Mengembangkan Produk Jasa : Elemen Inti dan Tambahan

Diposting pada 15,500 views

Mengembangkan Produk Jasa : Elemen Inti dan Tambahan – Produk jasa berbeda dengan produk manufactur atau industri yang merubah barang mentah menjadi barang jadi. Bila pada produk barang maka dapat dilihat, dapat dipegang dan total biaya produksinya bisa dirupiahkan dengan lebih jelas. Tapi kalau produk jasa? produknya tidak kelihatan, tidak dapat disimpan. Produknya dapat berupa layanan.

Perkembangan sektor jasa begitu pesat, persaingannyapun juga begitu ketat sehingga perusahaan jasa dituntut untuk memiliki produk jasa yang unggul, sehingga tidak kalah bersaing dalam dunia bisnis jasa. 

Keunggulan dalam produk jasa ini artinya perusahaan harus memberikan layanan yang terbaik, layanan yang dapat memberikan kepuasan pelanggan.

Dengan kata lain setiap perusahaan harus bisa mengembangkan produk jasa agar sesuai dengan keinginan konsumen dan memenangkan persaingan.

Berikut ini adalah ringkasan materi tentang mengembangkan produk jasa dalam mata kuliah Pemasaran Jasa. Selamat belajar..!!

Merancang Konsep Layanan

Pemasar jasa yang berpengalaman akan menyadari bahwa dibutuhkan pandangan holistic terhadap keseluruhan penerapan yang mereka ingin dialami oleh pelanggan. Proporsi nilai harus mencakup dan menyatukan tiga komponen, yaitu :

1. Produk Inti

Produk inti adalah komponen utama yang ditawarkan perusahaan jasa kepada para konsumennya, dengan kata lain merupakan komponen utama yang memberikan manfaat penyelesaian masalah yang dimiliki konsumen. Sebagai contoh, jasa transportasi memberikan solusi bagi seseorang berpindah atau berpergian. Contoh lain seperti jasa cukur rambut, maka produk intinya adalah memotor rambut.

 2. Layanan-Layanan Tambahan

Komponen layanan jasa selanjutnya adalah layanan tambahan produk inti, layanan ini dapat berguna untuk mempermudah penggunaannya dan memperkuat nilainya bagi keseluruhan pengalaman pelanggan. Misal : pada jasa cukur rambut maka layanan tambahannya adalah keramas dll.

3. Proses Penghantaran

Hal yang mengelilingi produk inti adalah berbagai layanan tambahan. Desain dari penawaran jasa harus menjawab isu-isu berikut ini :

  • Cara berbagai komponen jasa dihantarkan kepada pelanggan.
  • Peranan pelanggan dalam proses tersebut.
  • Waktu yang dibutuhkan dalam proses penghantaran.
  • Tingkatan dan gaya layanan yang ditawarkan.

 
MENDOKUMENTASIKAN URUTAN PENGHANTARAN DARI WAKTU KE WAKTU

Bagian penting dari perancangan proses adalah urutan dimana pelanggan akan menggunakan setiap layanan inti dan tambahan serta waktu yang diperlukan di setiap tahapnya. Informasi ini harus berdasarkan pada pemahaman yang baik mengenai kebuthan, kebiasaan, dan ekspektasi pelanggan.

The Flower Of Service

Produk inti seringkali memiliki kesamaan pada elemen layanan tambahan. Terdapat dua macam layanan tambahan :

(1) layanan tambahan yang mempermudah, yang dibutuhkan untuk penghantaran layanan atau memberikan bantuan dalam penggunaan produk inti, dan

 (2) layanan tambahan yang memperkuat, yang menambah nilai bagi pelanggan.

Elemen yang MempermudahElemen yang Memperkuat
–Informasi–Penerimaan Pesanan–Penagihan–Pembayaran–Konsultasi–Keramahan–Penyimpanan–Pengecualian

PENGEMBANGAN LAYANAN BARU

Hierarki Kategori layanan Baru
Terdapat beberapa cara inovasi yang berbeda bagi penyedia layanan. Dibawah ini adalah tujuh kategori layanan baru, mulai dari perubahan gaya sederhana sampai ke inovasi besar.

  1. Perubahan gaya mewakili jenis inovasi yang paling sederhana
  2. Peningkatan layanan adalah inovasi yang paling umum
  3. Inovasi layanan tambahan
  4. Perpanjangan lini proses tidak seinovatif proses tapi sering kali memberikan cara berbeda untuk penyampaian produk yang sudah ada
  5. Perpanjangan lini produk adalah penambahan pada lini produk perusahaan
  6. Inovasi proses utama mencakup penggunaan proses baru untuk memberikan produk inti yang sudah ada dengan cara baru dengan manfaat tambahan.
  7. Inovasi layanan utama mencakup produk inti baru untuk pasar yang sebelumnya belum terdefinisi

Baca juga : Macam-macam jasa (klasifikasi jasa)

REKAYASA ULANG PROSES PELAYANAN

Rekayasa ulang meliputi analisis dan proses redesain untuk mencapai kinerja yang lebih cepat dan lebih baik.

Untuk mengurangi waktu proses keseluruhan, analisis-analisis harus mengidentifikasi setiap langkah, mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan, mencari peluang untuk mempercepatnya (atau bahkan menghilangkannya sama sekali) dan memotong jeda waktu.

BARANG-BARANG FISIK SEBAGAI SUMBER IDE JASA BARU
Barang dan jasa bisa menjadi substitusi yang kompetitif jika mereka menawarkan manfaat yang sama

Produk fisik baru apa pun memiliki potensi untuk menciptakan kebutuhan bagi jasa proses kepemilikan yang terkait (khususnya jika produk itu adalah benda yang memiliki nilai tinggi dan tahan lama).

MENGGUNAKAN RISET DALAM MENDESAIN LAYANAN BARU

Jika sebuah perusahaan mendesain layanan baru dari awal, bagaimana mereka bisa mencari tahu fitur dan harga yang dapat menciptakan nilai terbaik bagi pelanggan yang ditarget? Akan sulit mengetahuinya tanpa bertanya pads pelanggan, karena itulah adanya kebutuhan riset.

Meraih Sukses Dalam pengembangan layanan Baru

  • Sinergi Pasar

Produk baru cocok dengan citra perusahaan yang telah ada, memberikan keunggulan superior terhadap produk pesaing dalam hal memenuhi kebutuhan hal yang diketahui pelanggan, dan menerima dukungan yang kuat selama dan setelah peluncurannya oleh perusahaan dan cabangnya.

  • Faktor Organisasi

Ada kerjasama dan koordinasi interfungsional yang kuat, pengembangan personel yang sadar sepenuhnya akan las an mereka terlibat dan kepentingan produk baru bagi perusahaan.

  • Faktor Riset Pasar

Studi pasar yang rinci dan didesain secara saintifik dilakukan pada awal proses pengembangan dengan ide yang jelas mengenai jenis informasi apa yang harus didapatkan; sebuah definisi yang baik akan konsep produk dikembangkan sebelum survey lapangan dilakukan.

Gambar Gravatar
Tim Editorial KitaPunya.net adalah seorang profesional di bidang Manajemen, Teknologi Digital dan Marketing dengan pengalaman lebih dari 10 tahun. KitaPunya.net saat ini menjadi situs pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan inforamasi akurat, terpecaya dan terupdate.