Pengertian Kemiskinan dan Macam-macam Kemiskinan

Macam-macam Kemiskinan - Apasih itu kemiskinan? miskin itu tidak kaya. Iyaa bener, tapi seseorang dapat dikategorikan miskin itu yang seperti apa? Menurut world bank atau bank dunia, penduduk miskin adalah mereka yang jumlah pengeluarannya kurang dari 1 dollar per hari.

Itung sendiri yaa kalau di rupiahkan berapa :). Nah beda lagi kalau menurut BPS atau bada pusat statistik, bahwa penduduk miskin adalah kelompok penduduk yang jumlah konsumsi kalorinya kurang dari 2100. Itu kira-kira berada di bawah rata-rata orang pada umumnya.

Ada yang lebih spesifik lagi nih, penduduk dapat dikatakan miskin apabila berada di bawah pembandingnya. Pembandingnya ini disebut sebagai garis kemiskinan. Jadi penduduk miskin adalah penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran perkapita perbulan dibawah angka garis kemiskinan.

Nah, berapa garis kemiskinan di Indonesia? Thats right, di Indonesia pada tahun 2016 garis kemiskinannya adalah Rp 354.386.

Ada beberapa penyebab dari adanya kemiskinan yang tinggi, seperti pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, sempitnya lapangan pekerjaan, banyaknya pengangguran, tingkat pendidikan yang rendah dan distribusi yang tidak merata.


Pengertian Kemiskinan dan Macam-macam Kemiskinan
Pengertian Kemiskinan dan Macam-macam Kemiskinan


Macam-macam Kemiskinan

Ada 4 macam kemiskinan, berikut ini kami jelaskan secara singkat satu-persatu dari macam kemiskinan :

1. Kemiskinan Absolut 
Kemiskinan absolut adalah kemiskinan yang disebabkan oleh besar pendapatan yang tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan hidup. Ini juga dilihat dari perbandingannya yaitu garis batas kemiskinan (provety line).

2. Kemiskinan Relatif
Kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang ditentukan oleh kondisi lingkungannya akibat dari ketimpangan distribusi pendapatan sehingga menyebabkan alokasi sumber daya tidak efisien. Ketimpangan ini didapat dari gini ratio.

3. Kemiskinan Struktural
Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang disebabkan karena adanya ketimpangan dalam struktur ekonomi suatu negara.

4. Kemiskinan Kultural
Kemiskinan kultural adalah kemiskinan yang dikaitkan dengan nilai-nilai sosial budaya masyarakat, atau kondisi sosial budaya yang membuat masyarakat di daerah tersebut menjadi miskin secara terpaksa.

Mungkin cukup sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak. 
Load disqus comments

0 comments