15+ Pekerjaan Freelance di Indonesia

15+ Pekerjaan Freelance di Indonesia yang Bisa Dicoba

Diposting pada 518 views

15+ Pekerjaan Freelance di Indonesia – Dengan jam kerja yang fleksibel, banyak masyarakat mencari pekerjaan sampingan atau bahkan menjadi pekerjaan utama dengan sistem freelance yang tidak terikat ini. Lalu, apa itu pekerjaan freelance?

Bila diterjemahkan, freelance adalah pekerja lepas atau seorang pekerja yang tidak terpaku oleh waktu. Walau tidak terikat waktu, seorang freelancer tetap memiliki deadline tersendiri dalam menentukan tenggat pekerjaannya.

Hasil pekerjaan yang dikerjakan akan dikumpulkan tepat pada waktunya. Tentu dalam proses pengerjaanya, seorang yang bekerja sebagai freelance tidak perlu repot pergi ke kantor dan tidak memiliki jam kerja yang pasti.

Ingin tahu lebih jauh mengenai pekerjaan freelance di Indonesia? Melalui artikel ini team Kita Punya.net akan mengulas mengenai keuntungan, 15+ pekerjaan freelance di Indonesia, situs website freelance terpercaya dan tips menjadi freelance sukses agar pekerjaan freelance tidak mengganggu pekerjaan utama.

Definisi Freelance

Freelance adalah sebuah bentuk pekerjaan pada suatu perusahaan atau instansi tanpa perjanjian kerja jangka panjang atau tanpa ikatan kerja yang ketat. Pekerjaan freelance tidak terikat waktu dan rutinitas kantor. Pekerjaan freelance dapat dikerjakan kapan saja dan di mana saja.

Pekerja yang melakukan pekerjaan freelance disebut freelancer. Seorang mahasiswa atau ibu rumah tangga yang bekerja sambilan secara freelance dapat mengerjakan pekerjaannya dengan fleksibel saat memiliki waktu luang.

Seorang freelancer akan mendapatkan bayaran setelah menyelesaikan pekerjaan yang diberikan, sesuai permintaan atau keperluan pemberi kerja.

Biasanya penetapan harga proyek dan sistem pembayaran seorang freelancer tergantung dari kesepakatan awal antara kedua belah pihak, yaitu pekerja freelance dan pemberi kerja sebelum pekerjaan dimulai.

Lalu, apa saja keuntungan apabila bekerja secara freelance?

1. Mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Bisa dikerjakan secara fleksibel sesuai dengan waktu luang Anda.

3. Bekerja sesuai hobi dan keterampilan yang dimiliki.

4. Dapat menjadi boss untuk diri sendiri.

5. Membuka peluang bidang karir baru.

6. Bisa bekerja di beberapa perusahaan sekaligus.

7. Banyak tersedianya pekerjaan freelance di Internet

8. Menambah pengalaman dan jejaring atau networking baru karena menghandle banyak klien.

9. Bisa bekerja dari mana saja, tidak harus pergi ke kantor.

10. Mempunyai banyak waktu untuk keluarga.

15+ Pekerjaan Freelance di Indonesia

Ingin tahu bidang pekerjaan apa saja yang bisa digeluti sebagai pekerjaan lepas dari rumah dengan jam kerja yang fleksibel, berikut 15+ Pekerjaan Freelance di Indonesia yang bisa Anda jadikan opsi:

1. Penulis Konten

Seiring dengan cepatnya memperoleh informasi dari internet, membuat peluang karir sebagai content writer sebagai profesi yang menjanjikan, lho, Biasanya, tiap situs web pasti memerlukan seorang penulis konten untuk mengisi kebutuhan konten baik untuk komersial ataupun pendidikan.

Menjadi pekerja lepas sebagai content writer dapat Anda coba khususnya bagi yang gemar menulis dan jika untuk bisnis, kata-kata yang digunakan dapat menjual dan memasarkan sebuah produk atau jasa.

Lowongan sebagai penulis freelance dapat menjadi kesempatan untuk ibu rumah tangga dan mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis dan riset yang cukup. Sebagai freelance content writer biasanya bekerja berdasarkan deadline dan target kepenulisan. Dengan bayaran yang beragam ada yang dibayar per kata, per artikel, dan per project berkisar Rp 25-100 ribu tergantung jumlah kata dan topik yang dimuat.

2. Fotografer

Bagi Anda yang suka foto dan mempunyai bakat menghasilkan visual yang indah lewat tangkapan momen, kamu bisa mencoba pekerjaan freelance di Indonesia sebagai fotographer.

Tak harus memiliki kamera yang mahal dan keren, kamu bisa menggunakan kamera ponsel. Karena kini fitur-fiturnya sudah mumpuni dan pasti akan menghasilkan foto yang indah dan cantik secara visual.

Apabila Anda ingin menjadikan pekerjaan ini sebagai freelance, kembangkan dan kumpulkan portfolio dengan cara mengupdate hasil foto tangkapan ke media sosial. Kamu bisa menjadi seorang freelance foto untuk acara seperti pre-wedding, lamaran, wisuda dan acara lainnya yang ingin diabadikan.

Selain itu, Anda juga bisa menjual hasil karya fotografi Anda ke berbagai website penjual foto online. Seperti Shutterstock, freepik, Adobe Stock, dan lainnya. Anda akan mendapatkan komisi apabila foto yang kamu upload terdownload oleh orang lain. Anda dapat mengantongi sebesar 0,5 dollar

3. Video Editor

Di era digitalisasi saat ini, peranan editor video sangat dicari. Khususnya bagi para selebgram atau situs tertentu di media sosial yang memerlukan tenaga freelance untuk membantu pengeditan konten video.

Dengan menguasai berbagai tools foto dan video seperti Adobe Photoshop atau Adobe Premiere. Tak hanya itu, seorang editor video juga dituntut untuk mahir melakukan pengeditan video melalui HP karena lebih praktis dan fleksibel. Biasanya seorang editor video kerap kali dicari oleh perusahaan periklanan dan media informasi.

4. Desain Grafis

Buat Anda yang gemar menggambar dan mempunyai kemampuan desain grafis secara digital, kamu bisa membuka jasa ilustrasi, logo, ataupun untuk feeds Instagram. Peluang menjadi freelance di bidang ini sangat besar, karena dapat menerima pesanan desain dari mana saja.

Menjadi seorang freelance desain grafis kini banyak dicari khususnya para online shop untuk melakukan branding toko seperti pembuatan katalog, brosur, dan pamflet dengan komposisi elemen desain yang indah agar mampu menarik perhatian konsumen.

5. Content Creator

Media sosial sebagai platform, menjadi seorang content creator menjadi pekerjaan freelance yang paling menjanjikan. Seperti namanya, seorang content creator memiliki tugas menciptakan konten kreatif baik itu sebagai konten edukasi, informasi, ataupun menghibur.

Konten yang diciptakan oleh content creator berupa video, foto, hingga audio sesuai dengan content planner yang telah disusun. Biasanya, para content creator mendapatkan komisi dari suatu brand untuk mempromosikan produk ataupun dari endorse barang milik online shop dengan menerapkan rate tertentu.

6. Blogger

Selain sebagai penulis konten lepas, untuk Anda yang menyukai dunia literasi khususnya piawai menuangkan kata-kata indah, Anda dapat membuat suatu situs yang berisikan informasi kepada para pembacanya.

Nantinya, blog yang dibuat akan mendatangkan banyak pengunjung apabila konten berupa artikel yang ditulis dapat bermanfaat. Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditampilkan pada situs website.

7. Voice Over

Tak hanya berupa video, biasanya suatu konten di media sosial acap kali tidak lengkap jika tidak memiliki sound yang mendukung. Suara yang dihasilkan dapat menarik minat pendengar untuk terus mendengarkan informasi atau hiburan yang ingin disampaikan.

Maka dari itu, banyak perusahaan yang membuka peluang untuk menjadi voice over. Karena tidak semua orang memiliki suara yang renyah dan enak didengar. Apabila Anda memiliki suara yang unik dan bagus, dapat mencoba peluang karir ini sebagai alternatif pekerjaan freelance. Di Indonesia, seorang pengisi suara dapat membuat audiobooks, instruksi, bahkan memiliki podcast sendiri.

8 Web Designer

Ada beberapa tools dan keahlian yang dimiliki sebelum memutuskan menjadi web desainer, di antaranya adalah javascript, HTML, dan CSS. Anda juga harus memiliki kemampuan dalam segi visual dan grafis sehingga diharuskan mahir mengoperasikan Photoshop dan Corel Draw.

Mampu ngoding dan merancang desain menjadi sebuah kesatuan website yang memiliki tampilan yang indah, menarik, dan juga user friendly. Mengapa demikian? Karena apabila pengunjung mengunjungi sebuah website, upayakan membuat menu-menu untuk mempermudah pembaca memperoleh informasi dengan tampilan yang user friendly.

Bayaran seorang web designer sebanding dengan beban kerja yang harus sedia memantau situs dan tampilan dari suatu website.

9. Affiliate Marketing

Dewasa ini pastinya sering mendengar istilah affiliate marketing. Sebenarnya affiliate marketing pekerjaan jenis apa, ya? Dalam dunia online, khususnya online shop di e-commerce tentunya hal ini merupakan salah satu program untuk memperkenalkan barang yang dijual kepada masyarakat. CJ Affiliate merupakan perusahaan pemasaran dari Amerika Serikat menyatakan bahwa pemasaran afiliasi merupakan sebuah proses promosi dari produk maupun jasa terdapat tiga sisi, yaitu penjual, afiliasi, serta konsumen.

Biasanya seorang affiliate marketing akan mendapatkan bayaran dengan mereview atau bahkan hanya dengan menyebarkan link suatu produk kepada konsumen. Pemasaran afiliasi dapat didefinisikan sebagai salah satu metode pemasaran digital, dimana seseorang akan mendapatkan penghasilan ketika terjadinya penjualan terhadap suatu produk maupun jasa yang telah promosikan melalui link afiliasi yang telah dibuat.

10. Digital Marketing

Di era serba digital seperti ini, profesi digital marketing sangat banyak dicari oleh perusahaan untuk membantu mengiklankan produk atau jasanya secara online. Seperti biasanya, tugas seorang marketer memasarkan di media sosial ataupun website baik secara organic ataupun paid channel.

Biasanya seorang marketer harus memahami algoritma ads seperti pay per click, email marketing, search engine marketing, SEO, SEM, dan teknik pemasaran lainnya.

11. SEO Specialist

Sebenarnya SEO termasuk channel channel dalam digital marketing. Akan tetapi banyak pula pekerja lepas mencari uang tambahan dengan menjadi SEO Specialist. Biasanya orang yang sudah berpengalaman menangani SEO bisa memilih ini sebagai pekerjaan freelance.

Tugas dari SEO Specialist mengoptimasi konten baik off page atau on page agar berada di halaman pertama google dan memiliki isi konten yang berkualitas dengan menyajikan informasi.

Karena untuk menemukan artikel ataupun informasi dengan mudah karena muncul di halaman pertama, membutuhkan Teknik-teknik dan waktu yang lumayan Panjang. Maka, banyak pemilik situs ataupun perusahaan mencari dan mempekerjakan ahli SEO karena mendatangkan keuntungan untuk bisnisnya.

12. Data Scientist

Untuk kamu yang suka menghitung dan tidak alergi dengan angka bisa mencoba peluang ini sebagai pekerjaan freelance. Tiap bisnis pastinya akan berhubungan dengan angka maka dari itu dibutuhkan seorang data scientist untuk melakukan rekap data sesuai dengan algoritmanya. Selain itu, tugas seorang data scientist yakni menyusun, menganalisa, mengolah, dan melaporkan data tersebut untuk kepentingan perusahaan.

13. Makeup Artist

Untuk kamu yang memiliki tangan ciamik untuk merias wajah, bisa menjadikan pekerjaan ini sebagai alternatif freelance untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa melakukan saat senggang, karena biasanya kegiatan yang membutuhkan MUA dilaksanakan pada weekend seperti wisuda, lamaran, pernikahan, bahkan acara lainnya. Bisa juga menjadi MUA saat pemotretan untuk majalah, di televisi, bahkan untuk foto produk yang membutuhkan model.

14. Penerjemah

Mahir berbahasa asing? Anda bisa mencoba menjadi penerjemah sebagai alternatif menambah uang. Banyak perusahaan yang memerlukan translator untuk mengembangkan bisnisnya di luar negeri hingga ke mancanegara.

Sehingga seorang yang memiliki kemampuan dalam berbahasa asing sangat dibutuhkan oleh berbagai sektor khususnya dalam menerjemahkan dokumen asing, menjadi juru terjemah saat percakapan bisnis berlangsung dengan klien luar negeri, dan menerjemahkan buku atau artikel. Pekerjaan ini tentunya membutuhkan keterampilan tertentu sehingga tidak sembarang orang bisa menjadi penerjemah.

15. Financial Advisor

Anda ahli dalam merancang keuangan dengan baik, bisa mencoba peluang sebagai penasihat keuangan. Biasanya pekerjaan ini banyak dicari oleh orang yang sedang mencari perencanaan keuangan bisnis atau hariannya seperti bagaimana mengatur pengeluaran bulanan, bagaimana menyisihkan uang untuk dengan menyiapkan dana darurat, dan mengajarkan investasi jangka pendek kepada klien

16. Programmer

Bagi lulusan IT yang menguasai bahasa pemrograman bisa menjadi seorang freelancer programmer. Biasanya seorang programmer mampu membuat dan menciptakan situs atau aplikasi sendiri dan dapat dikembangkan. Di era serba digital seperti sekarang ini, tentunya banyak bisnis yang membutuhkan seorang programmer untuk membantu mengembangkan tampilan situs atau aplikasi menggunakan bahasa khusus programmer sehingga memiliki tampilan yang user friendly.

Rekomendasi Situs Freelance Terpercaya

Setelah mengetahui 15+ Pekerjaan Freelance di Indoneisa, kali ini ada beberapa situs terpercaya penghasil uang dari pekerjaan freelance di Indonesia yang dapat Anda coba.

1. Sribulancer

Sribulancer.com ini adalah salah satu situs freelancer yang terkenal di Indonesia yang mendukung mata uang USD. Anda bisa mendapatkan klien dari luar negeri dengan tarif yang tinggi. Melalui situs ini, kamu dapat mencari informasi lowongan seperti penulis, penerjemah, desainer media, dan pembuat web.

2. Freelancer

Situs freelancer dapat diakses melalui aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Menawarkan berbagai pekerjaan lepas seperti desain, pemasaran, jurnalis, hingga proyek di bidang teknologi informasi.

3. Projects

Situs Projects.co.id menjadi situs freelancer online yang paling populer di Indonesia. Dengan situs ini, Anda dapat mencari pekerjaan di berbagai bidang seperti pemrograman, desain, penulis, media sosial, edit video dan input data. Selain itu, Anda juga bisa bertransaksi jual-beli produk digital yang telah Anda kerjakan seperti web desain dan ebook.

Tips Menjadi Freelance yang Sukses

Terbukanya peluang menjadi freelance di era work from anywhere membuat pekerjaan freelance menjadi suatu bidang kerja yang fleksibel karena bisa dikerjakan dari rumah atau dari mana pun.

Ingin memulai karir menjadi freelance sebagai pekerjaan sampingan yang sukses namun tidak mengganggu pekerjaan utama? Anda harus tahu tips-tips yang bisa dilakukan untuk membagi waktu. Simak Langkah-langkah membangun portofolio yang bagus untuk para freelancer melalui ulasan berikut ini.

1. Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang freelance, Anda harus mengetahui keterampilan pada bidang apa yang diminati.

2. Setelah itu, kumpulkan karya-karya untuk membangun portfolio sehingga akan membuat klien tertarik bekerja sama dengan Anda.

3. Selanjutnya, cari klien dengan mendaftarkan melalui media sosial tempat mencari pekerjaan atau situs freelance.

4. Komitmen mengerjakan tugas yang diberikan oleh klien dengan sebaik mungkin. Apabila puas dengan hasil yang kamu kerjakan, di kemudian hari klien tersebut akan mengontak Anda untuk kembali mengajukan kerjasama freelance. Bahkan tak jarang ia akan merekomendasikan Anda kepada apabila Anda memiliki potensi yang bagus untuk proyek selanjutnya.

5. Kemudian update portofolio yang Anda miliki dan proyek yang telah dikerjakan. Karena Anda dapat berpeluang untuk di offer sebagai fulltime freelance di suatu perusahaan apabila recruiter tertarik dengan kemampuan yang Anda miliki.

Itulah beberapa rekomendasi pekerjaan freelance yang bisa Anda pilih sebagai alternatif pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Sesuaikan keahlian yang kamu miliki secara maksimal dan percaya diri dengan hasil karya yang telah dikerjakan.

Sedikit tips untuk para sobat Kitapunya.net yang ingin berkarir sebagai freelancer, walaupun pekerjaan freelance bisa dilakukan secara fleksibel dan tidak terikat waktu, ada baiknya Anda harus memiliki management waktu yang baik sehingga dapat pekerjaan utama dan sampingan dapat berjalan seiringan dengan baik dan tidak mengganggu satu sama lainnya.

Semoga ulasan 15+ Pekerjaan Freelance di Indonesia bermanfaat bagi para pengunjung situs kitapunya.net.

Baca juga:

Gaji Kerja di BUMN: Mulai dari Sektor Keuangan hingga Pertambangan

Gaji Kerja di Apotek: Pengertian, Jenis, dan Kebijakan Pelayanan Farmasi

Gaji Kerja di Hotel Berbintang 3,4,5 di Semua Bagian