Cara Kerja Kondensor beserta Fungsinya

Diposting pada 22,014 views

Cara Kerja Kondensor Beserta Fungsinya – Kondensor adalah salah satu bagian komponen sistem pengapian yang berfungsi menyerap loncatan bungan api yang terjadi antara breaker point (pada platina) pada saat membukan dengan tujuan untuk menaikkan tegangan pada coil skunder (kumparan sekunder) .

Cara Kerja Kondensor

Pada saat arus primer mengalir maka akan terjadi hambatan pada arus tersebut, hal ini disebabkan oleh induksi diri yang terjadi pada waktu arus mengalir pada kumparan primer.

Induksi diri tidak hanya terjadi pada waktu arus primer mengalir, akan tetapi juga pada waktu arus primer diputuskan oleh platina saat mulai membuka.

ignition coil
Kondensor / Capasitor

Pemutusan arus primer yang tiba-tiba pada waktu platina membuka, menyebabkan bangkitnya tegangan tinggi sekitar 500 V pada kumparan primer dan 10.000 volt atau lebih pada kumparan sekunder pada ignition coil.

Induksi diri tersebut, dapat menyebabkan arus primer tetap mengalir dalam bentuk bunga api pada breaker point. Hal ini terjadi karena gerakan pemutusan platina relatif lebih lambat dibandingkan dengan gerakan aliran listrik yang ingin terus melanjutkan alirannya ke massa/ground/body.

Jika terjadi loncatan bungai api pada platina saat platina mulai membuka, maka pemutusan arus primer tidak terjadi dengan cepat dan maximal, padahal tegangan yang dibangkitkan pada kumparan sekunder akan naik apabila pemutusan arus primer terjadi lebih cepat.

Untuk mencegah terjadinya loncatan bunga api pada platina, maka dipasang kondensor pada rangkaian pengapian. Pada umumnya kondensor dipasang (dirangkai) secara paralel dengan platina. 

Dengan adanya kondensor, maka induksi diri pada kumparan primer yang terjadi waktu platina membuka, disimpan sementara pada kondensor, sekaligus akan mempercepat pemutusan arus primer.

Kemampuan dari suatu kondensor ditunjukkan oleh seberapa besar kapasitasnya. Kapasitas kondensor diukur dengan satuan mikro farad (􀈝f), misalnya kapasitor dengan kapasitas 0,22 􀈝f atau 0,25 􀈝f.   

Agar fungsi kondensor bisa benar-benar mencegah terbakarnya platina karena adanya loncatan bunga api pada paltina tersebut, maka kapasitas kondensor harus sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. Baca : Pengertian dan Fungsi Baterai

Gambar Gravatar
Berprofesi sebagai CEO Bengkel Mobil Idaman Motor. Pernah bekerja sebagai Mekanik di Mitsubishi Motor dan Suzuki Motor.

1 komentar

Komentar ditutup.