indonesia tidak merata dengan baik

Hal ini dapat terlihat dari kepadatan populasi di pulau jawa, jumlah penduduk terbesar di Indonesia berada di Pula Jawa.   

5. Kualitas kerja rendah

Banyak tenaga kerja di Indonesia yang belum profesional dalam bekerja. Terlebih lagi tingkat pendidikan juga masih rendah, bahkan banyak anak-anak yang putus sekolah atau tidak pernah merasakan sekolah. Padahal sekolah adalah modal awal membentuk tenaga kerja yang profesional dan terlatih.

Masalah-masalah Ketenagakerjaan di Indonesia

Selain memiliki beberapa ciri di atas, Indonesia juga memiliki beberapa permasalahan yang menjadi PR bagi pemerintah untuk segera di atasi, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kualitas tenaga kerja rendah
  • Pengangguran
  • Pendidikan rendah
  • Jumlah Angkatan Kerja yang tidak Sebanding dengan Kesempatan Kerja
  • Persebaran Tenaga Kerja yang tidak Merata
  • Produktivitas rendah
  • Upah rendah

Kalau ingin mengetahui lebih banyak lagi, dapat membaca artikel tentang : Masalah-masalah ketenagakerjaan di Indonesia.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.