Pengertian GAYA : Sifat-sifat dan Jenis-Jenisnya

Pengertian GAYA - Gaya adalah suatu kekuatan (Tarikan atau doronagan) yang mengakibatkan benda yang dikenainya mengalami perubahan posisi atau kedudukan (bergerak) dan atau berubah bentuk. Gaya juga dapat diartikan sebagai suatu tarikan atau dorongan yang dikerahkan sebuah benda terhadap benda lain. Misalnya pada kegiatan tarik tambang yang membuat pelakunya berpindah tempat. 

Gaya yang berupa tarikan atau dorongan tersebut mempunyai arah gaya. Tarikan mempunyai arah yang mendekati orang/hewan/benda yang menariknya. Sedangkan dorongan mempunyai arah yang menjauhi orang/hewan/benda yang mendorongnya. Selain mempunyai arah, gaya pun mempunyai nilai, maka gaya merupakan besaran vektor.

Gaya selaku besaran vektor digambarkan sebagai anak panah. Arah anak panah menggambarkan arah gaya, sedangkan panjang anak panah menggambarkan besar/kekuatan gaya. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :
arah gaya
arah gaya
  • Anak panah merah menunjukan gaya ke kanan dengan besar gaya F1
  • Anak panah warna hitam menunjukan gaya ke atas dengan besar gaya F2
  • Anak panah warna kuning menunjukan gaya ke bawah dengan besar gaya F3
  • DLL

Keterangan :
Gaya dapat menyebabkan sebuah benda berubah bentuk, berubah posisi, berubah kecepatan, berubah panjang atau volume, dan juga berubah arah. Besar kecilnya atau kuat lemahnya gaya yang harus kita keluarkan untuk suatu kegiatan, tergantung pada jenis kegiatannya. Sebuah gaya disimbolkan dengan huruf F singkatan dari Force. 

Newton (N) adalah Satuan Internasional dari Gaya. Disebut Newton karena merupakan penghormatan bagi seorang ilmuwan Fisika Inggris bernama Sir Isaac Newton (1642-1727).


Sifat-sifat Gaya

Jadi dapat kita simpulakan bahwa gaya mempunyai 3 sifat, yaitu :
1. Gaya dapat mengubah bentuk benda.
2. Gaya dapat mengubah arah gerak benda
3. Gaya dapat menyebabkan benda bergerak atau berpindah tempat.

Jenis jenis Gaya

Berdasarkan kontak antara benda yang mengerjakan gaya dengan benda yang dikenai gaya, gaya dibedakan menjadi gaya sentuh dan gaya tak sentuh :

1. Gaya sentuh
Pengertian gaya sentuh adalah gaya yang dikerjakan harus dilakukan dengan pesentuhan atau kontak lengsung antara benda yang mengerjakan gaya dengan benda yang dikenai gaya. Contoh gaya sentuh adalah :
  • Gaya otot adalah gaya yang yang ditimbulkan oleh otot manusia dan hewan 
  • Gaya pegas yaitu gaya pulih yang ditimbulkan oleh benda yang mengalami pemampatan atau perenggangan. Gaya pegas timbul karena adanya sifat elastik/sifat lenting pegas/karet gelang.
  • Gaya gesekan adalah gaya yang timbul karena gesekan antara permukaan dua benda atau lebih 
  • Gaya mesin adalah gaya yang ditimbulakan oleh pembakaran bahan bakar didalam mesin 
2. Gaya Tak sentuh
Pengertian gaya tak sentuh adalah gaya yang dikerjakan tanpa adanya persentuhan atau kotak langsung antara benda yang mengerjakan gaya dengan benda yang dikenai gaya. Contoh gaya tak sentuh adalah :
  • Gaya magnet adalah gaya tarik atau tolak yang ditimbulkan oleh benda yang besifat magnet. Contoh gaya magnet adalah, tertariknya paku ketika didekatkan dengan magnet. Gaya magnet dapat menarik benda-benda, yang terbuat dari besi dan baja.
  • Gaya gravitasi adalah gaya yang ditimbukan oleh benda untuk menarik benda lain ke arah pusat benda yang bersangkutan. Misalnya gaya grafitasi bumi menarik benda benda di atas permukaan bumi ke arah pusat bumi. 
  • Gaya listrik adalah gaya yang ditimbulakan oleh muatan muatan listrik atau arus listrik 
  • Gaya berat atau yang biasa disebut berat benda. Berat benda merupakan gaya gravitasi bumi yang bekerja pada benda tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian GAYA : Sifat-sifat dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel