tangki bahan bakar

Fungsi TANGKI BAHAN BAKAR

Diposting pada 9,305 views

Fungsi Tangki Bahan Bakar – Salah satu komponen vital dalam kendaraan adalah sistem bahan bakar, fungsi sistem ini adalah menjamin bahan bakar sampai ke ruang bakar, sehingga siklus pembakaran dapat terjadi.

Salah satu komponen sistem ini adalah yang akan kita bahas kali ini, yaitu fuel tank. Fuel tank juga disebut sebagai tangki bahan bakar, komponen ini pasti ada pada kendaraan bermotor berbahan bakar bensin maupun diesel, tapi untuk kendaraan listrik komponen ini tidak ada. Okee berikut ini adalah penjelasannya :

Fungsi Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank)

Tangki bahan bakar berfungsi untuk menampung bahan bakar yang diperlukan selama perjalanan. Bahan tangki bahan bakar antara lain plat, almunium, plastik.  Tangki sepeda motor sport terletak didepan jok, dibuat menarik karena selain sebagai tangki juga sebagai asessoris sehingga desain menyatu dengan bodi kendaraan.

Tangki sepeda motor cub diletakkan dibawah jok sehingga bentuk bukan pertimbangan utama. Kapasitas tangki tergantung
dari kapasitas mesin dan penggunaan sepeda motor. Misalkan: Sepeda motor Honda

Tiger dengan kapasitas mesin 200 CC, jenis motor sport dan turing mempunyai tangki dengan kapasitas  13 liter dengan cadangan 2,5 liter. Sementara itu sepeda motor Kawasaki Ninja dengan kapasitas
mesin 150 cc, jenis motor sport mempunyai tangki dengan kapasitas 10 liter, cadangan 2 liter.    

Pada tangki dilengkapi dengan tutup tangki. Fungsi tutup tangki antara lain:

  • Menutup lubang pemasukkan bensin ke dalam tangki.
  • Sebagai lubang pernapasan didalam tangki agar tangki tidak menjadi vacuum saat bensin berkurang 

Macam tutup tangki adalah:

  1. Brlather pipe type  yaitu tutup tangki dengan lubang pernapasan menggunakan pipa kecil, biasanya digunakan pada jenis motor cross
  2. Normal type yaitu tutup tangki yang paling banyak digunakan pada sepeda motor kapasitas kecil
  3. Check Valve type yaitu tutup tangki yang menggunakan check valve untuk mengontrol lubang pernapasan. Kelebihan tipe ini adalah saat sepeda motor roboh bensin tidak akan tumpah karena check ball akan membuka saluran pernapasan saat motor tegak, namun saat motor roboh maka check ball akan menutup lubang pernapasan sehingga bensin tidak tumpah.

baca juga : Fungsi saringan udara atau air filter 

Gambar Gravatar
Berprofesi sebagai CEO Bengkel Mobil Idaman Motor. Pernah bekerja sebagai Mekanik di Mitsubishi Motor dan Suzuki Motor.