karakteristik kewirausahaan

Karakteristik Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Diposting pada 44,063 views

Karakteristik Kewirausahaan Menurut Para Ahli – Sebelumnya sudah dibahas mengenai karakteristik wirausaha menurut bygrave, yang mana Bygrave juga merupakan salah satu dari ahli yang mengemukakan pendapatnya tentang karakteristik kewirausahaan.

Dalam postingan sebelumnya sudah saya jelaskan tentang pengertian karakteristik kewirausahaan, yang mana definisinya adalah ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh seorang wirausaha yang membedakannya dengan yang lainnya.

Dan di bawah ini adalah karakteristik kewirausahaan menurut para ahli.  

Karakteristik kewirausahaan menurut ByGrave

Menurut ByGrave karakteristik dibedakan menjadi 10 macam, sehingga karakteristik yang dikemukakan oleh seorang ahli yang bernama

Bygrave ini dikenal dengan istilah 10 d, yaitu dream, decisiveness, determination, dedication, devotion, details, destiny, distribute dan dollars.

Untuk mengetahui penjelasannya dapat menuju artikel saya yang sebelumnya yaitu : karakteristik wirausaha menurut bygrave.

Karakteristik Kewirausahaan menurut Fadel Muhammad

Fadel Muhammad mengemukakakan pendapatnya bahwa kewirausahaan memiliki beberapa karakteristik, menurutnya karakteristik kewirausahaan ada 7 (tujuh), apa saja ke tujuh karakteristik kewirausahaan menurut Fadel Muhammad berikut ini ke tujuh karakteristiknya :

  1. Kepemimpinan
  2. Inovasi
  3. Cara pengambilan keputusan
  4. Sikap tanggung jawab terhadap perubahan
  5. Bekerja ekonomis dan efisien
  6. Visi masa depan
  7. Sikap terhadap risiko

Karakteristik kewirausahaan menurut Drs. Wasty Soemanto M. Pd

Berbeda dengan karakteristik kewirausahaan menurut ByGrave dan Fadel Muhammad, menurut Drs Wasty Soemanto M. Pd. ciri-ciri atau karakteristik seorang wirausaha adalah memiliki kepribadian kuat dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki moral yang baik dan tinggi
  2. Mempunyai sikap mental seorang wiraswasta
  3. Peka terhadap yang terjadi di lingkungannya
  4. Memiliki keterampilan dalam berwirausaha

Karakteristik kewirausahaan menurut Mc. Celand

Karakteristik kewirausahaan yang selanjutnya dikemukakan oleh Mc Celand, menurutnya karakteristik seorang wirausaha ada 9 buah, antara lain sebagai berikut :

  1. Mempunyai keinginan yang kuat untuk berperstasi
  2. Bertanggung jawab
  3. Prefensi atau peduli terhadap risiko-risiko menengah
  4. Persepsi atau keinginan kepada kemungkinan hasil
  5. Rangsangan oleh umpan bai
  6. Aktivitas energik
  7. Orientasi ke masa depan
  8. Keterampilan dalam pengorganisasian
  9. Sikap tentang uang

Demikian saja artikel yang berjudul karakteristik kewirausahaan menurut para ahli seperti ByGrave, Fadel Muhammad, Drs. Wasty Soemanto, M. Pd dan Mc. Celland.

Materi Kewirausahaan yang Lain :

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.