Sebutkan Faktor Faktor Biaya Pembeli Dalam

Sebutkan Faktor Faktor Biaya Pembeli - Seorang pembeli ketika membeli suatu produk membutuhan biaya-biaya yang harus dikeluarkan, tidak hanya biaya produk saja. Misalkan saja suatu produk dihargai dengan 10 ribu, maka seorang pembeli sebenarnya tidak hanya mengeluarkan biaya 10 ribu saja, tetapi lebih dari itu. Biaya yang lain seperti tenaga, waktu, transportasi dan masih banyak lagi.

Begitu juga apabila belanja secara online, maka kita juga menelurkan biaya yang lebih, biaya tambahan lain yang tidak kita sadari adalah biaya pencarian produk, ketika mencari suatu produk tentu kita memerlukan biaya, biaya quota maksudnya. Wkwkw. Lebih lengkap berikut ini adalah faktor biaya pembeli :

Sebutkan Faktor Faktor Biaya Pembeli
Sebutkan Faktor Faktor Biaya Pembeli

1. Produk price (harga produk)

Adalah total jumlah biaya yang harus dibayar untuk memeli produk/jasa yang ditawarkan, di dalamnya termasuk biaya produksi, manajemen dan keuntungan.

2. Search cost (Biaya pencarian produk)

Adalah biaya-biaya yang diperlukan pembeli untuk mencari produk/jasa, di dalamnya termasuk waktu, biaya dan tenaga. Sebagai contoh adalah ketika kita mencari suatu barang, misal ketika kita mencari suatu produk dari satu toko ke toko lain tentu disitu memerlukan biaya, nah biaya yang seperti ini yang sering kita lupakan.

3. Risk cost (biaya resiko)

- Faktor biaya yang harus diperhirungkan sehubungan proses/aktivitas pembelian.
- Ada 3 macam biaya resiko :
Economic risk : kemungkinan hilangnya uang dalam proses pembelian.
Performance risk : kemungkinan tidak didpatkannya kalitas produk seperti yang diharapkan
Personal risk : kemungkinan adanya kerugian lain yang dapat menimpa individu sehubungan dengan metode pembelian yang dipilih.

4. Distribution cost (biaya distribusi)

Biaya yang selanjutnya adalah biaya distribusi, misal biaya pengiriman produk yang harus ditanggung oleh pembeli.

5. Sales Tax (pajak penjualan)

Sebagian produk ada pajak yang harus ditanggung oleh pembeli, tetapi di Indonesia hanya produk tertentu yang ada pajaknya.

Nah, diatas tadi adalah faktor-faktor biaya pembeli, semoga bisa membantu anda dalam menjawab pertanyaan dari dosen anda.

Load disqus comments

0 comments