pasar persaingan sempurna

Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh

Diposting pada 9,053 views

Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh – Pengertian pasar secara sempit diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi baik barang ataupun jasa. Akan tetapi ada pula pasar yang tidak mempertemukan antara penjual dan pembei, misal saja pasar saham.

Maka dari itu, pasar juga dapat diartikan secara luas, yakni suatu proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Dengan demikian, kita dapat merangkum kedua arti pasar tersebut menjadi pengertian pasar secara umum, adalah suatu tempat bertemunya permintaan dan penawaran, sehingga dapat menetapkan harga.  

Kalau sudah memahami tetang pengertian pasar, selanjutnya kita ke pembahasan utama kita pada pagi hari ini. Berikut adalah penjelasannya lengkap :

Baca juga : Macam-macam Pasar dan Contohnya

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dimana jumlah penjual dan pembeli (konsumen) sangat banyak dan produk atau barang yang ditawarkan atau dijual sejenis atau serupa.

Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar ini adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya.  

Ciri Cirinya

Bentuk pasar persaingan sempurna memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak.
  2. Barang atau produk yang diperjual belikan bersifat homogen, atau sejenis, serupa dan mirip antara satu sama lain.
  3. Penjual bersifat pengambil harga (price taker).
  4. Harga barang/produk yang dijual ditentukan oleh mekanisme pasar berupa permintaan dan penawaran (demand and supply).
  5. Posisi tawar dari pembeli kuat.
  6. Susah untuk mendapatkan keuntungan yang besar (di atas rata-rata).
  7. Sensitif terhadap perubahan harga barang/produk yang dijual.
  8. Mudah untuk keluar masuk dari pasar.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

Dalam kenyataan sehari-hari bentuk pasar yang benar-benar bersifat persaingan sempurna sangat sulit ditemukan, yang ada hanyalah kecenderungan mendekati ke bentuk persaingan sempurna.

Contoh konkret bentuk pasar yang paling mendekati adalah pasar barang-barang atau komoditii makanan pokok, seperti pasar berass.

Dalam pasar beras dapat dijelaskan hubungan antara penjual/produsen dengan pembeli atau konsumen dapat dikatakan mendekati ciri-ciri pasar ini yaitu sebagai berikut :  

  • Dalam pasar komoditi beras jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
  • Penjual dan pembeli secara perorangan tidak akan mampu mempengaruhi harga
  • Komoditi beras dapat dikatakan komoditi yang relatif homogen, kalaupun ada perbedaan rasa atau mutu akan berakibat adanya perbedaan harga.
  • Harga yang terbentuk pada pasar beras adalah hasil kekuatan tarik-menarik antara penawaran beras dan permintaan beras. Walaupun kenyataannya di Indonesia masih ada campur tangan pemerintah dalam stabilisasi harga beras, yaitu melalui peran Bulog (badan urusan logistik), namun peran Bulog inipun sudah semakin kecil. 

Adanya campur tangan pemerintah dalam pengendalian harga komoditas pertanian seperti beras sebenarna menjadikan pasar beras kurang tepat kalu disebut dengan persaingan sempurna, lebih tepatnya hanya mendekati saja.

Lihat juga :

  1. Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Pasar Oligopoli
  2. Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Pasar Monopoli
Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, HR, dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.