Fungsi Sistem Kemudi dan Syaratnya

Diposting pada 19,534 views

FUNGSI SISTEM KEMUDI Fungsi sistem kemudi adalah untuk mengatur arah kendaraan dengan cara membelokkan roda depan dan/roda belakang. Cara kerjanya bila steering wheel (roda kemudi) diputar, steering coulomn (batang kemudi) akan meneruskan tenaga putarnya ke steering gear (roda gigi kemudi). Dan dari steering gear akan diteruskan ke steering ingkage kemudian ke roda-roda.  

Steering gear memperbesar tenaga putar ini sehingga dihasilkan momen puntir yang lebih besar untuk diteruskan ke steering lingkage. Steering lingkage akan meneruskan gerakan steering gear ke roda-roda depan.  

Jenis sistem kemudi pada kendaraan menengah sampai besar yang banyak digunakan adalah model recirculating ball dan pada kendaraan ringan yang banyak digunakan adalah model rack dan pinion.  

Baca juga : Pengertian Power Steering Pada Sistem Kemudi

SYARAT – SYARAT SISTEM KEMUDI

Agar sistem kemudi sesuai dengan fungsinya maka harus memenuhi persyaratan seperti berikut : a) Kelincahannya baik. b) Usaha pengemudian yang baik. c) Recovery ( pengembalian ) yang halus. d) Pemindahan kejutan dari permukaan jalan harus seminimal mungkin.  

Baca lebih lengkap di : Sistem Kemudi (Steering System) Pada Mobil

Gambar Gravatar
Berprofesi sebagai CEO Bengkel Mobil Idaman Motor. Pernah bekerja sebagai Mekanik di Mitsubishi Motor dan Suzuki Motor.