Manajemen SDM: Faktor Penting Mencapai Kesuksesan Bisnis

Manajemen SDM: Faktor Penting Mencapai Kesuksesan Bisnis - Seorang pengusaha harus mampu mengelola aspek-aspek penting yang berpengaruh dengan keberlangsungan usaha yang dijalankan, pengelolaan ini sering disebut dengan manajemen. Ada manajemen keuangan, manajemen produksi, manajemen sdm dan masih banyak lagi.

SDM atau sumber daya manusia pada sebuah bisnis merupakan faktor penting dari kesuksesan suatu usaha, dengan SDM yang berkualitas maka suatu usaha lebih berpeluang untuk sukses. Dan tidak sedikit suatu usaha gagal karena pengelolaan sdm nya yang kurang baik.

Tidak sedikit perusahaan yang memiliki banyak karyawan namun tidak memiliki kemampuan dalam mengelolanya, misalnya demo, mogok kerja atau bahkan korupsi. Ini merupakan akibat dari perekrutan yang hanya asal-asalan, padahal agar perusahaan dapat berkembang maka harus didukung dengan SDM yang baik dan berkualitas. SDM yang berkualitas juga belum tentu dapat mengembangkan usaha tanpa dibarengi dengan manajemen yang baik. Percuma SDM nya berkualitas namun tidak dikelola dengan baik.

Manajemen SDM: Faktor Penting Mencapai Kesuksesan Bisnis
Manajemen SDM: Faktor Penting Mencapai Kesuksesan Bisnis



Pada umumnya manajemen SDM terdiri dari perencanaan, pemilihan atau seleksi, pelatihan atau pengembangan, dan evaluasi terhadap kinerja karyawan.

Langkah awal dari manajemen SDM adalah perencanaan, yang mana perusahaan ini memerlukan karyawan yang seperti apa, banyaknya berapa, keahlian apa yang harus dikuasi, akan digaji berapa, tunjangan berapa dan segala hal yang berkaitan erat dengan ketenagakerjaan.

Dalam memilih karyawan tentunya kita akan melakukan seleksi atau perekrutan karyawan, dari beberapa calon tenaga kerja yang melamar kita menyeleksi mana yang paling baik dan cocok untuk ditempatkan di masing-masing posisi dalam perusahaan. Ini juga untuk menghindari tenaga kerja yang kurang produktif dan tidak memberikan nilai lebih kepada perusahaan.

Jumlah karyawan juga harus diperhatikan, pastikan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Apabila terlalu sedikit maka nantinya karyawan akan kwalahan dalam mencapai target yang diberikan, sebaliknya ketika terlalu banyak juga kurang efektif bahkan akan memperbesar biaya operasional karena membengkaknya biaya gaji.

Yang perlu diketahui bersama manajemen SDM tidak hanya untuk jangka pendek saja, tetapi juga untuk jangka panjang. Karena nantinya perlu dilakukan perencanaan untuk menggantikan karyawan yang sudah tidak produktif lagi.

Ketika perusahaan sudah mendapatkan karyawan yang sesuai kebutuhan dan yang diinginkan, maka perusahaan akan melakukan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan atau skill yang dimiliki karyawan. Khususnya keahlian terkait dengan posisi yang akan ditempatinya.

Ketika sudah diberi pelatihan, maka karyawan akan melakukan tugasnya. Dalam manajemen SDM belum selesai sampai disini, karyawan harus tetap diperhatikan agar kinerjanya produktif dan sesuai dengan SOP. Setelah beberapa minggu bekerja, baru dievaluasi terkait kinerja karyawan tersebut.

Manajemen SDM dari mulai perencanaan sampai dengan evaluasi merupakan sebuah proses yang harus diperhatikan, ketika dari perencanaannya sudah sangat baik dan matang, dilanjutkan dengan seleksi karyawan yang ketat, hanya karyawan yang berkualitas dan berpotensi saja yang diterima kemudian karyawan tersebut diberi pelatihan sehingga memiliki etos kerja yang baik maka dapat dipastikan akan mendukung keberhasilan sebuah perusahaan dalam mewujudkan tujuannya.

Kita kembali lagi ke bagian tengah terkait dalam menyeleksi karyawan. Berdasarkan video yang saya tonton di Youtube, seorang CEO pernah mengatakan bahwa kunci kesuksesan adalah dengan menemukan berlian yang ada pada dirinya.

Berlian? Setiap manusia diciptakan oleh Allah swt dengan dua tujuan utama, beribadah dan sebagai khalifah dimuka bumi. Beribadah sudah jelas dan pasti, nah yang khalifah ini yang perlu dibahas karena memiliki makna yang luas.

Khalifah juga berararti orang yang mengatur bumi, dalam mengatur bumi tidak mungkin dilakukan sendirian perlu peran dari berjuta-juta orang dengan karakternya masing-masing. Tidak mungkin untuk mengatur bumi semua orang harus jadi dokter semua, atau jadi guru semua. Diperlukan peran-peran dari masing-masing orang, ada yang jadi dokter, guru, tentara, pengusaha, karyawan dan lain sebagainya.

Allah menitipkan berlian ini kepada masing-masing orang, artinya setiap orang memiliki berlian yang berbeda-beda. Ada yang berliannya berupa bakat mengajar, maka ia sukses bila menjadi guru, ada orang yang berliannya memimpin maka ia akan sukses menjadi pemimpin. Berlian ini mungkin lebih kita sebut sebagai bakat alami.

Nah itu hanya pembuka saja, dalam memilih karyawan juga begitu. Seorang manajer akan sukses apabila mengetahui bakat yang dimiliki calon karyawan. Kesuksesan ini akan terjadi ketika seorang manajer berhasil memilih karyawan yang memiliki bakat sesuai dengan posisi yang diinginkan. Contoh, orang memiliki bakat memotret, maka ia pantas menjadi fotografer.

Dari uraian diatas juga mengindikasikan bahwa pemilihan karyawan merupakan faktor penting dalam menunjang kesuksesan sebuah bisnis.

Load disqus comments

0 comments