4 Syarat Dasar Mesin Dapat Hidup / Bekerja

Syarat-Syarat Dasar Sebuah Engine Bekerja – Sebuah mesin atau engine akan dapat hidup dengan baik apabila memenuhi persyaratan tertentu, persyaratan yang akan saya share merupakan syarat utama yang harus dipenuhi agar mesin dapat bekerja. Yaitu sebagai berikut ini :  

1. Ada campuran udara dan bahan bakar yang masuk kedalam silinder

Campuran udara dan bahan bakar pada kendaraan yang belum menggunakan sistem EFI, masih menggunakan karburator untuk mencampur dan mengabutkan bahan bakar dan udara.

Setelah melalui karburator campuran tersebut kemudian masuk kedalam silinder malalui intake manifold. Tanpa adanya bahan bakar dan udara yang masuk kedalam silinder, maka mesin tidak akan hidup atau bekerja.


2. Adanya kompresi yang sesuai.

Agar campuran udara dan bahan bakar yang sudah dimasukkan ke cylinder tersebut bertekanan tinggi dan temperature tinggi maka perlu dikompresikan oleh poston. Campuran yang telah dikompresi ini akan lebih mudah terbakar dan menghasilkan usaha yang besar.

Jika kompresi lemah, maka tenaga yang dihasilkan pun juga lemah. Tetapi kompresi yang terlalu tinggi juga tidak baik untuk kendaraan. Untuk itu tekanan kompresi harus sesuai dengan kebutuhan.

3. Adanya pengapian

Pada campuran udara dan bensin yang sudah dikompresikan tersebut perlu adanya pengapian, agar terjadi pembakaran (ledakan) sehingga menimbulkan tenaga yang mendorong piston dari TDC ke BDC (langkah usaha). 

Pengapian berfungsi untuk menghasilkan loncatan bunga api yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar.

Kemudian pada mesin Diesel karena tidak ada spark plugi, maka harus ada penyemprotan (injection pump) pada udara yang telah dikompresikan, sehingga dalam cylinder akan terjadi ledakan dan menghasilkan tenaga yang mendorong piston dari TDC ke BDC (langkah usaha).


4. Adanya Saat Pengapian

Selain adanya pengapian yang picu oleh loncatan bunga api pada busi, juga diperlukan saat pengapian yang tepat. Saat pengapian merupakan saat dimana busi (spark plug) mulai memercikkan bunga api, sehingga campuran udara dan bahan bakar dapat terbakar dan menghasilkan langkah usaha. Tanpa adanya pengapian yang baik mesin juga tidak akan hidup dengan baik.

Apabila saat pengapian tidak tepat, maka mesin tidak dapat hidup dan menjalankan siklus kerjanya.

Belum ada Komentar untuk "4 Syarat Dasar Mesin Dapat Hidup / Bekerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel