Apa Itu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)?

Apa itu PDRB? Haaa, PDRB itu apa? Singkatan dari kata apa? Kok jarang denger? Iyaa lah, kamu bukan anak ekonomi sih, jadi jarang denger. Kalau anak ekonomi pasti sudah familier, atau anak statistika pasti juga sering denger kata PDRB.

PDRB bisa kita temukan di BPS, haa? Apa lagi tu BPS. Itu lhooo badan pusat statistik yang webnya bps.go.id. Nah, jadi ceritanya saya mendapat tugas untuk mencari PDRB di salah satu provinsi di Indonesia yaitu DIY. Okee, kembali ke topik utama tentang PDRB.

Apa itu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

 
Apa Itu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)?
Apa Itu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)?

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) adalah sebuah nilai tambah bruto dari seluruh barang dan jasa yang dihasilkan di wilayah domestik suatu negara yang timbul akibat berbagai aktivitas ekonomi, dan nilai ini biasanya dalam suatu periode tertentu tanpa memperhatikan apakah faktor produksi residen atau non-residen.

Ada beberapa kata kunci yang bisa kita ambil dan bisa kita jabarkan lagi agar lebih mudah dalam memahaminya, yaitu :

Bruto, dalam kategori berat, bruto merupakan berat kotor, kalau keuntungan ya keuntungan kotor belum dikurangi dengan beban". Bruto dalam PDRB juga masih kotor, karena tidak memperhatikan faktor-faktor produksi. Wilayah domestik, domestik ini memiliki arti sebagai dalam negeri. Artinya wilayah-wilayah yang ada di Indonesia. Aktifitas ekonomi yaa seperti kegiatan ekonomi pada umumnya yaitu produksi, konsumsi dan distribusi. Residen itu faktor produksi yang berasal dari dalam, sedangkan non residen berasal dari luar.

Penyusunan PDRB dapat dilakukan melalui 3 (tiga) pendekatan yaitu pendekatan produksi, pengeluaran, dan pendapatan yang disajikan atas dasar harga berlaku dan harga konstan.

PDRB atas dasar harga berlaku atau dikenal dengan PDRB nominal disusun berdasarkan harga yang berlaku pada periode penghitungan, dan bertujuan untuk melihat struktur perekonomian. Sedangkan PDRB atas dasar harga konstan disusun berdasarkan harga pada tahun dasar dan bertujuan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi.
Load disqus comments

0 comments