pengertian kewirausahaan dan wirausaha

Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha Menurut Para Ahli

Diposting pada 73,319 views

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli – Kewirausahaan berasal dari kata “wirausaha”, diberi awalah ke dan akhiran an. Wirausaha sendiri terdiri dari kata “wira” yang mempunyai arti perwira atau pahlawan, sedangkan “usaha” mempunyai arti daya atau upaya.

Jadi definisi dari kewirausahaan adalah suatu hal yang berhubungan dengan keberanian seseorang untuk melakukan kegiatan yang bersifat bisnis atau yang bukan bisnis (non bisnis secara mandiri.  

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

1. Zimmerer (Tahun 1996)

Menurut Zimmerer definisi dari kewirausahaan adalah proses penerapan kreativitas & emosi dalam memecahkan suatu pemasalahan atau persoalan dan menemukan suatu peluang untuk memperbaiki kehidupan.  

2. Savary

Definisi kewirausahaan menurut pendapat Savary adalah, asal kata kewirausahaan adalah Entrepreneur, seperti yang terdapat dalam bukunya yang berjudul “kamus dagang”.

Definisi dari entrepreneur adalah orang yang membeli suatu barang dengan harga pasti meskipun orang itu beum mengetahui berapa guna ekonomisnya akan dijual.  

3. Robin (tahun 1997)

Menurut Robin definisi dari kewirausahaan adalah suatu proses yang dilalui oleh seseorang yang bertujuan untuk mengejar peluang/kesempatan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui suatu inovasi, tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka atur.  

4. A. Pekerti (tahun 1999)

Definisi kewirausahaan menurut A. Pekerti adalah kemampuan seseorang dalam mendirikan, mengatur, mengembangkan dan melembagakan perusahaan yang dimilikinya.  

5. Inpres No 4/1995 tentang GNMMK (Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan)

Definisi dari kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upay : mencari, menciptkan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberi palayanan yang lebih baik dan keuntungan yang lebih besar.    

Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

1. Menurut Pandangan para Ekonom

Definisi dari wirausaha berdasarkan pandangan dari para ekonom adalah seseorang atau sekelompok orang yang mengorganisir faktor-faktor produksi, seperti alam, tenaga kerja, modal dan keahlian atau skill.  

Pengertian wirausaha menurut pandangan para psikolog Berdasarkan pandangan para psikolog definisi dari wirausaha adalah seseorang yang mempunyai motif (dorongan) kekautan yang berasal dari dalam diri untuk mencapai suatu tujuan, suka mengadakan percobaan (eksperiman) untuk menampilkan kebebeasan dirinya diluar kekuasaan orang lain.  

2. Menurut Para Pemodal

Para pemodal mempunyai pandangan bahwa wirausaha adalah seseorang yang telah menciptakan kesejahteraan untuk orang lain dengan menemukan cara-cara baru untuk menggunakan berbagai sumber, mengurangi pemborosan dan membukan lapangan-lapangan pekerjaan bagi masyarakat untuk mengurangi pengangguran.  

3. Menurut Pandangan para Businessman

Definisi kewirausahaan dari para pebisnis adalah suatu ancaman pemasok, konsumer atau seseorang yang bisa diajak untuk bekerja bersama (kerjasama).  

4. Gede Prama (tahun 1996)

Definisi dari wirausaha menurut gede prama adalah seseorang yang memiliki keberanian dalam memaksi diri sendiri untuk menjadi pelayan bagi orang lain.  

5. J.A. Schiunpeter

Definisi wirausaha menurut pandangan atau pendapat J.A. Schiunpeter adalah seorang inovator sebagai individu yang memiliki naluri untuk melihat materi sedemikian rupa dan kemudia terbukti benar mempunyai semangan, kemampuan dan pikiran untuk menaklukkan cara berpikir lamban dan malas.  

6. Pengertian Kewirausahaan Secara umum

Definisi wirausaha berdasarkan kesimpulan pendapat para ahli (secara umum), adalah seseorang yang memiliki kemampuan/keahlian melihat dan menilai suatu peluang atau kesempatan bisnis, mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan dengan fungsi atau tujuan untuk mendapatkan laba (keuntungan) dan tindakan yang tepat dalam memastikan kesuksesan.  

Nah, demikian saja artikel yang berjudul pengertian kewirausahaan dan wirausaha menurut para ahli, dan juga secara umum. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak sudah mampir di blog kita punya ini.  

Baca juga “Materi Kewirausahaan” yang lain berikut :

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.