Ini Pengertian Hydroplanning

Kita Punya - Ini Pengertian Hydroplanning. Pada kesempatan ini kita punya tempat belajar ilmu otomotif akan share tentang pengertian hydroplanning. Hydroplanning adalah kurangnya daya cangkeraman roda terhadap permukaan jalan, dikarenakan terdapat genangan air. Ini terjadi terutama pada saat kecepatan tinggi, dan dikarenakan ban yang sudah aus. Selain itu juga disebapkan oleh tekanan ban yang tidak sesuai spesifikasi (terlalu rendah).

Hydroplanning sangat berbahaya karena bisa membuat mobil selip dan terbalik. Ada beberapa faktor yang dapat menyebapkan kejadian ini yaitu :

(Aman) Berbahaya
1). Kecepatan : (Rendah) Tinggi
2). Tekanan Angin : (Tinggi) Rendah
3). Alur Telapak Ban : (Ada alur) Gundul

Untuk itu apabila pada saat musim penghujan untuk mencegah terjadinya hydroplanning, selalu cek kondisi dari kendaraan terutama keausan ban dan tekanan ban. Untuk mengetahui keasuan ban, dapat melihat TWI. Lihat di : Indikator Keausan pada Ban (TWI).

Trea Wear Indkator
Trea Wear Indkator
Untuk melihat tekanan ban dapat dilihat secara visual, jika ingin lebih tepat dan yakin bisa menggunakan alat pengukur tekanan ban, atau tyre pressure gauge. Jika tidak punya bawa aja ke bengkel terdekat.

Agar hydroplanning tidak terjadi kecepatan kendaraan juga harus diperhatikan, jangan melewati genangan air dengan kecepatan tinggi (80 km lebih). Lebih baik pelan-pelan tetapi selamat dari pada cepat-cepat tetapi berbahaya.

Jangan lupa like fanspage kami di Facebook untuk mendapatkan informasi mengenai belajar otomotif. Tombol likenya ada di sidebar. Terimakasih.

4 Responses to "Ini Pengertian Hydroplanning"

  1. ilmu baru ini gan buat ane, ane baru ngerti ttg Hydroplanning, thanks bro info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sama sama gan, terimakasih kembali sudah datang di blog saya dan membaca artikel tentang hydroplanning..

      Delete
  2. wah Hydroplanning ternyata berbahaya juga untuk keselamatan yah mas, dengan adanya artikel ini saya jadi tahu mengenai Hydroplanning ini, makasih sharingnya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. Terimakasih juga sudah mampir.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel