Copy Paste Boleh Asalkan Sertakan Link Sumber

Memperbanyak konten adalah kegiatan sehari-hari seorang blogger, akan tetapi sebagai seorang manusia biasa terkadang merasa malas untuk menulis artikel yang original buatan sendiri, selain membutuhkan waktu yang lebih lama juga memerlukan kerja keras berfikir agar menghasilkan konten yang berkualitas. Sehingga bagi sebagian blogger lebih memilih untuk copy paste yang sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Jika membuat artikel buatan sendiri (original) biasanya saya membutuhkan waktu sekitar 45 menit, sedangkan jika membuat konten copas hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk satu artikel. Artikel copas memang lebih cepat dan mudah untuk dibuat, tetapi yang perlu diperhatikan adalah etika seorang blogger ketika melakukan copy paste artikel milik blogger lain. 

Salah satu etika seorang blogger yaitu menghargai suatu artikel yang telah susah payah ditulis. Banyak diantara blogger yang melupakan sesuatu yakni tidak menyertakan link sumber artikel yang telah dicopasnya, dengan tidak menyertakan link sumber ini sama saja dia tidak menghargai apa yang telah susah payah di tulis oleh blogger pemilik asli artikel tersebut.


Dengan mengcopy artikel tanpa menyertakan link sumber juga akan membuat blog yang dimiliki mendapatkan hukuman setelah pemilik asli artikel tersebut melaporkannya ke DMCA Google, hukumannya dapat berupa dicabut dari index google, dan paling parah blog tersebut akan dihapus.

Tentu saja link sumber tersebut merupakan link aktif, karena banyak yang saya temui blogger yang dengan sengaja mengcopy paste lalu menyertakan link sumber yang tidak aktif. Kalau sperti sama saja tidak ada gunanya.

Dengan menyertakan link sumber maka ketika itu terjadi hubungan yang saling menguntungkan, bagi yang mengcopy tentu mendapatkan kemudahan dalam posting diblog yang dia miliki, dan bagi pemilik artikel asli mendapatkan bantuan untuk membangun blognya lebih besar lagi.

Anda tidak perlu takut jika menyertakan link sumber pada artikel copy paste yang anda share akan membuat blog yang anda miliki rugi, justru jika anda tidak menyertakan link sumbernya-lah blog anda bisa rugi besar. Tidak sedikit dari mereka para blogger copas yang telah dihapus blog yang yang mereka miliki. Tentu anda tidak ingin seperti itu bukan? So, mulai dari sekarang jika mengcopy artikel milik tetangga pastikan di beri link sumber yang aktif sebagai bentuk penghargaan bagi pemilik asli artikel tersebut. ok.


Yuk Menulis !
Yuk Menulis !
Dari sekarang cobalan untuk berkarya apa adanya, bisa ngak bisa tetaplah percaya pada kemampuan yang anda miliki, tulislah apa yang anda bisa, sejelek apapun itu, diluar sana orang akan lebih menghargai jika itu milik sendiri daripada hanya pinjam milik orang lain. Ingatlah bahwa semua itu butuh proses dan dimulai dari hal-hal yang kecil. Anda tidak bisa langsung besar seperti sekarang, harus dimulai dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan seterusnya. Jangan takut salah dan teruslah mencoba.

Begitupun juga menjadi seorang penulis, walaupun hanya di blog gratisan tetapi mulailah menulis artikel asli buatan anda sendiri. Saya juga masih belajar dan terus belajar. Mungkin tulisan pertama saya tidak sebaik tulisan saya saat ini, bahkan mungkin lebih buruk dari artikel yang anda tulis. Jika menulis adalah untuk mencari kepuasan maka kepuasan itu akan datang ketika kita bisa menghasilkan karya tulis murni buatan sendiri. Bukankah masakan buatan sendiri itu lebih enak daripada buatan orang lain. So, mulailah berkarya dan menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain. Lalu bagaimanakan menurut anda??

5 Responses to "Copy Paste Boleh Asalkan Sertakan Link Sumber"

  1. padahal dengan menyertakan link asal itu malah bisa membangun SEO ya gan, ada semacam hubungan baik dengan blog lain sehingga bisa meningkatkan mutu blog kt juga, makasih shringnya mas,salam kenal ya

    ReplyDelete
  2. makasih bro, berarti sebaiknya harus menyertakan link aktif sumber.

    ReplyDelete
  3. kalo artikelnya copas terus diedit gan termasuk link downloadnya,,, apakah kita masih semestinya menyertakan link sumber gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik dikasih link sumbernya,, kalau di edit sampai 60 % tidak sama, tidak masalah tidak dikasih link sumber.

      Delete
  4. dengan menyertakan link sumber dari artikel, setidaknya kita menghargai jeri payah admin blog itu sendiri ya mas

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel