menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja

Menerapkan Kepedulian Terhadap Mutu Hasil Kerja

Diposting pada 13,345 views

Menerapkan Kepedulian Terhadap Mutu Hasil Kerja – Masih dalam materi yang sama yaitu tentang penereapan komitmen tinggi seorang wirausaha. Yaitu tentang penerapan kepedulian terhadap mutu hasil kerja. Baca artikel sebelumnya, menerapkan perilaku tepat janji, dan menerapkan perilaku tepat waktu.  

Mutu atau kualitas dari hasil kerja sangat perlu diperhatikan karena mutu hasil kerja berkaitan erat dengan keputusan konsumen, apakah akan membeli atau tidak.

Jika mutunya baik maka dapat dipastikan konsumen akan kembali lagi untuk membeli barang ke kita, tetapi sebaliknya bila mutunya buruk mungkin hanya satu kali saja konsumen membeli barang dari kita. Mutu hasil kerja harus menunjukan ukuran, tahan lamanya dan dapat dipercaya oleh konsumen.

Kualitas produk yang tinggi biasanya diikuti dengan harga yang tinggi pula, sehingga dapat memberikan keuntungan yang besar bagi peruahaan.  

Setiap perusahaan pasti akan mengembangkan produksinya, dengan adanya kepedulian terhadap mutu hasil kerja maka produk yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan akan membawa perusahaan kearah kemajuan yang sangat menguntungkan.

Untuk bisa menjami kualitas dari hasil kerja dari suatu perusahaan, perlu dilakukan pengawasan dan pengujian. Pengawasan dapat dilakukan dengan membandingkan kualitas produk, degan standar produk melalui pengetesan dilaboratorium perusahaan.  

Kepedulian terhadap mutu hasil kerja harus tertanam pada semua warga perusahaan, sehingga setia perilaku selalu dilandari oleh profesionalisme. Kepedulia terhadap mutu hasil kerja memiliki elemen-elemen sebagai berikut :

  1. Informasi mutu/kualitas harus digunakan  untuk perbaikan, bukan untuk mengawasi orang
  2. Imbal jasa harus sesuai dengan nilai pekerjaan
  3. Warga perusahaan harus mempunyai rasa memiliki perusahaan
  4. Kewenangan perusahaan harus sebatas tanggung jawab
  5. Kolaborasi sinergi, bukan kompetisi, harus berbasis kerjasama
  6. Warga perusahaan harus merasa aman dan senang terhadap pekerjaannya
  7. Rasa keadilan harus ditanamkan

Sedapat mungkin seorang wirausaha dalam penampilannya harus memberikan contoh yang baik yang membawa pengaruh positif di masyarakat. Di dalam penampiannya wirausaha diharapkan :

  1. Bermoral atau berakhlak baik dan jujur
  2. Melaksanakan tatakrama yang baik
  3. Melaksanakan sopan santun
  4. Memberi teladan yang baik
  5. Tolong menolong dimasyarakat
  6. Tenggang rasa dengan sesama
  7. Melaksanakan dan mematuhi norma-norma yang berlaku didalam masyarakat
  8. Saling menghormati antar sesama
  9. Berbicara dan berbusana yang baik dan sopan

Jika difokuskkan pada mutu produknya seorang wirausaha harus dapat menampilkan hasilnya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen. Desain produk merupakan penampilan yang nampak dalam bentuk garis, bentuk dan juga warna.

Ketiga unsur penampilan yang nampak dalam dibuat sedemikian rupa sehingga diperoleh keindahan, kesesuaian, serta keserasian pada penampilan produk, penampilan produk yang baik ini diharapkan dan dihadapkan pada tiga pilihan, yaitu :

  1. Produk dan pelayanannya dapat ditempatkan pada salah satu pasaran
  2. Produk dan pelayanannya dapat ditampilkan lebih banyak jenisnya untuk merebut banyak pasaran
  3. Produk dan pelayanannya dapat ditempatkan ditengah-tengah pasaran

Tujuan peruahaan menampilkan produk yang baik :

  • Menciptakan produk yang sesuai dengan selera konsumen
  • Menciptakan hasil produksi yang bermanfaat dan disenangi oleh konsumen
  • Menciptakan produk yang mudah pemeliharaanya

Penampilan seorang wirausaha yang dapat menciptakan suasana menyenangkan adalah …

  1. Rumah tamah dan sopan santun
  2. Mempunyai sikap perhatian dan bersahabat
Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.