Jangan bilang sulit kalau belum mencoba, Artikel Motivasi

Jangan bilang sulit kalau belum mencoba - Banyak orang yang menyimpulkan terlebih dahulu sebelum ia mencobanya, seperti bilang sulit untuk dilakukan padahal ia sama sekali belum pernah mencobanya. Tindakan ini tidak salah, hanya kurang benar. Untuk itu baca cerita berikut ini :

Ada seorang laki-laki yang setiap harinya menjadi kuli panggul di pasar. Kita sebut saja ia Paijo. Setiap harinya ia selalu dicari oleh pada pengangkut barang, ia selalu diminta untuk mengangkatkan barang entah itu dari mobil ke pasar, atau dari pasar yang ke mobil. Biasanya ia mengangkat karung beras, kantong sayuran dan lain sebagainya yang notabene mempunyai beban yang berat.

Suatu ketika ada mobil pick up hijau yang datang ke pasar. Yang mana ia membawa satu karung yang ukurannya sangat besar sekali, bisa 3 kali lipat dari karung-karung beras yang biasa Paijo angkat. Jumlahnya pun lebih banyak 2 kali lipat. Kemudian sopir mobil pick up menghampiri Paijo, dan bertanya :

Jangan bilang sulit kalau belum mencoba
Jangan bilang sulit kalau belum mencoba
Sopir : "Paijo, bisa minta tolong angkatkan barang itu!"
Paijo : "Ngak mau pak, saya sedang capek dan saya sudah lapar. Saya tidak kuat, cari orang lain saja".

Paijo beralasan bahwa ia sudah capek, lapar dan tidak kuat. Padahal sebenarnya ia masih kuat, hanya saja ia menggunakan alasan tersebut agar tidak mengangkat barang tersebut. Karena Paijo beranggapan bahwa barang tersebut sangatlah berat, dilihat dari ukuran barangnya dan ia pasti akan koid kalau mengangkat semua barang tersebut.

Singkat cerita sang sopir kemudian menyuruh orang yang berada di samping Paijo, yang tidak lain adalah anaknya sendiri. Putra Paijo sekarang baru 20 tahun, badannya pun lebih kecil dari Paijo.

Berbeda dengan bapaknya, Putra Paijo mau mengangkat barangnya sang sopir dengan syarat bayarnya dobel. Akhirnya keduanya sepakat, dan Putra Paijopun langsung mengangkat barang yang besar tersebut dan menurunkannya dari mobil.

Yang tidak di sangka-sangka, ternyata Putra Paijo kuat mengangkat barang yang besar tersebut, bahkan hanya menggunakan satu tangan saja. Paijo pun terheran-heran. Setelah selesai terangkat, akhirnya Paijo dan puteranya bertanya pada sang sopir. "Sebenarnya apa isinya tadi pak? Kok anak saya bisa kuar?" Tanya Paijo.

Kemudian sang sopir menjawabnya : "Itu kapas yang beratnya hanya 10 kilogram/karung."

Paijo pun hanya bisa bilang "OoOoOoOo".

Renungan :

Banyak orang yang belum mencoba tapi ia langsung menyimpulkan sulit, yang pada akhirnya ia tidak akan mau mencobanya. Ibarat kata sudah mati sebelum berperang. Jangan takut mencoba, karena bisa jadi itu tidak sesulit yang anda bayangkan.

Ada kata bijak begini "Kesulitan paling besar adalah memutuskan untuk bertindak, sisanya tinggal keuletan dan kerja keras". Memutuskan untuk bertindak memang bukan suatu hal yang mudah, diperlukan keberanian untuk memulainya. Kalau anda berani dan ternyata gagal, maka anda telah menemukan ilmu yang paling berharga. Yaitu pengalaman.

Banyak orang yang tidak sukses dikarenakan tidak pernah memulai atau mencoba, mereka hanya memiliki impian saja dan tidak pernah mewujudkannya. Orang yang sukses adalah mereka yang mempunyai keberanian memulai dan mengusahakannya hingga mencapai kesuksesan.

Jadi, jangan pernah takut mencoba, karena semua itu belum tentu sesulit yang anda bayangkan. Jangan takut gagal karena kegagalan akan mengajarkan kita menuju kesuksesan.
Load disqus comments

0 comments